Just Wanna be a Smart Woman! ^_^

Life, Love, Friendship, Traveling, Money, Financial Planning

Archive for November, 2009

Akhirnya, yang ditunggu-tunggu temen2 keLas genap datang juga…
KULAP, rek…
Setelah semua panitia mempersiapkan semua haL tentang kuLap, akhirnya hari H datang juga…
Bukan hanya ilmu yang didapatkan, namun juga kebersamaan…
HIDUP GENAP!!!…

[SebeLum Berangkat]
Sayang, aku ga bisa cerita banyak tentang kejadian sebeLum berangkat, cz harus ambiL konsumsi..
Tapi, yang pasti all panitia bersiap-siap pagi-pagi jam 6.00 WITS (Waktu ITS) di Jurusan Statistika tercinta…
Sie konsumsi sibuk ambiL snack, nasi kotak ma air mineral buat anak-anak…
Yang cowok2 pasang spanduk…
Kalau liat anak-anak kerja gini, rasanya seneng…
Ada pengaLaman Lumayan tidak menyenangkan juga sbg panitia…
Nunggu snack matang di toko roti!!!…
Katanya sich 15 menit, eh ternyata setengah jam lebih…
Berdasarkan jadwal, ada sambutan dari P. Sony, sebagai Kajur…
Tapi, ternyata ga bisa…
Yaw dah, akhirnya cuma Pak Mashuri aja yang sambutan, dilanjutkan foto bareng…
Sayangnya, aku ga bisa ikut foto bareng…
Hikz…Hikz..

[Perjalanan ke UBM]
Kita berangkat…
Naik bus Kalisari dengan kapasitas 60 orang, fasiLitas AC, dan WC juga…
Padahal peserta ga Lebih dari 40 orang…
AlhasiL, kursi banyak yang kosong, terutama yang bagian belakang…
Nyaman deh yang di beLakang, bisa pake kursi semaunya…
Di perjaLanan, yang ditunggu-tunggu, konsumsi snack pun dibagikan…
Sewuan, sewuan…
Kaya asongan aja…
Perjalanan dari kampus ke UBM, ga Lebih dari 1 jam…
Kita datang Lebih cepat dari yang dijadwaLkan…
Akibatnya, harus nunggu bentar…
SambiL nunggu, kita bagiin duLu masker sebeLum masuk pabrik…

[Di UBM]
Kita turun dari bus…
Dengan wajah hampir tertutup masker…
Baris duLu, dua-dua (kaya anak TK aja, red)…
Tangan disemprot kLorin duLu sebeLum masuk pabrik….
Dan satu Lagi, diLarang memotret di daLam pabrik…
Perjalanan ke pabrik pun diLanjutkan…
Pertama, kita masuk ke dalam gudang bahan baku…
Ada terigu BOGASARI (sebut merk ga pa2 ya)…
Tapioka, mentega dll, pokoknya semua bahan biskuit dah…
Selanjutnya, kita diperlihatkan mesin pengaduk adonan…
Gedhe juga mesinnya…
Next, kita masuk ke tempat pencetakan biskuit…
Semua pakai mesin…
Biskuit yang hasil cetakannya masih cacat (bahasa kerennya ”defect”) dimasukkan lagi ke adonan…
Tapi ni berlaku kLo cacatnya bukan karena terkontaminasi bahan Lain…
Abiz tu masuk ke tempat pembuatan wafer…
Lebih gampang cara buatnya…
Lempengan-lempengan wafer dibuat di ruang khusus….
Baru deh di kasih adonan coklatnya, truz dipotong-potong pake mesin…
Jadi deh wafernya…
Muter-muter pokoknya di tempat pembuatan berbagai macam biskuit…
Karyawannya banyak yang ibu-ibu…
Usaha padat karya (kaya di DJARUM)…
Bahkan karyawan di UBM ini punya yeL2..
Mereka ga mau kaLah ma mahasiswa ITS…
Setelah puas muter2 dan cuma bisa mencium aroma biskuit, kita masuk ke ruang meeting UBM…
Membuka ruang meeting, ternyata di meja sudah disiapkan beberapa toples biskuit…
Seeeeeeerbuuuuuuuuuuu…
Eh, ingt rek, kita mahasiswa, sopan dunkz…
Akhirnya kita duduk duLu…
Sambil orang UBM presentasi, kita ngemiL deh…
PenjeLasan tentang proses produksi sampai marketingnya…
Presentasi seLesai…
Ada yang tanya?…
Wah, kritis semua ya banyak yang tanya…
Keren deh keLas genap pokoknya!!!…
Sekarang ganti kita yang balik ditanyai…
Tentang marketing gitu Lah…
Wahhhhhh…
Kita diem aja, secara beLum ambiL riset pemasaran…
Akhirnya, Pak Mas yang jawab…
Jadi maLu..
SeLesai di ruang meeting, kembaLi ke bus dan foto-foto pastinya…
Pak Mas ternyata narcis juga…
Wkwkwkwkwk…
Saatnya kembaLi ke bus dan meLanjutkan perjaLanan…
Ke SOSRO…

[Perjalanan ke SOSRO]
Waru-Mojosari butuh waktu Lebih dari 1 jam…
So, tmn2 pada istrahat duLu…
Banyak yang tidur…
Terutama yang di bagian beLakang, PeWe puoL tidurnya…
NopeL si fotografer pun siap dengan kamera buat temen2 yang pada tidur…
Di perjalanan, semua pada berteriak Laper…
Tapi, cari-cari masjid ato SPBU dLu ni sekaLian shoLat n maem…
Yahhh, ternyata kita terLanjur nyampe di Pabriknya SOSRO..

[Di SOSRO]
Akhirnya nyampe juga di pabrik yang secara ga langsung pernah menghidupiku seLama 3 buLan ini.,.
Wkwkwkwk…
Kita turun dan shoLat duLu…
Aku dan panitia Lain ketemu ma mbak Tita, kita tanya tempat buat maem…
Ternyata ada berita bagus, SOSRO dan menyiapkan makan siang buat kita…
Hore!!!!!!!!!!!…
Berarti makanan kita, disimpen duLu…
SeLesai shoLat, kita disuruh naik duLu ke Galery…
Disambut dengan 4 macam minuman teh botol, tinggal miLih aja yang mana…
Ada TEBS, JoyTea, Fruit Tea dan Teh Botol Sosro (Promosi, rek)….
Di galery dipampang berbagai macam produk SOSRO berbagai rasa, ukuran dan kemasan…
Sejarah tentang SOSRO pun dipajang di sana…
Tapi…
Dasar anak2 narciz, foto-foto trz di sana…
Setelah ke”narcis”an seLesai, kita turun ke bawah ke ruang makan…
Silakan ambil teman-teman, minumnya sekaLian..
Ckckckckck, dapet teh botol lagi…
Setelah dibuka, makanannya maknyus tenan…
Ayamnya disuwir, ada telor asin, krupuk rambak dlll, yang bener-bener ajib…
Langsung deh semua makan dengan Lahapnya, Lha Laper’e…
SeLesai makan pun sempet narcis, dasar anak TK….
Ada yang ngegame juga, cz di ruang makan ada 3 PC dengan game dari SOSRO…
Macem-macem gamenya, ada Joytea Basket, ma … Delivery…
Pantes Lah buat anak SD…
Wkwkwkwkwkwk…

Selanjutnya, kita masuk ke ruang presentasi…
Disambut mbak Tita dengan sLide ‘SELAMAT DATANG’…
Presentasi pun dimuLai, dengan menjelaskan sejarah Teh Botol SOSRO…
Ternyata DJARUM ma SOSRO sama-sama dari Jawa Tengah ya, satu d KUDUS, satu di SLAWI…
Kalau ide kretek dari obat asma, ide teh botol muncul karena promosi…
Sebuah perusahaan teh ingin mempromosikan tehnya dengan metode incip rasa…
Pada awalnya, teh diseduh di pasar tempat promosi…
Namun ternyata banyak pengunjung yang butuh waktu yang lama buat nunggu…
Ada ide baru muncul…
Teh diseduh duLu di perusahaan, baru di bawa ke pasar pake panci…
Tapi, ternyata di jaLan banyak teh yang tumpah…
Nah, akhirnya ada ide yang akhirnya muncul sebagai cikal bakal teh botol…
Teh diseduh dulu, kemudian dimasukkan ke dalam botol beling bekas yang sudah dibersihkan, baru kaLau sudah nyampe pasar, dituang ke gelas2…
SOSRO sendiri berdiri tahun 1974…
Sampai akhirnya sekarang bisa mempunyai 10 pabrik di Indonesia…
Tidak cuma teh yang dipasarkan, sekarang SOSRO juga merambah ke pasar jus dan air mineral…
Di presentasi kita juga disuguhi video animasi pembuatan teh botol…
Tapi lebih jelasnya langsung ke pabrik aja ya…

Sebelum ke pabrik, kita pake topi duLu yach…
OK, next kita masuk ke pabrik…
Ada sebuah ruangan yang berisi tangki-tangki besar sebagai tangki pencampuran dan penyeduhan teh…
Sebagai info aja, di pabrik Mojosari ini baru diproduksi TBS, JoyTea dan TEBS…
Setelah teh diseduh dan dicampur dengan air dan gula industri, teh siap buat dikemas ke botol…
Sebelumnya, botol dibersihkan duLu pake mesin pembersih…
Botol yang sudah dibersihkan pun dicek Lagi kebersihannya, yang beLum bersih ga bisa ikut produksi…
Botol yang sudah bersih pun siap untuk dituangi teh…
Proses pengepakan ini berlangsung pada suhu tinggi untuk sterilisasi…
Botol yang sudah berisi teh pun, Langsung ditutup untuk mencegah kuman masuk…
Teh botol yang sudah jadi pun masih harus di’quality control’ dulu…
Dilihat apakah botol ada yang gumpil, tutup kurang rapat atau volume kurang tepat…
Selain itu, QC juga dilakukan dengan mengambil sampel teh dan diperiksa di laboratorium…

Di pabrik seLesai dan seLanjutnya di Pengolahan Limbah…
Secara garis besar mirip dengan IPAL-nya DJARUM…
Ada koLam indikator yang isinya ikan juga…
Sayangnya, kita ga dikasih ikan bakar…

Muter-muter selesai…
Balik Lagi ke ruang makan, dapat minum Lagi…
Sampe kekenyangan teh…
Wkwkwkwk…
Anak-anak muLai deh fotonya…
Sampe ga enak ma mbak Tita yang udah nunggu…
Di ruang presentasi, dimuLai tanya jawab Lagi…
Kelas genap yang kritis pun kembali beraksi…
Yang tanya dapat souvenir Lho…
Selesai tanya jawab, ada kuis…
Dah angkat tangan berkali-kali ga pernah ditunjuk…
Yaw dah Lah, ga dapet Fruit Tea ma boLpen deh…

Acara pun ditutup, eh KetuPat (BAIM) pun disuruh sambutan…
Lucu kamu, boy…
Wkwkwkwkwk..
Sebelum pulang, kita dikasih oleh-oleh dulu…
Tas SOSRO berisi Fruit Tea Botol 500 ml, Fruit Tea Tetra Pack dan TBS Tetra Pack pLuz note book…
Ga Lupa deh, foto-foto di depan SOSRO…

Thanks to :
– Baim [Ketua Panitia]
– Kadek [Waketupat + Pubdok]
– Nopel dkk [Pubdok]
– Yatik, Ira, Melan dkk [Acara]
– Joni [Transportasi]
– Hasan, Yuyus [Konsumsi]
– Ninin, Benaz [Kestari]
– Ara [Bendahara]
– Dan semua keLAs Genap S1 07
– SOSRO dan UBM atas sambutannya

Sampai ketemu Lagi di SE 2009…
Semoga di DJARUM ya…

Sampai sekarang masih teringat, bagaimana iduL adha di rumahku sewaktu aku masih kecil…
Rame puoL…
Mulai selesai maghrib, anak2 kecil bersiap-siap buat berangkat ke masjid….
Kembang api, petasan bahkan permen pun sudah disiapkan buat takbiran semalaman…
Suara takbirpun bergema dari mana-mana…
Sebelum adzan isya, anak2 pun sudah siap-siap di masjid ataupun mushola…
Ibu-ibu berangkat dengan membawa bungkusan di tangan mereka, ada yang bawa mangkok, baskom (mangkok besar, red)…
Idul Adha benar2 jadi hari raya kedua buat mereka…
Sholat Isya pun selesai dijaLankan…
Semua bersiap di serambi masjid…
Remaja-remaja putri masih malu-malu, mereka pun masih tetap berada di dalam…
Semua hidangan yang dibawa pun diturunkan…
Dilanjutkan dengan sedikit ceramah dan doa bersama…
Akhirnya bertemu lagi dengan Idul Adha…
Makanan pun siap tuk disantap…
Mulai dari serundeng, mie goreng, kering tempe dll…
Enaknya makan bareng-bareng….
Tak lupa, anak2 kecil yang bersiap tuk takbiran, mencari-cari makanan kecil tuk persediaan semalaman…
Yang biasa ditemukan adalah berbagai macam pisang dan berbagai bentuk kue apem…
Kue apem terenak yang biasa ditemukan adalah kue apem dengan bungkus daun nangka dan berisi nangka di dalam apemnya…
Kalau katanya Pak Bondan ”MAKNYUSSSSSSSSSSS”…
Acara makan-makan selesai…
Waktunya bersih-bersih bareng…
Buat persiapan sholat ied…
Serambi yang selesai dipakai makan-makan pun dipel…
Yang keren di sini, kerjanya bareng-bareng…
Pasukan anak-anak kecil pun bersiap tuk bertakbir…
Dari umur 5 th sampai 15 tahunan…
Sampai-sampai sering terjadi rebutan mic, biar suaranya terdengar sampai kemana-mana…
Di awal-awal yang masih-masih kecil, main petasan ma kembang api dulu di luar masjid…
Yang udah agak remaja yang takbiran di dalam masjid…
Kalau udah mulai malam, yang kecil pada tepar…
Yang muda, kadang nggosip…
Mulai jam 12, yang cewek-cewek mulai tidur…
Tinggal yang tua-tua yang meneruskan…
Sebelum adzan subuh, sebagian sudah bangun…
Ada yang sholat sunnah duLu, ada yang nerusin takbir…
Selesai adzan subuh, semua puLang tuk bersiap sholat ied…
Satu kebiasaan, sajadah tidak dibawa pulang, namun ditaruh di shaf paling depan, biar nanti pas sholat ied dapat shaf terdepan…

Sekarang…
Tentu saja berbeda dengan duLu…
Tak terasa ini Idul Adha ke-3 seteLah aku kuLiah di Surabaya…
Sudah dua kaLi, aku merasakan takbir di jaLan…
Karena sampai di rumah tengah malam…
Melewati malam takbiran di kendaraan…
Terakhir, aku melewati takbiran di bus…
Bener-bener lalu lintas yang padat…
Dua jam perjalanan dari kampus sampai terminal…
Di terminal pun, kalau hanya menunggu, siap saja buat dapat bus besok pagi…
Bus pun sudah penuh sebelum parkir di ruang tunggu…
Bahkan banyak orang yang berdiri dan lesehan di dalam bus…
Seperti mudik lebaran saja…
Suasana yang aku rasakan sewaktu sampai di rumah pun berbeda…
Semua tampak lengang…
Sepi, rek….
Seperti tak ada lagi ceria anak kecil sewaktu takbiran…
Kemana Lagi anak-anak remaja di tempatku…
Apa mereka dilarang tuk bertakbir di masjid?…
Atau mereka lebih asyik melewatkan takbir dengan tidur dan sms-an dengan teman-teman mereka…
Apa regenerasi yang diharapkan tidak akan terjadi…
Apa hanya orang-orang tua yang akan tetap bertakbir tanpa ada yang menggantikan mereka sampai mereka tak mampu lagi tuk bertakbir?…
Kemana anak-anak muda sekarang?…

Beswan Djarum DSO Surabaya

Wah…
Ternyata mimpi itu terwujud juga…
Mimpi menjadi seorang Beswan…

Dengan seLeksi yang amat sangat ketat…
Akhirnya terpiLihLah 42 Beswan Djarum dari Surabaya…
Berbagai macam jurusan berkumpuL di sini…
Wah, kereN…
Temen2 yang gokiL…

Semua kan jadi pengaLaman yang tak terLupakan!!!