Mengapa Deepdive?

June 14th, 2017 by johantectona

Mengapa?

Kata tanya ini saya akui hebat, bagaimana tidak, ketika mendapat pertanyaan yang mengandung kata ‘mengapa’ saya selalu bingung kelimpungan menjawab.

Contohnya begini, Mengapa kamu berhenti ngeblog, Jo? sebenarnya ini pertanyaan sangat simpel, bahkan tukang ojek pengkolan juga bisa menjawab karena tidak perlu buka google map, namun karena pertanyaan ini mengandung kata ‘mengapa’ seketika saya seperti habis ketabrak truk gandeng, gagar otak dan amnesia.

Jujur saya tidak tahu jawabannya, saya awalnya hanya sok sibuk, kemudian mulai males menulis, eh lama-lama berhenti sendiri. Aneh kan?

Itu baru contoh jawaban pertanyaan mengapa yang simpel, (jawablah pertanyaan dengan pertanyaan) coba kalau pertanyaan mengapanya lebih rumit, misalnya begini, Jo, mengapa Deepdive?

HAHAHAHA SETAN!! tahu aja lu, kalau gw mau bahas Deepdive.

Mengapa Deepdive?

graphic-iphone-isometric

Mungkin sebelum sampai ke sana, saya akan sedikit menjelaskan apa itu Deepdive, biar lebih enak, supaya kita satu frekuensi, dan biar lebih intim tentunya (halah).

Apa itu Deepdive?

Deepdive sebenarnya adalah sebuah impian, di sana ada impian kami bertiga JJA (Jeri, Johan, Acep). Berangkat dari impian yang sama, maka kami sepakat untuk mencoba berlajan dan kerja keras untuk menggapainya.

Perjalanan itu kami mulai dengan membuat sebuah marketplace di bulan kesepuluh di tahun 2015 silam, apa itu marketplace? jika belum tahu, silahkan Googling, jangan manja.

Ok, kemudian setelah marketplacenya jadi, kami mencoba berlari dengan membuat mobile app, nah… hayo loh sudah pada paham kan apa itu mobile app? klo belum, silahkan buka Traveloka karena mungkin kamu kurang piknik.

Lalu, di saat sedang enak-enaknya berlari, kami lena, kami terjatuh, tersungkur, sedikit terkilir dan saat ini kami sedang berada di masa pemulihan.

Sampai di sini sudah paham apa itu Deepdiveanak-anak? semoga belum.

Bahasa kekiniannya, Deepdive bisa disebut sebagai Startup, karena meskipun kami masih berada di tahap dan posisi ini, Deepdive pernah dinobatkan sebagai ANU Of The Years.

Lhoh kok bisa? hhhh ya gitu deh..

Balik lagi, mengapa Deepdive?
Karenaaaaaaaaaaaaaa,

Karena kami melihat …
Karena kami tahu …
Karena kami ingin …
Karena kami berpikir …
Karena kami paham …

Sehingga KAMI YAKIN dengan Deepdive kami BISA memberikan manfaat.

Jadi, jika teman-teman pembaca penasaran / penasaran banget dengan titik-titik di atas, silahkan menghubungi saya langsung tanpa perantara, dan pasti dengan sok jual mahal saya akan meladeni setiap pertanyaan, atau jika hanya sekedar tanya-tanya karena kepo, boleh, mau bertukar pendapat / sharing / sejenisnya, boljug, atau kalau mau meminta saya untuk presentasi lengkap dengan penjelasan model bisnisnya, juga SIAPa lu #eh

Intinya, setiap pertanyaan mengapa harus dijawab dengan penjelasan, bukan dijawab dengan hanya yes / no atau diam.

Wonder Woman

June 13th, 2017 by johantectona

Nyaris dua tahun.

Entah angin apa yang akhirnya sukses menerbangkan saya kembali ke sini, ke sangkar ini, sangkar di mana saya ditetaskan.

Di sangkar ini banyak sekali kenangan, mulai dari yang bego – bego sampai dengan yang super jijik dan bikin muntah, semuanya ada. Ya, namanya juga sangkar, bagaimanapun juga kenangan – kenangan itu telah membekas abadi.

 

Bay the way ngomong-ngomong, adakah di sini yang belum nonton Wonder Woman? adakah yang belum tahu siapa itu Mb Galga? jika ternyata ada yang belum nonton ya ga papa sih, dan jika ternyata masih banyak yang tidak tahu siapa itu Mb Galga, mungkin foto ini akan membuatmu bengong. Cantik, kan? iya apa iya? hayo..

wonder_woman_gal_gadot-t2

Mb Galga, atau lengkapnya Mbak Galgadot menurut saya adalah wanita tercantik keempat  di dunia ini. Sangat jelas dan mutlak, karena di dalam keyakinan yang saya anut, urutan wanita tercantik di dunia ini adalah Ibu, Istri, Anak saya, baru kemudian Mb Galga.

Namun jangan terburu-buru mengambil kesimpulan atau misuh-misuh, kali ini saya tidak belum akan membahas tentang Ibu, Istri ataupun Anak.

Kali ini tetap, saya akan membahas tentang Wonder Woman dalam bentuk puisi, cekidot!!

————————————————————-

 

wonder woman itu ibuku

bukan yang lain..

wonder woman itu istriku

bukan yang lain..

wonder women itu mereka

mereka yang rela..

mereka yang bisa..

mereka yang cinta..

ah, ku rindu.. merindunya :’)

————————————————————-

bukan profesi

bukan pula tokoh fiksi

wonder woman itu nyata

wonder woman itu ada

dia berada di sekililingmu

dia bersama kita

dia hanya belum sadar

dia masih sibuk mencari

dia itu… KAMU

————————————————————-

aku bukan wonder woman

karena aku masih belajar

aku bukan wonder woman

sebab aku butuh bernalar

hati masih berontak

jiwa ingin berteriak

aku bukanlah dia

aku adalah aku

lengkap dengan segala keras kepala yang ada

lengkap dengan bengal yang bebal

aku bukan wonder woman,

kata dia..

————————————————————-

wonder woman itu..

mereka (wanita) yang sanggup melawan dirinya sendiri

wonder woman itu..

mereka (wanita) yang berani patuh akan aturan kodrat

wonder woman itu..

mereka (wanita) yang tegar menjalani setiap ujian

wonder woman itu..

mereka (wanita) biasa yang punya sifat luar biasa

wonder woman itu.. KAMU

————————————————————-

wonder woman itu
mereka (wanita) yang bisa menyembunyikan tangis dalam tawa

wonder woman itu..
mereka (wanita) yang lulus ujian kehidupan

wonder woman itu..
mereka (wanita) yang paling bahagia

wonder woman itu..
mereka (wanita) yang sanggup bilang, mas.. aku rapopo, asalkan mas bahagia, aku ridho.

wonder woman itu..
hiks, tak sanggup lagi aku :'(

————————————————————-

wonder woman itu..
mereka (wanita) yang bisa nyuci, masak, setrika, njemur baju dalam waktu bersamaan :joy:

~biar ga netes, agak dibuat-buat

————————————————————-

karena sesungguhnya
wonder woman itu
mereka (wanita) yang berpesan, nak.. nanti kalau sudah dewasa jangan mengulang kesalahan bunda ya, ganteng itu nomor sekian, yang utama adalah baik dan setia.
.
.
KACAU, begitulah, kata-kata itu lepas begitu saja, tak bisa ditahan, tak bisa dilawan.

Demikian, semoga esok berlanjut.

*source image: wallpaperswide.com

Kembalikan SUCI

July 10th, 2015 by johantectona

Halo dunia, halo peradaban..

Lama banget saya tidak membuka laman ini, ya begitulah manusia.. selalu punya alasan untuk mengkambing hitamkan kesibukan.

Saya sibuk, saya repot, hingga akhirnya saya jarang ngeblog. Alibi basi untuk menghapus rasa malas.

~~ sudah ya prolognya, sudah.

Jujur, saya ngeblog kali ini bukan karena saya galau seperti biasa, kali ini saya ngeblog karena saya tergelitik oleh sebuah pengumuman. Sebuah penguman untuk menyampaikan uneg – uneg.

Punya uneg-uneg tentang #SUCI5? Yuk, tulis ulasannya dan dapetin iPod Shuffle! #ReviewSUCI5

suci5

Meskipun di sana ada keterangan “dapetin iPod shuffle”, rasanya perlu dipertegas, tujuan saya bukan itu.

Tujuan saya adalah…

Alhamdulillah, sebagai anak muda yang haus akan hiburan cerdas, saya harus mengucapkan terima kasih kepada Kompas TV yang telah melahirkan Stand Up Comedy Indonesia atau yang lebih dikenal dengan SUCI. Tidak hanya melahirkan, Kompas TV juga telah berhasil dengan baik menumbuh kembangkan SUCI.

Jadi tujuan pertama saya adalah TERIMA KASIH KOMPAS TV.

Berikutnya, seperti halnya kehidupan yang normal, rasanya tak akan adil jika semua berjalan dengan baik, pasti.. pasti ada kekurangan yang harus diperbaiki. Seperti kata pepatah, tak ada gading yang tak retak. Namun, di SUCI 5 bukan hanya retak, gading – gading itu telah hilang entah ke mana.

Meskipun kata orang – orang saya tidak selucu Dodit atau Babe, namun saya sudah mengikuti dunia per-stand up an sejak zaman Raditya Dika Open Mic di Bober kafe Bandung, saya yang kebetulan waktu itu di Bandung menyempatkan hadir untuk melihat Kak Radit Stand Up, iya Kak Radit yang belum juga nikah itu. Semenjak saat itu, saya jadi penasaran tentang Stand Up Comedy. Seiring berjalannya waktu sampailah saya benar – benar terkejut karena teman saya Abdur masuk  menjadi finalis SUCI 4, dan semenjak saya tahu Abdur menjadi finalis, saya semakin penasaran tentang SUCI, kok bisa sih Abdur HA HA HA. Dan akibat dari rasa penasaran itu, saya selalu menyempatkan diri untuk membuka Youtube dan menonton video – video tentang Stand Up Comedy di sela – sela rutinitas pekerjaan, awalnya hanya video SUCI 4 yang terbaru, tetapi akhirnya saya pun menonton semua video SUCI yang ada di Youtube. Bahkan khusus SUCI 4 saya bela – belain hadir di Balai Kartini untuk melihat para komika open mic secara live.

Nah dengan berbekal selera humor ala kadarnya, modal nonton beberapa kali show di Balai Kartini, modal nonton video – video SUCI 1 sampai SUCI 4 + semua video SUCI 5 di Youtube saya berani menyimpulkan, SUCI 5 telah kehilangan “gading”.

Di SUCI 5 saya merasa kehilangan tajamnya kritik akan kondisi sosial yang sedang booming, di SUCI 5 saya tidak menemukan luapan – luapan cerdas yang memakili sebagian keresahan hati saya dan masyarakat soal pemerintah. Berbeda dengan SUCI sebelum – sebelumnya, banyak komika yang dengan lantang berani menyuarakan keresahan yang memang meresahkan. Bukan keresahan yang sengaja dibuat – buat untuk menjadi materi yang terkesan maksa.

Saya tahu, di setiap minggunya komika harus membuat materi baru dengan tema yang telah ditentukan, tetapi ya itu.. entah kenapa, olahan materi para komika di SUCI 5 kurang bernas. Banyak materi yang menurut hemat selera saya terlalu garing dan kurang berbobot.

Bukankah seharusnya Stand Up tidak hanya menghibur namun juga menyampaikan keresahan agar didengar oleh pihak yang seharusnya mendengar? (saya sotoy dengan anggapan ini..)

Atau.. atau karena SUCI sponsornya sudah banyak maka ada hal – hal yang harus melunak sesuai kesepakatan?

Atau jangan – jangan SUCI sudah mulai kehilangan generasi penerus? SUCI kesulitan mencari komika cerdas nan berani untuk dibawa ke panggung?

Atau, mungkinkah ada kesalahan dalam menentukan tema di setiap minggunya sehingga para komika kurang bisa mengeksplore materinya dengan bebas?

Saya berharap hilangnya “gading” ini jangan terulang lagi di SUCI 6, SUCI harus kembali. Kita masih sangat butuh hiburan – hiburan cerdas.

Jadi tujuan kedua saya adalah, kembalikanlah SUCI, perbaiki semua kekurangan yang ada di SUCI 5 dan kembalilah dengan SUCI 6 yang WOW.

Ehehe, ambil nafas dulu ya.. hap happp biar gemesnya sedikit mencair.

Ok kembali lagi, menjadi komentator itu memang enak, hanya modal sedikit riset ( kalau mau ) dan bumbu – bumbu pengalaman sudah bisa meluncurkan anak panah untuk menyerang membabi buta. Karena jarang berfikir panjang dan keseringan ceplas – ceplos, menjadi komentator itu bisa saja melukai tanpa sengaja.

Tetapi jika komentator dipaksa bercermin dengan pertanyaan seperti ini, memangnya kamu berani open mic? kok berani – beraninya menyampaikan uneg – uneg sevulgar itu? saya akan jawab, saya berani dan tentu saja saya bisa namun soal lucu entahlah, karena saya berkeyakinan “semua pasti akan lucu pada waktunya”.

Maka tujuan ketiga saya adalah meminta maaf, mohon maaf kepada pihak – pihak yang mungkin tersinggung dengan uneg- uneg saya ini, saya hanyalah penggemar SUCI yang mencoba menjadi komentator. Kehilangan itu tidak enak, dan inilah yang coba saya sampaikan.

Terima kasih SUCI, SUCI harus terus hidup, SUCI jangan berhenti, SUCI jangan mati ya. :D

Sekian #ReviewSUCI5 dari saya.

x(

December 3rd, 2014 by johantectona

seyem

 

by: Theta


site tracking with Asynchronous Google Analytics plugin for Multisite by WordPress Expert at Web Design Jakarta.