Happy with Stefan Sagmeister – Ideafest 2011

On July 27, 2011, in Indonesia, motivasi, by pujiprabowo

Kebetulan 23 July kemarin perpisahan dengan rekan kantor tempat magang di IdeaFest. Dan kesempatan itu datang untuk menghadiri Ideas Conference yang merupakan konferensi dimana mengundang para pekerja kreatif dari dalam dan luar negeri. Idealisme, kisah sukses dan ide-ide terobosan baru dihadirkan.

Ada 4 bagian dalam konfrensi ini yang dipotong oleh makan siang dan coffee break.

Part 1 yang bertemakan ‘Rock & Roll Idealism’ dimana Glenn Fredly dan Erwin Arnada menjadi pembicara. Glenn penyanyi pop jazz terkenal di Indonesia bercerita tentang musik yang bisa berguna banyak untuk kemanusiaan, memperkenalkan isu global warming, dan kampanye lingkungan. Glenn keluar dari industri musik untuk membuat kreativitasnya tidak terbatasi. Dan hal yang paling baru darinya adalah membentuk trio bersama penyanyi-penyanyi handal seperti Tompi dan Sandy Sandhoro.

Erwin Arnada pembicara selanjutnya, beliau adalah pendiri majalah Playboy Indonesia. Majalah yang sempat menjadi bulan-bulanan salah satu ormas untuk diserang habis-habisan. Semuanya bermuara pada Erwin Arnada yang dijebloskan ke penjara dan baru keluar Juni lalu. Erwin Arnada adalah orang yang berani, pantang menyerah dan pandai membaca peluang. Selain mengepalai beberapa media, beliau juga sempat memegang kendali rumah produksi yang menelurkan banyak fil terkenal seperti Jelangkung, Tusuk Jelangkung, 30 Hari Mencari Cinta, Catatan Akhir Sekolah, Bangsal 13, Alexandria, Jakarta Undercover, dan Jelangkung 3. Menurutnya, beranilah untuk bereksperimen.

Part 2 yang bertemakan ‘Big Challenge On New Digital Media’ dimana acara dikemas menjadi diskusi yang dimoderasi oleh Andy Budiman dan juga menampilkan dua wanita cantik Dian Muljadi dan Sarah Sechan.

Andy Budiman adalah seorang desainer di karir utamanya melayani klien seperti RCTI, Telkom dan beberapa perusahaan lain. Andy Budimanselaim memiliki IDS (International Design School) juga menjadi Vice Chairman FGD forum. Forum yang dibangunnya untuk membuat industri kreatif menjadi lebih baik melalui semangat berbagi.

Dian Muljadi adalah pelopor majalah lifestyle franchise dari luar negeri. Sebagai contoh seperti Cosmopolitan, Elle, Bazzar, Marie Claire dan masih banyak lagi. Beliau yang sekarang dengan Fimela.com-nya memberikan ajakan semangat untuk berekspresi dan mengambil langkah berani.

Sarah Sechan mantan VJ MTV ini bercerita dengan gaya humornya yang khas. Juri Indonesia Mencari Bakat ini bercerita tentang pentingnya perempuan untuk mempunyai ilmu yang banyak, dari mulai mengurusi rumah tangga, suami, anak, pergaulan dan dirinya sendiri. Teknologi kini membuat Sarah bersyukur memudahkan dirinya memperoleh banyak manfaat. Seperti memudahkan membeli buku ataupun membuat posko bantuan bencana dari twitter yang memperoleh banyak penyumbang.

Part 3 yang bertemakan ‘The Rise of Creative Collaboration’ yang menghadirkan Andy F Noya sebagai moderator dan ada M.S Hidayat (Menteri Perindustrian), Sandiaga Uno, Peter F Gontha.

Bagian ini adalah favorit saya, karena selain Andy F Noya yang membawakannya dengan apik, banyak sumber-sumber idola saya seperti Peter F Gontha dengan karyanya seperti RCTI, SCTV, Plaza Indonesia, dan yang paling fenomenal adalah Java Jazz yang mengundang banyak artis papan atas dunia seperti James Brown, Santana, Jasan Mraz, dll. Lalu favorit saya berikutnya adalah Sandiaga Uno, pria berusia 42 tahun ini adalah orang terkaya no 27 di Indonesia versi majalah Forbes. Yang saya salut sama Sandiaga Uno adalah kerendahan hatinya sebagai pengusaha sukses, coba saja follow beliau di twitter @sandiuno. Tips sukses darinya adalah kegigihan dan semangat pantang menyerah. Saya yakin beberapa tahun lagi dia akan menjadi seorang menteri dan mengangkat Indonesia.

Saya belajar dari Peter F Gontah adalah Kreatifitasnya, berani mengambil resiko, berani rugi, jago bernegosiasi, dan kekuatan passion itu akan merubah segalanya.

Part 4 yang bertemakan ‘Long Live Idealism’ yang menghadirkan desainer grafis papan atas dunia, Stefan Sagmeister. Beliau adalah desainer terkenal dunia asal Austria. Stefan pernah merancang desain album beberapa band besar seperti Lou Reed, The Rolling Stones, Aerosmith, dan David Bryne. Stefan pernah meraih Grammy Award tahun 2005, untuk kategori desain sampul box set band.

Stefan Sagmesiter dalam presentasinya selama satu jam itu bercerita panjang lebar tentang the happy designer. Ia yakin jika apa yang dikerjakannya oleh dirinya hanyalah karena dia bahagia sehingga menghasilkan karya yang membahagiakan juga. Menurutnya sebagian besar yang membuatnya bahagia selalu berhubungan dengan kerja desain yang ia lakukan.

Berikut 9 Rules of Being Happy:

1.Think idea freely
2.Traveling to new places
3.Using wide variety of tools and techniques.
4.Working without interruption on a single project.
5.Working on a project that matters to me.
6.Having things come back from the printer done well.
7.Getting feedback from people who seeing your work.
8.Designing project that feel pretty brand new and familiar.
9.Do not participate in pitches.

Dan Stefan senang tinggal di Bali, karena membuatnya Happy. Aaahh so envy, dia mengerjakan hal yang membuatnya happy, hidupnya pun happy.

Semoga Industri Kreatif di Indonesia semakin maju.

Puji Prabowo.

One Response to Happy with Stefan Sagmeister – Ideafest 2011

  1. Jazirah says:

    Bagus nih konfrensinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Before you post, please prove you are sentient.

What color is fresh snow?