Berbagi Mimpi

On August 29, 2012, in Indonesia, inspirasi, motivasi, by pujiprabowo

Tangannya bergetar. Kertas itu diangkat untuk menutup wajahnya. Ucapan salam akhirnya terucap.

“Arti seorang sahabat menurut kami adalah seseorang yang menemani kita baik suka ataupun duka, bisa membantu kita dalam kesusahan, seseorang yang menemaniku..”

Empat orang anak SMP mempresentasikan makna sahabat bagi mereka. Kemudian mereka melanjutkan apa makna orang tua, apa yang diketahui mengenai Indonesia. Anak-anak SMP tersebut membacakan, “Di Indonesia banyak korupsi, banyak sampah-sampah, negara yang kaya akan sumber daya alam namun kurang akan sumber daya manusia, negara islam terbesar di dunia, negara yang dipandang rendah oleh negara lain, angka kesehatannya rendah, dan penduduknya padat.”

Cerita di atas merupakan presentasi dari satu kelompok anak-anak SMP. Kegiatan ini untuk melatih mereka berbicara di depan umum. Terkesan masih malu-malu dan pucat di awal pelaksanaan, kemudian sudah mulai berani tertawa dan berbicara di depan teman-temannya.

Kegiatan ini kami lakukan di Komplek Cimindi Raya, Cimahi. Kegiatan ini adalah penyeimbang dari kegiatan belajar pelajaran sekolah. Matematika, Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia, dan IPA kami selaraskan dengan keterampilan lain seperti motivasi, berbicara di depan umum, bekerja sama, kepemimpinan, kegiatan alam dan keterampilan lainnya.

Inspirasi keterampilan ini saya dapatkan setelah saya sendiri mendapatkan pelatihan-pelatihan keterampilan tersebut dari sebuah beasiswa perusahaan besar nasional. Sama pentingnya bagi anak-anak SMP yang kurang mampu tersebut untuk mendapatkan keterampilan, mindset, dan mental dalam meningkatkan kepercayaan diri dan berpikir positif untuk mengarungi kehidupan.

Selain pelatihan yang diperoleh dari program beasiswa tersebut, saya juga mendapatkan pelajaran-pelajaran dari kegiatan-kegiatan di lingkungan sekitar. Mulai dari kecil sudah diajarkan untuk memiliki tanggung jawab, menjadi pengantar hasil kurban ke warga sekitar saat Idul Adha, memegang acara 17-Agustusan, dan posisi lainnya. Saya berkesempatan untuk mengenal orang-orang, mulai dari berbagai strata ekonomi hingga berbagai usia. Berlatih komunikasi, berjejaring, melatih kepemimpinan, bertanggung jawab, kerja sama dan soft-skill lainnya. Saya merasakan banyak hal positif yang saya dapatkan karena pengalaman masa kecil tersebut.

Berdasarkan pengalaman-pengalaman itu, saya mencoba untuk mengembangkan apa saja yang sudah dilakukan. Sebelumnya, kegiatan les gratis ini terbatas untuk materi pelajaran. Kemudian pengembangan dilakukan untuk memberikan keterampilan lainnya. Saya merasakan harus mengembalikan pengalaman ini kepada anak-anak SMP tersebut. Masa-masa mereka juga harus diberi kesempatan untuk mengembangkan diri, untuk percaya diri mengejar mimpi-mimpi besarnya.

Kondisi-kondisi yang membuat mereka tidak percaya diri mereka sebisa mungkin disingkirkan secara perlahan. Mindset untuk menjadi sukses, sukses untuk menjadi bermanfaat bagi orang lain terus ditanamkan. Percaya akan mimpi-mimpinya, mimpi untuk menjadikan Indonesia Setara. Indonesia yang lebih baik. Indonesia yang bisa lebih berbicara banyak di dunia internasional dengan prestasi-prestasi.

Harapan itu terus muncul. Lingkungan sekitar menjadi kesempatan untuk membantu Indonesia. Masih banyak teman-teman, keluarga-keluarga yang belum berkesempatan. Meningkatnya jumlah golongan menengah tidak menjamin meningkatkan kepercayaan diri dan pikiran positif akan masa depan bagi kalangan yang kurang beruntung. Jangan sampai kondisi kurang beruntung menjadikan mimpi-mimpi dan potensi mereka semua menjadi hilang.

Saat ini, tempat belajar masih meminjam ruangan TPA Al-Quran untuk menampung 10-12 orang. Harapan untuk membangun tempat yang khusus terus bersemayam dalam hati. Berbagai upaya akan coba diwujudkan karena generasi-generasi selanjutnya juga harus mendapatkan kesempatan ini, kesempatan untuk belajar hal yang mungkin tidak diajarkan di sekolah. Sekolah kehidupan?sekolah masyarakat?sekolah kenyataan? Apa pun namanya, sekolah ini hanya ingin membagi pandangan, keyakinan, dan harapan agar Indonesia menjadi lebih percaya diri dan lebih positif pada mimpi-mimpi baiknya.

Memiliki blog yang berisikan cerpen dan puisi membuat saya berpikir untuk sekolah kecil itu. Hingga akhirnya saya memberanikan diri menyusun buku kumpulan puisi dan cerpen. Saat ini buku tersebut sedang dalam proses penggarapan. Buku ini didukung teman-teman seniman lainnya. Rencananya buku akan dicetak sendiri (print dan fotokopi sendiri) sambil menunggu adanya sponsor. Hasil dari keuntungan buku akan dibagikan untuk meringankan biaya sekolah anak-anak SMP tersebut. Agar mereka juga dapat melanjutkan ke jenjang sekolah yang lebih baik. Pada akhirnya, harapan akan terus berkembang agar karya-karya ini dan karya lainnya dapat membangun bangunan sekolah.

Di akhir presentasi, anak-anak SMP tersbut diberikan kertas kecil untuk menuliskan apa yang menjadi harapannya di masa depan:

“harapannya ingin menjadi orang yang lebih baik dari sekarang sampe masa depan dan juga ingin mempunyai keluarga yang utuh.”

“bisa lebih baik, dan berguna bagi banyak orang.”

“ingin menggapai cita-cita dan ingin membahagiakan orang tua.”

“bila nanti aku mati, aku pingin masuk surga bersama semua keluarga dan semua teman-teman biar bisa main-main dan berkumpul di surga, Amin.”

“ingin punya banyak teman dan mengerti saya, dan gak pernah mengkhianati saya.”

Pesan-pesan di atas merupakan beberapa harapan anak-anak SMP tersebut. Semoga harapan-harapan tersebut dapat terlaksana. Banyak hal yang bisa dibagikan mulai dari ilmu, pengalaman, uang dan doa. Masih banyak yang membutuhkan, masih banyak yang belum berkesempatan, semua membutuhkan uluran tangan orang-orang yang lebih beruntung, semuanya demi Indonesia, Indonesia yang Setara.

@pujiprabowo

Tagged with:  

5 Responses to Berbagi Mimpi

  1. johantectona says:

    hemn.. perasaan ini tidak asing dengan anak” SMP itu, aku tahu.. aku yakin mereka adalah bagiand ari kejayaan negri ini.. amin untuk semua cita dan impiannya..

    jii, InsyaAllah aku siap membantu.. sebisa saya mampu, dan jangan ragu kawan.. kebaikan akan menunjukkan jalan.

  2. uji says:

    amin jo, tengkyu banget jo,
    semoga cepat rilis..

  3. Putu agnia says:

    Nice post kang uji :)
    Kalau ada yang bisa aku bantu, tolong kasih tau yaa..
    Sukses terus kang uji..

  4. pujiprabowo says:

    siap putuuuuuuuuuuu,
    tengkyu yaaaaa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Before you post, please prove you are sentient.

what is 6 + 5?