mengharumkan Indonesia dengan meracik musik.

On September 30, 2009, in Indonesia, motivasi, music, by pujiprabowo

Pernah mendengar kunjungan Presiden ke luar negeri? itu hal biasa. Hal yang luar biasa adalah ketika musik yang diracik dari dalam kamar tidur dapat terdengar ke berbagai penjuru dunia. Tentu saja membawa harum nama Indonesia. Bottlesmoker namanya.

bottlesmoker

Siapa Bottlesmoker? Band elektronik yang digawangi oleh dua personilnya yaitu Anggung Kuy Kay dan Ryan Nobie Adzani. Band asal Bandung ini merupakan salah satu band favorit saya. Bottlesmoker adalah band dengan konsep yang unik. Band ini berdiri di sebuah kamar kost milik Angkuy (Anggung Kuy Kay) yang meracik musiknya dengan bantuan komputer Pentium II 350Mhz dan software Fruity Loops. Band yang sudah memiliki dua album ini merilis albumnya dibawah naungan Neovinyl Records dan Probablyworse Records (netlabel Amerika). Kamu bisa mengunduhnya di profil myspace mereka. Gratis.

Mulai dari berpartisipasi dalam sebuah festival loop yang diadakan IF venue-Friday I’m in Loops (festival yang menjadi trigger Angkuy untuk tetap berkarya, dan mengajak Ryan Nobie untuk menjadi programmer), hingga kemarin baru berpulang dari tur di Malaysia. Tur di 3 kota dan 5 tempat. Band yang mengusung free share dalam penyebaran musiknya ini, mendapat apresiasi yang baik pada turnya kemarin. Banyak penonton yang tidak menyangka band ini berasal dari Indonesia. Karena kualitas yang mumpuni.

bottlesmoker in malaysia

Dalam perbincangan Saya dengan Angkuy belum lama ini, menurutnya hal inilah yang bisa Dia lakukan untuk mengharumkan nama bangsa ini. Ia bangga menjadi bagian keunikan bangsa ini dengan banyaknya keragaman budaya, suku dan ras di bangsa ini. Angkuy sendiri telah menerima banyak komentar dari berbagai orang diluar Indonesia akan Bottlesmoker. Semua beranggapan bahwa musikalitas band-band Indonesia bagus dan kreatif. Terutama Bottlesmoker dengan keunikannya.

Album yang dirilis netlabel luar negeri, tur yang sukses, berbagi musik gratis, diapresiasi dari dalam dan luar negeri tentunya prestasi yang sangat membanggakan bagi Angkuy dan juga para pendengar serta penikmat musik. Menurut Angkuy, musik yang dia bagikan secara gratis bukanlah sebuah strategi melainkan keintiman dalam berbagi. Musik yang dia buat dengan software dan alat unik lainnya membawa dirinya dan musik elektronik Indonesia tidak dipandang sebelah mata oleh orang luar Indonesia.

Band elektronik lainnya seperti Elemental Gaze (salah satu band favorit saya juga) pernah membuka band experimental dari Jepang, Mono, di Malaysia. Elemental Gaze juga pernah mengisi Baybeats Festival di Singapura bersama band elektronik Indonesia lainnya, Agrikulture, RNRM dan Homogenic. Bahkan kini Elemental Gaze bersama Everybody Loves Irene, Koil, White Shoes & The Couples Company, dan Overload Romance menjadi nominasi pada pengahargaan AVIMA 2009, First Indie Music Awards Asia.

Banyak sekali band Indonesia-khususnya indie- yang dapat bersinar dan mengharumkan Indonesia di kancah international dengan segala prestasinya. Seperti The Sigit dan Burgerkill yang melaksanakan tur di Australia, White Shoes & The Couples Company di SXSW festival, Superman Is Dead di Vans Warped Tour 2009, dan masih banyak band-band Indonesia yang berhasil membuktikan bahwa musik Indonesia bisa menjadi salah satu cara untuk memperkenalkan Indonesia.

Ada pula Sandhy Sandoro yang memenangkan kontes penyanyi pop internasional terbesar dan terpopuler di Latvia, NEW WAVE 2009. Dalam salah satu penampilannya, Sandhy Sandoro membawakan lagu When A Man Loves A Woman, Sandhy mendapat sambutan meriah dari penonton dan para juri. Juri memberikan nilai sempurna, 10. Sandhy menjadi juara 1 bersama Jamala (Ukraina) karena nilai akhir yang diperoleh sama. Sandhy menjadi idola dan mengharumkan Indonesia melalui suaranya yang indah.

Dan dengan free+share+music=Love (motto band Bottlesmoker), Bottlesmoker menunjukkan kepada dunia bahwa Indonesia berkualitas dalam musik. Begitupun band-band lainnya yang dapat mengharumkan bangsa dengan karya-karyanya. Band-band ini telah menjadi pengaruh besar di kancah musik, khususnya ranah indie.

Indonesia seharusnya bangga akan karya-karya anak bangsanya sendiri yang telah diapresiasi oleh penikmat musik baik didalam maupun luar negeri. Apa yang dilakukan oleh band-band tersebut adalah hal yang dapat dilakukan demi kemajuan bangsa daripada tidak melakukan sama sekali. Hal kecil yang berdampak besar. Maju terus musik Indonesia.

[bottlesmoker]

http://www.youtube.com/watch?v=fc5e0qa8iYk

[elementalgaze]

http://www.youtube.com/watch?v=tUiDsgVcxbM&feature=related

terima kasih buat Angkuy atas izinnya dalam penggunaan foto-foto diatas.

PujiPrabowo, 30 September 2009.

26 Responses to mengharumkan Indonesia dengan meracik musik.

  1. anky says:

    yes..
    akhirnya ada tmn saya yg bukan dari orang2 itu aja bisa review band2 ky gini!(maaf saya kurang suka kata2 indie)udah trlalu bnyk dipake!hehehe..

    klo diliat dari kualitas band minor ini(baca:indie),dari puluhan band yang udah pernah saya tonton tentunya. emang sebernernya bisa bersaing di kancah internasional. ga usah jauh2, Bandung gudangnya Band!saya hafal betul karakter band mocca. bbrp lama dari situ saya terlibat di event soundshine 2007. saat itu yang jadi bintang tamu sondre lerche sama club 8. saya sempet heran knp yg jadi opening ga ada mocca??pdhl dari rundown script saya liat club8 feat mocca.stelah saya liat club8, ternyta mocca jauh lebih bagus dari club8. mungkin ini yang jadi alesan klo mocca ga jadi openig waktu itu. ga mungkinkan band pembuka maen lebih bagus dari bintang tamu utama?

    bottlesmoker juga menurut saya cukup berkualitas, saya ga tau apa emang bottlesmoker yang bisa kita bilang baru di dunia musik indonesia punya timing yang tepat masuk industri yang sangat keras ini?bayangin pas kita denger lagu di tv yang selalu itu2 aja, nada yg sama, tempo yang sama, cengkok melayu, mendayu-dayu tapi payu!!! bandingin ama musik bottlesmoker contohnya, mereka bisa kasih sesuatu yang baru walaupun ga semua orang bisa nerima itu!

    tadi siang saya baru nntn acara 7ages of rock di bbc knowledge!gmn sebuah band bernama blur bisa menjadi sangat terkenal setelah album ke3. parklife! oassi yang mengguncang dunia am alagu wonderwall, mereka cuma anak muda(pada saat itu)ahahhaa… yang merasa jengah dengan segala macam industri musik yang ada.

    tapi ga tau knp saya selalu ga mau musik ini terlalu diterima, saya pgn klo musik ini cuma dinikmati kaum2 tertentu yang bisa ngerti musik ini sebenernya. bukan gara2 acara tadi yang terakhir2 di era 2000an malah ngupas ttg artic monkeys!jujur saya ga gitu suka sama band itu. ada penurunan kualitas setelah komunitas itu merambah dunia bisnis!biar sedikit ekslusif tapi musisi moal beunghar2!!aahahha.. dilema memang..

    ok.. saya yakin, band2 yang disebut diatas mereka punya kualitas lebih dari band luar negeri lainnya. mungkin the trees and the wild, endah n ressa, efek rumah kaca bisa menyusul band2 diatas, dan saya yakin itu!C.U.T.S??bisa juga..

    we’ll see..
    akhir kata
    “support our local band!!”

    cheers..

  2. pengacarajalanan says:

    Ga banyak warga di dunia ini yang tau tentang Indonesia. Bahkan ga banyak hal-hal di Indonesia yang diketahui oleh warga dunia yang tau dan mengenal Indonesia tersebut.
    Jika boleh berbicara negatif, serta bertanya apa yang mereka ketahui tentang Indonesia, mungkin akan keluar kata-kata miris seperti ini: Teroris, Kemiskinan, Mei 98, Tsunami. Bahkan tidak sedikit warga dunia yang lebih mengenal Bali sebagai suatu negara dibandingkan Indonesia.
    Namun meskipun lebih banyak hal negatif yang diketahui tentang Indonesia oleh warga dunia tersebut ketiban hal positifnya. Sebenarnya terdapat juga hal-hal positif yang mereka ketahui tentang Indonesia meskipun tidak se”booming” hal negatifnya.
    Salah satunya seperti yang dikemukakan oleh penulis blog yang berjudul “mengharumkan Indonesia dengan meracik musik”. ini. Tidak sedikit musisi Indonesia yang memperkenalkan negara tercintanya kepada khalayak dunia di luaran sana. Sungguh suatu hal yang membanggakan.
    Penulis blog ini mengemukakan bahwa terdapat grup-grup musik Indonesia yang mengharumkan nama Indonesia diluaran sana. Kita sebut lagi nama-namanya yaitu, Bottlesmoker, Elemental Gaze, The Sigit, Burgerkill, Superman Is Dead, Agrikulture, RNRM, Homogenic, Everybody Loves Irene, Koil, White Shoes & The Couples Company, dan Overload Romance. Waw sungguh banyak.
    Sungguh banyak musisi Indonesia yang berprestasi diluaran negeri ini. Namun coba kita tanya kepada masyarakat umum negara ini, “apakah sodara/i tau mereka?” dan sebagian besar pasti akan menjawab, “tidak”
    Itulah Indonesia, kebanyakan dari musisi-musisi yang mengahrumkan nama Indonesia diluaran sana tersebut malah tidak dikenal dan tidak disukai oleh pendengar musik di negaranya sendiri. Atau jika boleh berkomentar lebih kasarnya lagi, mereka memang lebih dihargai di luar negeri ketiban di dalam negeri.
    Jadi singkat saja. Para musisi tersebut bermain diluar negeri karena ingin mengharumkan nama Indonesia, atau apa karena memang mereka lebih diterima di luar sana ketiban di negara asalnya sendiri? Karena menurut saya sangat disayangkan apabila mereka lebih memilih menunjukkan karya-karya hebat mereka diluar sana dengan alasan mereka lebih di hargai, ketiban alasan yang benar-benar untuk mengharumkan nama Indonesia.

  3. pujiprabowo says:

    Sebelumnya makasih buat komennya, :)
    ya benar, Mocca bukan menjadi band pembuka karena satu alasan, Mocca mempunyai kualitas sama dengan sondre leche dan club 8, bahkan lebih.
    Menurut saya bottlesmoker band cerdik dengan segala fasilitas yang ada untuk menghasilkan karya yang tidak itu-itu saja (Baca: mainstream).
    Banyak sekali band di Bandung, terlebih di indonesia ini yang berkualitas dengan diisi oleh orang-orang muda itu. semoga band-bdan ini semakin diakui eksistensinya di kancah musik internasional. Amin

  4. pujiprabowo says:

    iya, anak muda di Indonesia harus bangkit, kita buktikan, bahwa indonesia bukan hanya negei sejuta bom, tetapi negeri sejuta karya. :)

  5. pujiprabowo says:

    Iya betul, banyak sekali hal negatif untuk menggambarkan negara ini. namun dapat kita lihat banyak hal-hal positif yang dapat membanggakan Indonesia. contohnya adalah karya-karya yang sukses juga diapresiasi diluaran sana.
    menurut saya, mereka diluar sana bermain untuk memperkenalkan karyanya, karena mereka dikenal akan karyanya. kesempatan ini jugalah yang digunakan untuk mereka memperkenalkan indonesia. mereka tidak bisa memaksakan orang untuk menghargai karya mereka, yang jelas mereka menghargai yang menghargai karya mereka. dengan karya mereka, indonesia menjadi terjaga eksistensinya di pentas musik.
    dukung terus musisi Indonesia.

  6. adzaniryanobie says:

    blog yang bisa menjadi perintis bermunculanya para citizen Journalism lainya,.semoga,.,
    tulisan diatas mengangkat tema yang yang menarik.
    namun berbagai komentar menyinggun masalah penerimaan karya anak bangsa diluar negri patut atau tidak,mengharumkan atau tidak,apa tujuanya?,.,menururt saya, mari kita telaah terlebih dahulu,apa yang terjadi di dalam negri. sangat disayangkan realita keberadaan industri musik kita saat ini yang sedang mengalami pergeseran ke arah yang berbeda dengan perspektif kita selama ini, tentunya band2 diatas sulit unutk diterima di dalam negeri. bisa teman2 tengok sendiri apa yang muncul di berbagai media massa saat ini. kita tidak perlu skeptis dan terlalu kritis dengan apa yg tidak sesuai dengan apa yang kita lihat, memang saat ini seperti inilah karya2 anak bangsa di dalam negeri. mari kita hormati segala bentuk karya anak bangsa, apapun itu bentuknya, setidak menarik apapun itu, setidak sesuai apapun itu, karena mau bagaimana pun itu merupakan sebuah karya. dimana proses menciptakan karya itulah yang menjadi dasar penilain kiita, tidak perlu menjadi pertanyaan besar apabila “apakah mereka hanya ingin dihargai diluar, dibandingkan membawa nama harum indonesia?”,.,
    Dengan dihargainya karya kita diluar sana, sudah pasti dan otomatis mengaharumkan negeri sendiri.,.,

    -mari kita berproses dengan karya-

  7. pujiprabowo says:

    wah ada kang nobie, makasih kang komentarnya.
    saya setuju dengan komentarnya, karena proseslah yang tidak dihargai selama ini.
    semangat untuk terus berkarya. :)

  8. r.i.p says:

    musik indonesia asli dari seseorang yang merah darah nya dan putih tulang nya,…
    (lagu kebangsaan)
    begitu juga dengan pembawa musik itu sendiri harus berjiwa sadar kacang yang terbungkus oleh kulitnya,,….
    tp gw yakin band ini akan harum membawa nama baik negara yang di ambang kehancuran ini hahahhahahahahaaaaaaaaa..
    jangan lupa klo udah beken jangan lupa yachhhh……
    hak cipta harus detail
    nanti gmana klo ada yang ngaku2 kaya joe farizal orang malaysia yang gak punya budaya…

  9. pujiprabowo says:

    ya setuju sekali dengan komentarnya..
    makasih komennya mas..

  10. eric says:

    artikel yang bagus

  11. pujiprabowo says:

    makasih mas eric :)
    saya juga banyak belajar dari webzine mas eric, ,

  12. MiiL says:

    suka bgt dee ma era new wave web 2.0 skr… makin banyak aja informasi yang bisa dgalii… jadi lbh banyak belajar…sebenernya c aku ngga gitu ngerti band elektronik satu ini… cm keren deee kreatif bgt. Ntar aku cb denger yia, gmn musiny. Saluuut bwt anak muda yg kreatifnya ngga ada matiny…

  13. ashryrizka says:

    semuanya itu berawal dari hal kecil dan semuanya itu juga tercipta dari sebuah kemauan dan usaha,masalah generasi kita sekarang kurang usaha walaupun sebenarnya ada kemauan yang lebih .kita cenderung malu untuk mengekspresikan ide-ide dan kreasi kita ke publik apalagi ke luar negeri . Dengan artikel ini membuat saya tahu ternyata masih ada generasi-generasi muda yang berjuang menonjolkan eksistensinya kepada dunia dan saya yakin kita juga bisa seperti mereka melalui musik seperti band-band tersebut mungkin ..
    maju terus generasi muda indonesia!
    *artikel yang bagus puji prabowo :)

  14. pujiprabowo says:

    iya nih mil..jaman teknologi maju..asoy..
    dengerin dong..
    buka aja myspacenya..kamu bisa ngunduh lagunya..heueh
    gratis.. :)

  15. pujiprabowo says:

    @ashryrizka :
    maju terus generasi muda indonesia!
    makasih komennya :)

  16. kana says:

    artikelnya keren,,,
    bisa jdi mtvasi untk para musisi indonesia untuk bangkit, jangan pernah menyerah dan terus berkarya untuk mengharumkan nama indonesia tercinta!!!!
    :)))

  17. dinda says:

    orang Indonesia itu ga bodoh koo..
    emang gada juga orang yang bodoh ..
    dan orang Indonesia punya banyak inspirasi yang bisa mengguncang dunia..
    bangunlah generasi muda !

  18. zico desriera says:

    wew. . .
    kaget sumpah. . .
    ternyata selama ini saya orang yang selalu panas saat ngeliat banyak budaya indonesia di akui negara lain, masih sedikit mengerti tentang ke aneka ragaman yang ada di negeri sendiri. . .

    saluut buat semua yang ada diatas . .
    termasuk kau ji, artikel yang pastinya bisa ngebuka mata anak muda indonesia. . .

  19. pujiprabowo says:

    @kana : makasih, iya ini untuk menyemangati para pejuang kita yang telah mengahrumkan nama bangsa,,para musisi kita berkarya untuk mengharumkan nama indonesia tercinta!!!!

    @dinda: yes..gada yang bodoh..
    mari berkarya wahai pemuda..:)

    @zico: iya co, kita disibukkan ama yang lain..hal positifnya gak diliat..bahwa indonesia juga bisa dipandang diluar sana..:)
    makasih co :)

  20. nietz says:

    bravoo..bravooo..
    nah harus diikutin yg kaya gini..
    jadi generasi muda yang membanggakan..
    hheee
    *lanjutkan
    >.<

  21. Aldy Putra says:

    Sebagai Bangsa yang Besar,, kita harus mampu menunjukkan kemampuan kita yang tidak hanya dalam akademik, namun juga musikalitas.. maju terus Indonesia!!

  22. pujiprabowo says:

    @nietz: iya2 bener..musti smangat!!!ayo!!!

    @aldy: banyak banget yang bisa ditunjukkan.. :)

  23. margareta says:

    Halo Puji! Wah, tulisan yang seru dan mengundang perdebatan! :) Memang menarik diperhatikan, kalau kebanyakan musisi Indonesia yang dikenal luas di luar negeri, justru tidak terlalu terdengar di negeri sendiri. Tulisan yang pasti membuka wawasan pembaca!

  24. pujiprabowo says:

    wah..makasih ya mba :)
    iya nih, banyak banget musisi yang sukses tapi kurang mendapat apresiasi disini..
    semoga artikel ini bisa membantu..

  25. idharrez says:

    ayo bikin panas lagi band2 lainnya… saatnya meninggalkan kandang! ;)

  26. pujiprabowo says:

    iya kang idhar, mari bikin panas band2 lainnya..
    sukses buat Ripple Magz nya ya kang :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Before you post, please prove you are sentient.

What is 7 multiplied by 9?