Mengger Girang, sebuah Kampung padat penduduk yang berada di tengah-tengah megahnya kota Bandung. kampung ini merupakan salah satu dari 76 kampung berseri binaan Corporate Social Responsible (CSR) Astra. Kampung yang berada di RW 8 Kelurahaan Pasirluyu ini mempunyai beragam program pelayanan masyarakat, seperti  Posyandu Nuriyah dan Rumah Pintar Nurul Falah. Sekilas, jika dilihat dari luar, kampung ini terlihat seperti kampung-kampung di kota besar pada umumnya. Namun, jika kita masuk lebih dalam lagi, kita akan menemukan segudang prestasi yang dimiliki oleh kampung ini.

Gapura Pintu Masuk RW 8 Kelurahan Pasirluyu Bandung

Posyandu Nuriyah

Mencari kampung Mengger Girang tidak sesulit mencari jarum dalam tumpukan jerami. Lokasi Kampung ini sangat strategis berada di Jalan utama Soekarno-Hatta,  tepat di belakang Kantor Astra Biz Center Bandung. Setelah melewati gapura kampung, kita langsung menemukan Posyandu Nuriyah tepat di sebelah kanan jalan setelah melewati belokan Masjid Al Muslimin. meskiipun tampak sederhana, ternyata Posyandu ini memeliki sarana dan prasarana penunjang yang lengkap yang sepenuhnya didukung oleh CSR Astra. Selain fasilitas, kader Posyandu juga memiliki kompetensi yang unggul dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Sarana dan Prasarana Penunjang Posyandu Nuriyah

Sarana dan Prasarana Penunjang Posyandu Nuriyah

Layanan rutin setiap bulan dari Posyandu meliputi imunisasi, kesehatan ibu dan anak, peningkatan gizi, keluarga berencana, dan penanggulangan diare. Selain kegiatan rutin tersebut, Posyandu Nuriyah juga mempunyai serangkaian kegiatan lain, salah satunya “Program Pijat Bayi”. Pada dasarnya setiap orang tua bayi tidak asing dengan pijat bayi. Namun, tidak semua bisa dan memahami bagaimana melakukannya. Di Program Pijat Bayi ini, orang tua dibekali kemampuan teknik pijat bayi dan pengaplikasian di tempat oleh para kader Posyandu. Sebelumnya. Para kader dibekali kemampuan terlebih dahulu oleh para ahli agar dapat menularkannya kepada masyarakat.

Program Pijat Bayi Posyandu Anuriyah

Program Pijat Bayi Posyandu Anuriyah

Program Pijat Bayi ini merupakan program inovasi dari Posyandu Nuriyah dan berhasil masuk dalam jajaran lima besar program “Posyandu Naik Kelas”. Program ini merupakan program gagasan dari Astra yang memberikan kesempatan berkompetisi dalam program inovasi kepada 200 Posyandu binaan Astra seluruh Indonesia. Penilaian program ini berdasarkan pada indikator-indikator yang digunakan untuk menyaring dan penentu tingkat kemandirian Posyandu. Mulai dari Posyandu Pratama (posyandu yang masih belum mantap, kegiatannya belum bisa rutin tiap bulan dan kader aktifnya terbatas.), Posyandu Madya, Posyandu Purnama, dan Posyandu Mandiri (sudah dapat melakukan kegiatan secara teratur, cakupan 5 program utama sudah bagus, ada program tambahan dan dana sehat, telah menjangkau lebih dari 50% KK).

Selain kegiatan Posyandu yang diperuntukkan untuk ibu dan bayi, di Kampung Mengger Girang RW 8 ini juga terdapat program Pospindu. Pospindu ini diperuntukkan bagi penduduk lanjut usia. Program ini dibentuk sebagai upaya agar para lansia merasa senang dan tidak stres. Kegitan rutin setiap bulan, seperti cek tensi dan gula darah, senam lansia, dan pembinaan pola hidup sehat kepada para lansia.

Program Cek Kesehatan Rutin Pospindu

Promosi Gemar Memeriksakan Kesehatan Untuk Banyi dan Manula

Rumah Pintar Nurul Falah sebagai cikal bakal berdirinya Kampung Berseri (KBA) di Kampung Mengger Girang, Pasirluyu, aktif dengan berbagai kegiatan pendidikan, mulai dari Pendidikan Usia Dini (Paud) sampai dengan Madrasah Diniah (Madin). Total kurang lebih 500 anak aktif belajar di Rumah Pintar ini. Penggunaan game interaktif, menonton film yang menghibur dan mendidik, bernyanyi bersama didukung dengan sound system dan proyektor, merupakan bentuk inovasi dalam bidang ekstrakulikuler. Pendidikan di Paud ini lebih ditekankan pada bermain sambil belajar dengan tujuan untuk menggali minat dan bakat peserta didik. Paud ditunjang dengan sarana prasarana Audio Visual yang sepenuhnya ditunjang oleh CSR Astra.

Kegiatan Belajar Mengajar Paud Nurul Falah

Madrasah diniah difokuskan pada pendidikan agama Islam yang diperuntukkan bagi masyarakat usia SD sampai dengan SMA. Proses belajar-mengajar ini dilaksanakan mulai dari sore sampai malam dengan tenaga pengajar suka rela dari penduduk setempat. Tidak hanya menjangkau masyarkat kampung setempat, namun, program Madin juga menampung masyarakat dari luar kampung. Program pendidikan Madin difokuskan kepada pengajaran baca tulis Al Qur’an serta mengkaji kita-kitab untuk usia remaja pendidikan ajaran Islam, seperti Fiqih, Nahwu, Shorof, dan lain-lain.

Di era media sosial saat ini, informasi bergerak sangat cepat dan hampir tidak ada batas. Siapa pun dan dimana pun dengan medah mendapatkan apa yang mereka inginkan. Oleh karena, penguatan moral dan nilai kearifan lokal sangat dibutuhkan untuk membentengi diri sedini mungkin. Oleh karena itu, setiap sebulan sekali, rumah pintar Nurul Falah mengadakan pembinaan remaja untuk usia SMP sampai SMA. Materi dalam pembinaan tersebut meliputi materi tentang bahaya narkotika dan seks bebas, melalui media film, kampanye kesehatan, dan sesekali mendatangkan ahli di bidangnya.

Pembinaan Remaja Kampung Mengger Girang Pasirluyu

Selain bidang kesehatan dan pendidikan, KBA Pasirluyu mencakup lingkungan dan kewirausahaan.  Sejak dimulainya program KBA Pasirluyu yang di fokuskan pada kampung Mengger Girang RW 8 pada 2015, penghijauan kampung sudah dilakukan dengan penanaman tanaman hias di beberapa titik jalan kampung. Namun, seiring jalannya waktu, banyak tanaman yang mati akibat dilanda musim kemarau dan minim perawatan. Hal ini disebabkan oleh minimnya partisipasi masyarakat akan pentingnya menjaga tanaman untuk kepentingan bersama. Beberapa upaya komunikasi persuasi telah dilakukan oleh pengurus RW dan penggerak KBA untuk membangun partisipasi masyarakat dalam hal penghijauan lingkungan. Upaya tersebut salah satunya dengan mendatangkan relawan Bandung Green and Clean Action. Sempat dihasilkan gerakan “Punggut Sampah” yang dilakuan setiap bulan sekali. Namun, program ini belum cukup ampuh untuk menggerakkan masyarakat dalam berpartisipasi untuk penghijauan lingkungan.

Penghijauan Kampung Mengger Girang RW 8 Pasirluyu

Melihat kondisi ini, musyawarah pengurus RW dengan masyarakat dengan didampingi oleh CSR Astra pada 2018, masyarakat mencoba memberdayakan lingkungan dengan menggunakan konsep cocok tanam vertikultur yang difokuskan pada tanaman produksi seperti sayur dan buah-buahan. Konsep ini dipilih melihat terbatasnya lahan terbuka kampung. Konsep ini dilaksanakan oleh masing-masing kepala keluarga di RT 10 sebagai RT percontohan. Hasil dari tanaman ini, nantinya bisa dinikmati oleh masing-masing keluarga yang menanamnya. Setelah berhasil di terapkan di RT 10, nantinya konsep penghijauan ini akan diterpakan di seluruh RT di RW 8 kelurahan Pasirluyu.

Musyawarah Waga membahas Keberlangsungan Penghijauan Kampung

Pola Cocok Tanam Vertikultur

Dalam bidang wirausaha, KBA Pasirluyu telah berhasil mengembangkan usahan laundry yang dikelola oleh kelompok pemuda kampung. Usaha ini dapat bertahan dan terus berkembang dengan baik melihat potensi wilayah padat penduduk yang dipenuhi oleh penduduk musiman dari mahasiswa dan karyawan di seputaran kelurahan Pasirluyu. Namun, pengurus KBA ingin mengembangkan lebih jauh lagi pilar wirausaha mengingat kampung Mengger Girang Pasirluyu ini mempunyai banyak potensi usaha yang dapat dikembangkan dengan baik.

Laundry Binaan Astra

Laundry Binaan Astra

Program KBA melingkupi empat pilar, yaitu pendidikan, kewirausahaan, lingkungan, dan kesehatan. Dengan program ini, Astra mempunyai tujauan agar masyarakat Indonesia yang berada di sekitar lingkungan perusahaan Astra dapat berdaya dan produktif. Dari segi pendidikan, tidak ada lagi masyarakat putus sekolah dan buta huruf, lingkungan bersih, tidak ada masyarakat terjangkit penyakit menular dan kurang gizi, dan masyarakat menjadi mandiri dengan berwirausaha.