HANYA MANUSIA – Hendra Blog

Sebuah Catatan dari Setitik Keniscayaan

Kunker DPRD KKU Ke Kanwil Kemenag Kalbar

Sebagai tindak lanjut dari rapat Internal Panitia Khusus I (Pansus) pada tanggal 23 Februari 2016 terhadap Rancangan Peraturan Daerah Tentang Pengelolaan Zakat, maka DPRD Kabupaten Kayong Utara mengutus beberapa wakilnya guna berkoordinasi dengan pihak Kemenag dalam hal ini Kanwil Kemenag Kalimantan Barat yang secara notabene menaungi segala kepengurusan hal-hal yang berada dibawah naungan Kementerian Agama dalam wilayah Kalimantan Barat untuk berkonsultasi dan berkoordinasi terhadap rancangan daerah tersebut.

Agar nantinya Pansus ini mengerti benar tata cara dan pengolaan zakat sehingga dihasilkan peraturan daerah yang tepat guna, tepat waktu dan tepat sasaran oleh anggota DPRD Kayong Utara.

Utusan disambut oleh Plh.KaKanwil Kemenag Kalbar H.Wildan S.HI dan juga Kasi Zakat Bidang Penais Zawa Drs.H.M.Fauzi beserta staff. Dalam kedatangannya utusan berjumlah 4 orang : Alias (Wakil Ketua DPRD), Amru Chanwari (Sekretaris Pansus I), Bukhori (Anggota Pansus I), Syukran S.Ag (Pansus I) dan Hendra S.H (Sekretariat DPRD).

“Kedatangan kami di sini untuk menanyakan beberapa hal terkait pengelolaan zakat dan tata caranya oleh Kementerian Agama” ungkap Alias kepada H.Wildan S.HI.

Pengelolaan zakat dan waqaf sendiri jika dimaksimalkan dengan sungguh-sungguh dapat menjadi kekuatan besar umat Islam. Mengingat besarnya dana yang di dapat sebagai suatu kewajiban umat Islam setiap tahunnya bahkan setiap penghasilan yang di dapat, jika digunakan manajemen syariah yang tepat maka dapat mensejahterakan hidup masyarakat yang di bawah garis kemiskinan.

Selain itu dapat digunakan untuk meningkatkan sarana dan prasarana pendukung masyarakat seperti sekolah tempat ibadah dan kemungkinan pembangunan tempat tinggal bagi masyarakat yangmembutuhkan.

Diskusi berlangsung hangat dan saling memberi masukan antara pihak DPRD kabupaten Kayong Utara dan Perwakilan Kanwil Kemenag Kalbar khususnya bidang yang menangani zakat. Terlihat kedua belah pihak sangat puas dengan kunjungan kerja ini dan berharap kunjungan kerja ini tidak hanya dilakukan sesekali namun dilakukan berkali sehingga terjalin silahturrahmi dan koordinasi pengelolaan zakat yang tepat.

Sumber : di sini

 

You can leave a response, or trackback from your own site.

Leave a Reply

Before you post, please prove you are sentient.

what is 5 + 7?