Archive for May, 2012

Renungan Sore Tadi, Membuatku Tahu

Selasa sore tadi (29 Mei 2012) begitu ga bisa dirasionalkan. Tiba-tiba aku males ngapa-ngapain hanya bengong aja di depan laptop. Padahal kalo ngomongin soal kerjaan, banyak banget yang udah deadline. Tapi ga tahu kenapa badan ini berat banget buat digerakin.

Udah bengong ga jelas di kost-an, lama-lama juga ngerasa berdosa. Keluar kamar kost, nangkring di balkon, ngidupin sebatang rokok sambil nikmati suasana senja. Ga kerasa, satu hisapan rokok dapat mengantarkanku jauh ke masa lalu. Di sana, satu demi satu pintu dalam ingatan aku buka. Ga tahu sudah berapa hisapan rokok, sampai aku berada di ruangan ukuran sedang. Di sana ku temukan diriku masih usia remaja. Mencoba membangun prinsip demi prinsip, belajar dengan teguh hati untuk berkomitmen pada prinsip yang di buat, hingga mengantarku di ruang yang sempit sekali.

Di ruang itu, ku temukan diriku yang lagi-lagi gagal dalam komitmen prinsip. Berjanji untuk tidak telat brerangkat sekolah, namun kenyataanya hampir tiap hari dihukum guru BP. Berjanji untuk menabung, namun nyatanya berselancar ria di warung internet sampai berjam-jam.

Ruang sempit itu membuatku gerah hingga akhirnya aku kembali lagi ke balkon kamar kost. Sebatang rokok tadi sisa setengah. Fill untuk menengok bilik-bilik masa lalu udah ga asyik lagi. Kini ku lihat diriku sekarang. Setelah beberapa saat aku mampir ke bilik-bilk masa lalu tersebut, aku mencoba bercermin.

“adakah yang telah berubah?…..”

Sejenak aku pandangi satu persatu dalam diri sekarang ini. Ku pikir-pikir dan k u bandingkan.

“apa bedanya aku sekarang dengan yang lalu?…”

Setelah sejenak, aku tahu jawabanya. Ga ada yang berubah dalam diri ini. Hanya saja bertambah tua pasti iya. Namun, setelah aku tahui jawaban itu, aku jadi murung. Sedih karena “aku telah kalah dengan diriku sendiri”.

Tags:

Poko’e Bersama Kalian Susah Dilupakan

rame, DSO Surabaya

Awalnya ga sengaja sih buka-buka folder photo barengan anak-anak Beswan. Dari pada ga ada kerja’an, aku klik folder tersebut dan coba lihat satu per satu. Ga ada yang menarik bahkan cenderung bosen. Yah, dari pada capek nge-klik terus-menerus, aku buat full size pake windows pictures dan jalan secara otomatis. Sambil baca TL spam di twitter lewat HP, sambil sesekali aku mandang ke laptop, ga ada satupun gambar yang sampe ngebuat aku berhenti beraktifitas dan merhatiin seksama sampai bermenit-menit hingga nyampe photo ini.

Pertama kali ngelihat photo ini, rasanya asing. Memang belum pernah kelihat sih. Karna penasaran, aku lihat baik-baik dan aku perhatiin cukup lama. Aku coba meraba-raba kira-kira moment apa pas photo ini diambil. Tepat ngelihat si Patar ngelahap kue (photo depan kanan), ingatanku langsung nyantol ke rapat rutin kamis, dimana waktu itu surprise parti untuk si Ari (ga ada di photo).

Memang ga ada yang special sih di moment tersebut. Namun, ketika nglihat senyum kalian di photo, langsung teringat kalau kebersamaan seperti ini jarang banget didapetin. Apa lagi jadi Beswan tinggal ngitung bulan. Meski aga jaim, namun rasa sedih ga dapat aku tutupi.

“guys, bangga banget bisa jadi bagian dari kalian orang-arang keren……”

Tags:

Dampak Pornografi Terhadap Otak

access form okezone.com

Ahli bedah syaraf dari Rumah Sakit San Antonio, Amerika Serikat, Donald L. Hilton Jr, MD mengatakan bahwa adiksi (kecanduan) mengakibatkan otak bagian tengah depan yang disebut Ventral Tegmental Area (VTA) secara fisik mengecil.


“Pornografi menimbulkan perubahan konstan pada neorotransmiter dan melemahkan fungsi kontrol. Ini yang membuat orang-orang yang sudah kecanduan tidak bisa lagi mengontrol perilakunya,” kata Hilton serta menambahkan adiksi pornografi juga menimbulkan gangguan memori. Kondisi itu, tidak terjadi secara cepat dalam waktu singkat namun melalui beberapa tahap yakni kecanduan yang ditandai dengan tindakan impulsif, ekskalasi kecanduan, desensitisasi dan akhirnya penurunan perilaku.

“Dan kerusakan otak akibat kecanduan pornografi adalah yang paling berat, lebih berat dari kecanduan kokain,”

12 fatamorgana tentang pornografi yang terlanjur tercipta secara tidak sengaja oleh otak kita:

1. Pornografi memberi makan pada “keinginan mata” dan “keinginan daging” yang tidak akan pernah terpuaskan. Pornografi hanya akan membuat ‘penontonnya’ minta tambah, tambah, dan tambah lagi.

Dengan mudah, pornografi memperbudak orang akan nafsunya dan membuka pintu terhadap segala jenis kejahatan seperti kemarahan, penyiksaaan, kekerasan, kepahitan, kebohongan, iri hati, pemaksaan, dan keegoisan. Kekuatan tersembunyi dibalik pornografi akan menunjukkan dirinya pada saat orang yang sudah terlibat berusaha menghentikan kebiasaannya. Tanpa bantuan, biasanya orang itu tidak berdaya untuk lepas.

2. Pornografi membuat cara berpikir seseorang menjadi penuh dengan seks semata. Pikiran seks akan menguasai alam bawah sadar mereka. Gambar berbau seks akan melekat pada otak mereka, sehingga pada saat seseorang memutuskan untuk berhenti melihat pornografi-pun, gambar-gambar yang pernah ia lihat dimasa lalu akan bertahan sampai beberapa tahun bahkan selama-lamanya.

3. Pornografi menjadi ajang promosi terhadap praktik seksual yang menyimpang. Contohnya, situs porno internet biasnya terhubung dengan situs porno yang lebih progresif seperti homoseks, pornografi anak, seks dengan hewan, perkosaan, seks dengan kekerasan dan lainnya.

Ini akan membuat orang-orang tertentu terganggu secara mental dan tertantang untuk mencoba. Dengan demikian, makin banyaklah perilaku seks menyimpang di masyarakat.

4. Pornografi membuat seseorang terpicu untuk lebih suka melayani diri sendiri dibanding orang lain. Masturbasi/onani adalah contohnya. Ini adalah tindakan pemenuhan nafsu pribadi yang bisa membuat seseorang sulit menerima dan membari cinta yang sebenarnya pada orang lain. Pornografi biasanya membuat orang kecanduan masturbasi/onani.

5. Pornografi akan membawa seseorang terhadap penggunaan waktu dan uang dengan sangat buruk. Sedikit ada waktu luang atau uang lebih, akan dihabiskan untuk memuaskan hawa nafsunya.

6. Dengan sering melihat situs porno atau membeli film/majalah porno, orang-orang tersebut mendukung perkembangan industri pornografi yang biasanya dikelola oleh “kejahatan terorganisir” yang mencari dana dengan cara haram.

7. Terbiasa melihat pornografi akan merusak hubungan orang tersebut dengan lingkungannya, dalam hal ini keluarga atau orang-orang terdekatnya.

Pada hubungan pacaran, hubungan yang berkembang menjadi tidak sehat. Orang yang terlibat pornografi akan menyalahkan kekasihnya pada tindakan-tindakan seksual yang mereka lakukan. Padahal masalah itu terdapat pada pribadinya sendiri, dan pasangannya adalah si ‘korban’. Pada pasangan yang telah menikah, ini akan memicu ketidakpuasan seksual dan praktik seksual yang menyimpang sehingga mengarah ke arah ketidakharmonisan keluarga, bahkan perceraian.

8. Dalam banyak kasus, pornografi membuat seseorang kehilangan daya kerjanya. Yang tadinya aktif dan kreatif bisa menjadi tidak fokus dalam pekerjaan.

9. Pornografi dapat merusak hubungan seksual dengan pasangan karena terbiasa membayangkan orang lain dalam hubungan seksual.

Imajinasi adalah salah satu efek pornografi yang sangat kuat. Nilai dan kemurnian seksual sesungguhnya menjadi rusak.

10. Melihat pornografi akan membuat seseorang menjadi sering berbohong.

Orang yang terikat pornografi akan menyimpan kebiasaannya ini sebagai rahasia, sehingga dengan berbohong ia dapat menyembunyikan rasa malunya dan menghindari kritik dari lingkungannya. Kemanapun ia pergi, ia akan cenderung memakai ‘topeng’.

11. Pornografi akan membawa seseorang pada konsekuensi spiritual yang serius.

Tekanan dan kebingungan akan memenuhi hidupnya. Pornografi membawa kekuatan jahat yang akan mengontrol dan mendominasi pemirsanya. Sekali saja seseorang melihat pornografi, itu akan membawanya semakin dalam. Nilai moral yang benar makin lama makn pudar, sehingga timbul standar ganda yang membingungkan.

12. Pornografi akan membuat seseorang mempercayai semua kebohongan yang ditawarkan oleh pornografi sendiri.

Contoh kebohongan yang ditawarkan ialah :
a. Kebebasan seksual = kebahagiaan
b. Penyimpangan seksual = normal
c. Kapan saja melampiaskan kebutuhan seksual = hal yang benar dan wajar
d. Setiap hari masturbasi = sehat
e. Pornografi = tidak menyakiti siapapun
f. Bintang porno = orang paling bahagia didunia
g. dll

Tags:

!!! “Catatan Facebook, 22 Maret 2010″

Nih, catatan “ababil” masa lampau, *hahahaha….

tak kurasa, hidupku semakin jauh melangkah.
mimpi-mimpi masa lalu semakin usang dan tak terjamah. kini yang tertinggal hanya sebuah asa yang lusuh.
kemana saja selama ini aku?
tak ada jawaban yang pantas dan memang tak perlu untuk di jawab.
siapa yang tahu apa yang akan terjadi nanti?
padahal selama ini aku sudah menata hidupku sedemikian dan sebegitu apik.
tapi, apa mau di kata?
kenyataan tak pernah berpihak denganku.
bahkan dengan setega mungkin dia berani melibas semua yang kumiliki.

DASAR BIADAB!!!

BEDEBAH!
tapi tak sewajarnya bagiku yang seorang berakal sehat mengucapkan kata-kata seronok seperti itu.

HANYA ORANG YANG MEMPUNYAI KELAPANGAN HATI DAN KEIKHLASAN TULUS
YANG MEMBUAT SEGALANYA TERASA BIASA-BIASA SAJA.

Tags:

Kali Surabaya Sudah Mati!

kali menjadi tempat pembuangan limbah

 

kali jadi tempat pembuangan kotoran manusia

 

warna air kali semakin keruh

 

kali pun juga jadi lahan untuk pemulung

 

karena darurat, kali pun jadi jamban

 

minimnya wahana bermain anak-anak, kali keruh pun jadi lokasi asyik

Tags:

Belanda, Negara Berteknologi Tinggi Ramah Lingkungan

Perkembangan teknologi saat ini semakin pesat. Akibatnya pemanasan global semakin meningkat. Akibat dari semakin meningkatnya pemanasan global, menjadikan lingkungan rusak dan butuh waktu lama untuk memperbarui. Hal ini menuntut perusahaan untuk menggunakan teknologi ramah lingkungan dalam mengembangkan bisnisnya.

Salah satu negara yang paling mengedepankan prinsip teknologi ramah lingkungan adalah Belanda. Negara yang telah maju dan mempunyai inovasi diberbagai bidang ini telah mengembangkan pembangunan dan teknologi ramah lingkungan melalui pembaharuan energi atau renewal energy. Hal ini dilakukan, melihat isu krisis pemanasan global dan krisis energi dunia yang menjadi agenda di berbagai negara pada saat ini. Konsep teknologi ramah lingkungan ini dikembangkan untuk pembangkit listrik, komponen dan peralatan industri, kabel listrik, sistem pengolahan air dan air limbah. 

Inovasi dan pembaharuan dalam sektor industri yang dilakukan oleh negara Belanda telah berkembang dengan sangat baik. Negara seribu dam ini juga telah berhasil mengubah tanaman liar pegunungan, bunga Tulip, menjadi komoditas ekspor. Di sisi lain bunga Tulip juga mengenyahkan banjir laut dan mengeringkannya sekalian untuk menjadi lahan pertanian. Walaupun bunga ini berasal dari negara Turki, namun negara Belanda telah berhasil mebuatnya menjadi industri dengan inovasi luar biasa yang mereka kembangkan.


Tags: