Perjalanan Beswan Ku

Semuanya berawal dari semester tiga, waktu itu saya bercakap – cakap dan dengan tidak sengaja saya mendengar untuk pertama kalinya kata “Beswan Djarum”. Mulai saat itulah saya selalu penasaran apa itu “Beswan Djarum”. Mas Rosi dan Mas Henry, Dari mereka berdualah saya mendengar kata – kata itu. Istimewa dan sangat menginspirasi saya untuk menjadi Beswan nantinya. Terima kasih ya mas, dari percakapan waktu itu akhirnya saya bisa MERASAKAN dan bahkan sudah menjadi ALUMNI Beswan Djarum sekarang ini.

Seringkali orang lain ataupun diri kita sendiri merasa tidak PD untuk menggapai sesuatu, inilah yang saya rasakan diawal semester tiga itu. Beswan Djarum adalah suatu beasiswa yang sangat istimewa, bisakah saya mendapatkannya? Saya hanya bisa meyakinkan diri bahwa saya pasti Bisa!! Waktu itu IPK saya masih 2.8, sedangkan untuk mendaftar menjadi BESWAN DJARUM minim IPK harus 3,0. Entah apa yang terjadi saat itu saya tidak tahu pasti, teryata sugesti “saya pasti bisa” itu berhasil membawa saya dalam perjuangan memperoleh nilai yang bagus. Alhamdulillah saya bisa memenuhi salah satu syarat untuk menjadi Beswan Djarum.

Saat itu tiba dan saya telah berada dalam tes open recruitment Beswan Djarum, tes penentuan apakah saya layak ataukah saya tidak berjodoh dengan Beswan Djarum.
Apa yang terjadi?
Amazing Fantastis (kayak yel – yel saat itu hehehe), Tak pernah terbayangkan sebelumnya, saya berada didalam kumpulan orang – orang pilihan yang sangat cerdas dan pandai mengekspresikan diri. Kami berada dalam satu ruangan dan dituntut untuk melakukan yang terbaik supaya bisa lolos dan menjadi Beswan Djarum. Sempat juga saya minder, namun sekali lagi keajaiban sugesti “saya pasti bisa” itu kembali dan membuat saya punya keberanian untuk tampil all out, inilah saya, saya memang seperti ini, saya berbeda, saya unik, saya punya kelebihan yang tidak dimiliki mereka. Saat itu ada satu sesi dimana saya harus melakukanya dengan membuang jauh rasa malu ketempat sampah. Saya tidak pandai bahasa inggris namun disuruh menjawab pertanyaan dan mendiskripsikan diri dalam bahasa inggris, oh my God…!! Saya mulai dengan tersenyum dan kemudian membuka mulut tanpa tau benar atau salah kata yang saya ucap. Tidak bisa membayangkan betapa lucunya saya waktu itu, a e a e pokoknya yes i can!!

Seleksi selesai dan saya selalu berdoa.

Indahnya senja sore itu telah menjadi saksi sejarah, saya yang waktu itu berada dilantai 4 gedung kampus Planologi, tiba – tiba dikejutkan dengan HP saya yang bergetar, saya mendapatkan telepon dari no asing. Mbak pepi, dia lah yang menelpon saya..ini mbak pepi dek, panitia seleksi beswan. Benerkan ini dengan dek johan tectona? iya mbak benar.. Selamat ya dek, adek keterima menjadi beswan Djarum dan silahkan besok jumat sehabis magrib dateng kekantor Djarum, jl. Kedungdoro no. 34 Surabaya, Untuk bertemu dengan teman-teman yang lain. Saya celeguan dan hanya bilang iya mbak, terima kasih infonya. Alhamdulillah saya diterima. Terkejut dan bersyukur, teryata usaha dan doa saya selama ini tidak sia-sia.

beswan Perjalanan menjadi Beswan Djarum pun dimulai. Djarum Beasiswa Plus (waktu itu masih Beswan bakti Pendidikan) memang BUKAN BEASISWA BIASA, selain memberikan fresh money yang sangat wah nominalnya dan pelatihan – pelatihan pengembangan diri yang tidak akan pernah ada bagi penerima beasiswa lain, beasiswa ini juga memberikan komunitas yang paling membahagiakan bagi saya, bagaimana tidak semua anggota komunitas Beswan adalah keluarga baru yang sangat menyenangkan. Orangnya baik – baik , ramah, perhatian, cerdas dan memang benar orang – orang istimewa. Banyak sekali kenangan indah, banyak juga pelajaran yang bisa saya ambil. Kehangatan, keakraban serta kebersamaan antar anggota komunitas sangat – sangat terasa. model-web-beswan-2 Komunitas Beswan Djarum itulah nama keluarga kami. Kami terdiri dari berbagai universitas di Indonesia, kami kumpulan orang – orang pilihan yang memenuhi kriteria, kami memiliki pengalaman yang berharga, kami memiliki soft skill yang sudah terlatih. Dan kami pun punya rumah untuk saling berbagi, inilah RUMAH KAMI. Semuanya kami punya karena kami ISTIMEWA.

Sempurna, itulah kata yang tepat untuk mengungkapkan betapa mulianya Beswan Djarum. Namun inilah hidup, sekali lagi kehidupan telah memperlihatkan kepada saya bahwa tidak semua yang kita nilai benar menurut orang lain juga benar. Saya pernah merasakan sakit hati gara – gara “kata Beswan”. Bukan karena teman – teman Beswan, tapi karena satu paham yang tak usah didebatkan didalam blog ini. Kejadian ini terjadi disaat saya masih semester delapan kemarin (sekarang saya memasuki semester ke sembilan karena belum lulus” juga), belum lama saya mengalami tamparan menyakitkan ini. Disaat rokok menuai ujian kata Beswan yang saya sandang juga dipertanyakan. Pernah, dengan terang terangan saya mendapatkan pertanyaan, “kamu Beswan Djarum ya?” kok mau sih kamu jadi anak buah perusahan rokok, rokok itu kan haram hukumnya, terus beasiswanya bagaimana? tidak tau itu hanya ucapan bercandaan semata atau memang teman saya lagi mengejek. Saya sakit hati waktu itu, gelar kebangaan menjadi Beswan teryata dianggap haram oleh teman saya yang satu ini. Mungkin itu iri atau mungkin itu apa. Saya tidak mau sakit hati terlalu lama, saya jawab. Iya saya Beswan setahun lalu, sekarang saya sudah alumni dan sampai kapanpun saya masih Beswan. Terima kasih ya untuk pujianya, saya hanya orang bodoh yang tidak tahu menahu tentang apa yang sudah kamu katakan.

Saya pergi, namun dalam hati ini terus berkata seandainya kamu tahu betapa berat perjuangan untuk mendapatkannya dan betapa bangganya saya sekarang ini, boleh lah kamu berkata seperti itu karena memang kamu tidak merasakan. Silahkan kamu tertawa karena kamu memang sudah berkecukupan. Jujur, dulu salah satu alasan saya mendaftar beswan adalah jumlah nominal uang yang lumayan dan pelatihan – pelatihan yang tiada bandingannya. Rp 250 ribu saat itu dan alhamdulillah bertambah menjadi Rp 500 ribu rupiah adalah jumlah yang sangat membantu saya. Saya adalah salah satu Beswan yang saat ini masih berada dalam belutan ekomomi yang kurang besahabat, alhamdulillah saya bisa kuliah, alhamdulillah saya menjadi Beswan. Ini pengalaman indah, sebuah perjuangan dalam mencari ilmu. Saya lanjutkan curhat sebentar ya, siapa yang tidak punya komputer atau laptop? Sekarang komputer ataupun laptop adalah kebutuhan primer bagi setiap mahasiswa, namun saya masih belum punya, saya menjalani hidup sebagai mahasiswa selama 4 tahun tanpa punya senjata itu. Bagaimana bisa? Bagaimana mungkin? lalu tugas – tugas kuliah apa kabar jadinya tanpa senjata itu? Bisa dan mungkin karena saya adalah Beswan Djarum. Tugas Kuliah baik – baik saja dan Alhamdulillah tanpa ada kendala.

Pengalaman menjadi beswan memang sangat lah banyak dan semuanya memberikan kesan. Beswan selalu memberikan pelajaran penting tentang bagaimana cara hidup, salah satunya adalah pelajaran menjadi orang sukses (kaya). Siapa yang tidak mau kaya ataupun sukses? ayo jujur..!! Saya mendapatkan pengalaman menjadi orang kaya dari beswan. Hidup mewah dihotel berbintang walaupun hanya sebentar, bagi anak desa seperti saya ini, itu adalah pengalaman GILA yang tak pernah terbayangkan sebelumnya. Bayangkan saja, dirumah bisa makan lauk ayam itu anugrah, di hotel hemn.. menunya bisa memilih sesuka hati. Mau mandi air hangat ada, mau nonton TV..chanel mana aja bisa, ber AC, Kasur Empuk dll. Sangat indah dan ini menginspirasi saya untuk bisa menjadi orang sukses dan kaya nantinya.
dtl1 Sekali lagi Menjadi Beswan bagi saya adalah pengalaman yang sangat luar biasa dan tak terlupakan, dari komunitas Beswan Djarumlah saya bertemu kawan – kawan special, saya bisa kenal mereka dan saya juga terinspirasi oleh mereka. Teman – teman Beswan adalah sosok yang selalu memberikan semangat dengan keunikan masing – masing. Ada lagi dan akan terus ada cerita tentang kenangan dikomunitas Beswan Djarum.

Pernah saya down gara – gara tidak jadi lulus tepat 4 tahun. Saya awalnya malu kenapa saya tidak bisa lulus 4 tahun. Saya Beswan kenapa saya lulusnya molor. Biar, biarlah itu berlalu. Dari rumah online teman – teman Beswan baik itu blog Beswan Djarum atau member area saya menemukan semangat untuk kembali bangkit dan tidak boleh menyerah, itu memang salah saya tapi saya bisa memperbaikinya. Keceriaan forum di member area dan kisah – kisah magis di blog Beswan telah mengembalikan semangat itu. Beswan memberikan peranan penting dalam kehidupan saya.

Tidak hanya itu, komunitas Beswan Djarum selalu mengajarkan bahwa kami tidak hidup sendiri, kami memang hebat tapi tanpa kerja sama semuanya akan sia – sia. Net working itulah pelajaran penting lainnya yang saya dapatkan dari komunitas ini. Saya sadar, mungkin sekarang masih belum terlalu terasa manfaatnya namun suatu saat nanti , jika kami beswan bisa bekerjasama dengan baik tidak menutup kemungkinan Indonesia ini bisa maju dengan lebih cepat (berharap).

Saya sangat bersyukur dan berterima kasih karena telah diberikan kesempatan untuk mendapatkan PERJALANAN ini. Inilah indahnya keluarga beswan. Keindahan yang tak hanya semu, keindahan yang akan abadi. Saya Bangga Menjadi BESWAN!!!

NAMUN, apakah perjalanan BESWAN CUKUP SEKIAN?? TIDAK KAWAN!!! ini masih awalan, aku, kamu dan kita masih belum selesai…

*BESWAN TIDAK CUKUP HANYA BEGINI *BESWAN HARUS LEBIH BAIK *BESWAN HARUS TERUS BERKARYA *BESWAN HARUS LEBIH PEDULI *BESWAN HARUS SELALU SEMANGAT *BESWAN TIDAK BOLEH MENYERAH *ALUMNI TETAPLAH BESWAN, ALUMNI TAK BOLEH BERHENTI BERKONTRIBUSI..

merah-putih
INDONESIA MENUNGGU KITA KAWAN, MENUNGGU KONTRIBUSI YANG LEBIH BERARTI…KITA PASTI BISA KARENA KITA BESWAN DJARUM!!
ayo-log-in-di-member-area

satu lagi..saya ingin, walaupun kita tidak bisa berjumpa, kita bisa tetap berkumpul di rumah, RUMAH DIMANA KITA BISA SALING BERBAGI, mari kawan meluangkan WAKTU untuk sekedar singgah melepas lelah Di RUMAH KITA…

Tags:

43 Responses to “Perjalanan Beswan Ku”

  1. pujiprabowo says:

    semangat terus jo..semangat bermimpi dan menggapainya..semangat berkarya ya :)

  2. soikhurojib says:

    perjuanganmu hebat juga jo….semangat jo….

  3. johantectona says:

    pujiprabowo :semangat terus jo..semangat bermimpi dan menggapainya..semangat berkarya ya
    iya ji..makasih banget ya bro…semangat dan dukungan mu memberikan arti lebih bagi ku..bangga punya sahabat seperti uji..

  4. johantectona says:

    soikhurojib :perjuanganmu hebat juga jo….semangat jo….
    rojib..ada satu pengalaman yang tak akan pernah terlupa juga, saya tinggal dikudus selama satu bulan..saya bisa merasakan bagaimana kehangatan itu sampai sekarang…kangen suasana kelas di IPAL Djarum…

  5. johantectona says:

    WAWAN :Mantap jo.tetep semangat mari menggapai mimpi-mimpi itu
    mas wawan…terima kasih banyak, senangnya punya mas yang selalu perhatian dan menularkan semangat juang seperti mas..iya mas…mimpi itu pasti akan jadi nyata..

  6. johantectona says:

    dwiriyanto :wah johan tectona beswan 24. nice postingan. nice spirit. two thumbs for you. salam kenal. tnyta qt satu angkatan.
    salam kenal juga dwiryanto, setelah kita bertemu dimember area sekarang berlanjut ke blog..kita satu angkatan kita keluarga beswan..terima kasih ya bro, ini lah yang saya maksud saya bisa merasakan rasa kekeluargaan itu disini..semangat mu bisa menular, keakraban itu saya rasakan..bangga punya keluarga seperti ini..

  7. dodod says:

    kamu belajar apa dari aku jo ??? belajar nggombal ya ??? atau belajar misuh ala arek suroboyo asli ???? ha5x…

    nice posting bro… you’re one of my fave beswan…

  8. johantectona says:

    si dodd emang selalu merendah…
    kamu itu sangar bro, wespokoknya menginspirasi banget dah…beswan kembar yang emang gila..ingat rumah On line kita kan? ingat kita maen wining kan? ingat kita mengikuti acara – acara beswan kan? padahal kita sudah alumni..dari situlah aku banyak belajar dari kamu….

  9. Rian Andrian says:

    mimpi itu indah,mari bermimpi dan meraih mimpi… :) m/

  10. alita farah diana says:

    KEREEEEEEENNN.. ayoo semangaaaaaaatttt!! :)
    Tuh kan bener, kamu suka merendah, tulisan kamu SANGAT LAYAK BACA kok :))

  11. johantectona says:

    @iyank..hu uh…bener itu bro..mari meraih mimpi…
    @alita..makasihhhhhh…iyaaaa, ayooooo semangattt!! :D
    wee…dipuji lagi saya…ah enggak ah, biasa saja ini..masih kerenan tulisan mu dan teman” yang lain..ntr ya saya tak belajar lagi..biar bisa nulis yang layak..hehehehe :)

  12. rini kuswardani says:

    Terus berjuang mas Jo… selama Qt masih bernafas, saat mimpi terwujud, maka akan ada mimpi indah lain yang akan datang dan menanti tuk diwujudkan.. Tak ada yang tak mungkin. Perjalanan beswan mu tak kan habis km tulis disini. Tak kan habis sampai disini. Akan banyak hal lagi dikemudian hari…. “Bersyukurlah” itu pesanQ…

  13. johantectona says:

    @rini..Iya pasti..perjuangan itu tak kenal henti, ada yang beda sama komen yang satu ini, aku ingat nasehat dan itu kini terasa kembali..makasih ya rini buat semangat dan petuahnya… semoga ini bisa bermanfaat, bukan hanya buat saya saja namun untuk kita semua…
    Terima kasih banyak.. :)

  14. dadang windra says:

    lanjutkan perjuanganmu jo..
    tetap smgat dan bisa menggapai mimpi2mu..amien

  15. johantectona says:

    makasih ya bro sudah mampir, iya..kamu juga ya bro..harus selalu semangat dan sukses selalu buat kamu.. amin

  16. tari (beswan IPB 2009/2010) says:

    Sukses selalu buat kamu.
    semoga tulisan km bisa jadi inspirasi beswan yang lain.
    Semangat Selalu yahhhhhh…

  17. johantectona says:

    @tari..amin..
    sukses juga buat tari..
    iya..saya akan selalu semangat karena saya beswan..
    Beswan yang lain juga pasti akan terus semangat karena kita beswan..

  18. Wana Darma says:

    penuh perjuangaaan :(
    inspiring tulisannya bro..
    nice writing

    ps: kepanjangan :| haha

  19. johantectona says:

    @wana..terima kasih ya wana.. syukurulah kalau bisa menginspirasi, saya hanya ingin berbagi kisah..
    iya..panjang banget itu 2000 kata lebih..hehehe

  20. rahmi says:

    berpikrlah sukses hanya tinggal selangkah lagi dan pasti akan diraih, niscaya masa depan yang cerah akan ada di depan mu mas.. :)

  21. johantectona says:

    @rahmi..iya..makasih..amin.. senang rasanya mendapat komentar seperti ini…

  22. dodod says:

    editanmu membuat artikel ini semakin mantab bro…. anyway…

  23. johantectona says:

    belum selesai ngeditnya bro untuk artikel ini, masih harus diedit lagi kayaknya, tapi ga tau juga seh mau diedit gimana lagi biar bagus, hahaha aslinya lo jelek, kayak apa ya ngeditnya ? tapi semoga lah bro.. ada perbaikan dari tulisan ini sebelum penjurian..
    sekali lagi makasih buat doddy yang senantiasa memantau perkembangan blog ini..

  24. wana darma says:

    kayaknya makin diedit makin panjang ya??
    ajibbb

  25. johantectona says:

    @wana..hahaha, blm selesai ini wan ngeditnya..bahasanya kaku masih..

  26. johantectona says:

    @wana..iya bro…makasih ya..
    2 hari lagi..masih lama itu..hehehe

  27. arnissilvia says:

    slow but sure, Jo, kata Slank.

  28. johantectona says:

    whee..ada slanker disini..hehehe
    maksudnya apa ya mbak? saya belum paham..apanya yang slow apanya yang sure?

  29. yuyun says:

    iye deeeeeh yang ip nya bisa nyampe tiga
    iya deeeeh yang ikutan audisi beswan paling semangat nyehehehehehe :p

  30. johantectona says:

    @yue..hehehe halaha apa seh mbak e ini, sampean iku sing nggarai aku kepengen pisan dadi beswan…
    masih teringat juga saat kamu pamer” kalau beswan itu sangat menyenangkan..

  31. Crenk says:

    Keep spirit Jo…
    Semua yang km peroleh di BESWAN akan sangat berguna saat km benar2 berada di dunia nyata penuh perjuangan…
    tetap keep contact dengan alumni yang lain…keluarga kita…
    Ntar malem q ke Menara Peninsula…mengunjungi teman2 yang LKTI tingkat nasional…ikut yuukkk!!!!

  32. johantectona says:

    @mbak Sri W (crenk)..iya mbak, makasih banyak ya mbak.. iya, jo usahakan akan selalu keep contact sama alumni” yang lainya juga.. wahhhh pengen..tapi apa daya.. saya di Surabaya ini mbak, nitip salam aja ya..buat para finalis LKT Nasional dan bapak dewan juri beserta pembina – pembina Beswan se Indonesia yang berada disana..
    Surabaya mendukung semuanya..hehehe

  33. mrpramadika says:

    hehehe….cerita yang bagus….dan pengalaman yang menarik kang jo……inspiratif buat aku

  34. johantectona says:

    @reza..makasih ya za.. pengalaman ini aku dapatkan dari teman” beswan..semoga ini bisa bermanfaat..

  35. henry kurniawan says:

    u made better story than i do…, what can i say.., proud to be your friend.

    ” kalau kita tidak bisa mencegah korupsi…, paling tidak kita tidak ikut korupsi”

    numpang iklan ya…,

    “Jalesveva Jayamahe…., Justru di laut kita jaya…”

  36. johantectona says:

    @mas henry.. makasih banyak mas sudah bersedia meluangkan waktunya mas buat mampir di rumah online ini,, dari mas saya tahu beswan, dan dari mas henry juga saya banyak belajar..
    siap mas “korupsi akan mati jika kita semua sadar dan tidak mau korupsi”
    iya mas monggo..karena Indonesia adalah negara maritim..

  37. DEDDY FIRMAN R says:

    lebih baik disini….
    RUMAH KITA sendiri…..
    segala nikmat dan anugerah YANG KUASA…..
    semuanya ada disini…..
    RUMAH KITA….

    hahahaha….
    baca tulisanmu ini jadi pengen nyanyi lahu itu Jo,,,,
    (mumpung cuman tulisan, gak ketauan suara ancurQ),,,,

    seandainya semua beswan kayak kamu Jo…
    PAsti Beswan Djarum semakin Jaya….

    Tapi mungkin seorang Johan Tectona sudah cukup membuat seluruh hati Beswan tergerak…

    just like you say :
    *BESWAN TIDAK CUKUP HANYA BEGINI *BESWAN HARUS LEBIH BAIK *BESWAN HARUS TERUS BERKARYA *BESWAN HARUS LEBIH PEDULI *BESWAN HARUS SELALU SEMANGAT *BESWAN TIDAK BOLEH MENYERAH *ALUMNI TETAPLAH BESWAN, ALUMNI TAK BOLEH BERHENTI BERKONTRIBUSI.

    keep fighting Bro……
    You’re one of the most spirited person I ever met…..

  38. johantectona says:

    @deddy..hahaha bisa” aja kamu itu bro, kalau kayak jo semua ya repot, bingung, orang yang hampir sama aja kayak kamu (deddy) ama doddy sudah bikin heboh..apalagi klo sama semua kayak aku..hehehehe
    iya bro, beswan harus lebih baik dari pada sekarang..
    jangan seperti saya..
    kamu juga harus semangat ya bro..
    sukses buat kita semua..

  39. tristyantoprabowo says:

    keren banget Jo, semangatmu menjalar ke setiap orang yang baca tulisn ini…. SALUTE!

  40. johantectona says:

    @putri.. amin..
    @bowo.. hehe syukurlah klo semangat itu bisa menular, aku yakin setiap beswan punya pengalaman yang ga kalah kerennya.. makasih ya mas bowo..
    @dodd.. iya dodd, editing sebelum lomba itu penting.. makanya tulisan ini dulu ku edit, biasalah nubi klo nulis harus di edit” dulu.. hahaha dan syukurlah masuk top 10 dan nyicipi pangungg silatnas setahun yang lalu…

  41. wana says:

    oh ini toh yang udah diedit. dahsyat..

  42. johantectona says:

    @wana.. haha iya tuh ku edit untuk kompetisi tahun lalu hehe

  43. afrizalrcom (@Ichank_23) says:

    beswan yang ngangenin :D

Leave a Reply

Before you post, please prove you are sentient.

what is 3 + 2?


site tracking with Asynchronous Google Analytics plugin for Multisite by WordPress Expert at Web Design Jakarta.