Presentasi Gak Basi ! (with Powtoon and Prezi)

4 May

Malam ini aku mau sharing tentang penyajian presentasi.  Kata Bapak-yang-aku-lupa-namanya: penyaji yang baik itu kuncinya persiapan. Dan persiapan disini terdiri dari merencanakan dan berlatih. Poin berlatih sifatnya soal usaha. Ini enggak perlu diajarin, karena usaha adalah buah dari kemauan, dan akar kemauan ada dalam diri kita sendiri. Jadi yang akan kita bahas sekarang adalah poin #1: merencanakan. Aku […]

Let’s Play Game: “Find The Criminal”

4 Apr

            where is actually your side??  

Kerja untuk Siapa?

3 Apr

1. Kunci mencapai tempat-tempat jauh dan tinggi dalam hidup: Jangan pergi sendirian   2. Mereka yang naik gaji bukan mereka yg minta 3 juta untuk kerja senilai 3 juta, tapi mereka yang kerja senilai 3 juta ketika digaji 2 juta   3. “Gw akan kerja senilai 3 juta kalau udah digaji 3 juta.” <— biasanya yang […]

Saya Putih, Saya Memilih

31 Mar

(monolog karena headset rusak dalam perjalanan 35 km tadi sore) Saya masih terngiang diskusi para Sepuh Seger (kurang lebih) seminggu lalu. Tercetus oleh pertanyaan Sarah tentang salah satu calon presiden dari partai politik yang dipercaya memiliki elektabilitas tinggi sekarang ini. Dari obrolan tujuh hati, tersingkap bermacam ideologis politis dalam berbagai warna. Lalu saya bertanya pada […]

Semoga….

13 Oct

Ting tong ting tong! Bel tanda waktu pulang berbunyi. Hari ini aku belajar lagu-lagu. Entah apa. Aku hanya bisa mengingat nadanya. Na na na na na na… Nada-nada itu masih terngiang di kepala saat aku berlari dengan sepatu di tangan menuju Kakakku. Bu Rahma, wali kelasku, tetiba ikut menghampiri dan berbicara dengan Kakak. “Mbak, minggu […]

Ajaran dari Hati

13 Oct

“Terus gimana Pa? Bima jadi nyemplung ke kawah?” “Jadi dong, kan harus tetap dapat air sucinya biar menang perang. Tapi habis nyampe di dasar kawah, Bima ketemu sama dua raksasa. Rukmuka sama Rukmakala. Mereka tarung deh. Dzig dzig” kata Papa sambil menggelitik perutku. “Aaaaa…geli Pa geli..hahahaa.. Namanya kok Rukmuka? Nanti istrinya dipanggil Bu Rukmuka..hehee…” “Ruk […]

keberAGAMAn

13 Oct

Apa yang membuatku bangga terhadap Indonesia? KAMU Ya, kamu. Kamu yang menerima kemajemukkan Indonesia sebagai berkah yang luar biasa. Kamu yang menjaga perbedaan dengan toleransi yang tinggi. Kamu yang menghormati keberagaman dengan persaudaraan. Kekayaan Indonesia tak melulu soal alam, flora, fauna, budaya, bahasa, dan kuliner, tetapi juga konsep ketuhanan yang diyakini warganya. Pun dengan toleransi […]

Doa yang Sama

27 Jul

  Tak terasa, bulan Ramadhan telah lewat setengah masanya Bulan terbaik doa terijabah memangku berkah. Bulan pahala melipat ganda Bulan air mata menghapus segala dosa. Bulan yang ku manja dengan doa yang sama.   Puasa fardhu tersisa setengah waktu Ku mulai dengan doa yang sama. Ku akhiri dengan doa yang sama pula. Serangkum alif ba ta yang sampai […]

Salah Jurusan

23 Jul

Di belakang buku pajakku, ada sajak yang termangu Di samping catatan akuntansi itu, ada puisi tertulis malu-malu Panitia Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru yang dulu memeriksa nilaiku bersangsi: “Kenapa tak ambil jurusan sastra saja? Hanya nilai bahasa yang mendekati sempurna” Mungkin karena ketika ada cinta yang menghimpit, ku mampukan menulis prosa sedikit, di kertas lepas lalu ku […]

Dilema

22 Jul

Berikan aku sedikit kemolekanmu mencumbu kata, agar ku bingkai rasa ini sampai ujung masa. Berikan aku sedikit tempa, hingga ku mahir menangkap ruh dalam aksara, memaknai irama yang kau puja. Mungkin kita tak sama. Menunjuk pada bintang yang berbeda. Tapi berikan aku sedikit tanda, yang menghancurkan bongkah dilema