dampak

On September 14, 2012, in inspirasi, motivasi, by pujiprabowo

Setiap orang diberi kesempatan. Dan juga diberi kemauan. Namun kesempatan besar atau kecil akan menjadi kosong nilainya hanya karena kemauan yang juga nol. Kemauan menjadi faktor pengali dari kesempatan untuk membuat dampak yang baik.

Banyak hal yang membuat kemauan menjadi tidak berwujud. Pandangan orang lain selalu menjadi tolak ukur. Mulai dari, “ah itu mah kecil”, “ngapain sih ngerjain yang kayak gitu”, “ah itu sih gak keren”, dan banyak ucapan-ucapan lainnya menjadi pelemah kemauan. Pada akhirnya, tujuan awal untuk membuat dampak yang baik itu menjadi hilang ditelan ucapan orang. Selalu saja apa yang dikatakan orang adalah yang kita ukur, kita lupa mengukur dampak atau impact apa yang telah diperbuat.

Ada yang terlupa, sebenarnya yang menjadi tolak ukur adalah dampak atau impact apa yang telah kita berikan, kemudian kita mengukurnya pada diri kita sendiri, apakah sudah ada peningkatan atau belum dari sebelumnya. Langkah seribu dimulai dari langkah pertama. Perusahaan Apple dimulai dari garasi, mungkin dulu dicemooh karena kantornya hanya di garasi, namun sekarang siapa yang berani mencemoohnya? Dampak yang telah diciptakan oleh Apple sudah begitu besar.

Banyak contoh lain yang dimulai dari hal kecil, namun kemudian diperbaik secara terus-menerus, sehingga dampaknya menjadi semakin besar. Dengan memulai apa yang kita yakini benar, walaupun sedikit, namun lebih baik daripada tidak sama sekali. Langkah pertama memang sangat berat, begitu juga langkah-langkah berikutnya, jauh sangat lebih berat. Namun, setiap langkah akan menyisakan dampak-dampak yang akan menggunung hasilnya.

Dan yang selalu tertanam dalam hati: Sudahkah menjadi dampak yang baik bagi diri dan lingkungan sekitar?

@pujiprabowo

Tagged with:  

2 Responses to dampak

  1. johantectona says:

    Sudahkah menjadi dampak yang baik bagi diri dan lingkungan sekitar? masih in progress om :)

  2. Uji says:

    Semangat, boi!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Before you post, please prove you are sentient.

What is 8 multiplied by 4?