menulis

On September 25, 2013, in kejarAURORA, motivasi, by pujiprabowo

Lomba blog ini kembali mengingatkan, tentang awal-awal berjuang, belajar menulis, mencari inspirasi, dan bagaimana menyambung kata-kata menjadi sebuah kalimat yang berhubungan. Menarik karena mengingatkan saya kepada perjuangan menulis dulu, betapa sulitnya merangkai kata-kata.

Dulu sewaktu SD, menulis mungkin adalah hal yang dibenci oleh saya, bagaimana tidak, jangankan menulis, untuk membuat kalimat terasa sulit sekali pada awalnya. Berkali-kali Ibu saya mengajarkan apa itu subjek, predikat, objek dan kata pengantar. Berulang kali juga saya mengalami kebingungan menempatkan dimana kata-kata itu harus berdiri. Hampir di setiap pekerjaan rumah bahasa  Indonesia, saya kesulitan untuk menyusun kalimat dengan baik dan benar.

Seiring waktu berjalan, secara perlahan bahasa itu mulai tersusun. Lumayan membaik saat menjadi vokalis band di SMA. Nyanyi baru belajar, begitupun dengan membuat lagu. Pada saat itu, band indie di Bandung begitu banyak, berisikan band-band yang membuat dan membawakan lagunya sendiri. Dan band saya saat itu pun ingin berkarya. Permasalahan kembali muncul untuk membuat lirik, karena harus menyusun kalimat-kalimat yang pas dengan aransemen musiknya.

Akhirnya berjumpa dengan platform blog. Mulai di tahun 2006, namun blognya sempat menghilang, karena memang tidak diisi dan tidak tahu mau diisi apa. Lalu di tahun 2009 bertemu kembali dengan blog beswan djarum ini, dan akhirnya mencoba belajar dari blogger-blogger yang sudah malang melintang di dunia internet. Mbak Margie waktu itu bilang, “tulis aja dulu, nanti akan menemukan sendiri ciri khasnya seiring banyaknya postingan”, sehingga nanti akan muncul topik atau gaya menulis yang mana yang paling enjoy untuk dilakukan.

Lalu, muncul lomba blog yang pertama kalinya. Keikutsertaan dengan ekspektasi yang tidak terlalu tinggi. Namun, memiliki kejutan yang menarik. Perjalanan yang mengantarkan ke panggung silatnas. Ceritanya ada di sini, sana dan situ. Waktu terus bergulir, ngeblog yang tadinya hanya untuk melatih menulis, sudah berubah menjadi kebiasaan yang menyenangkan. Saya menemukan kenyamanan saat menuliskan puisi atau cerpen di blog.

Bertahun-tahun dari awal menulis blog itulah, akhirnya di akhir tahun 2012, saya mencoba membukukan cerpen dan puisi yang ada di blog, dibantu oleh teman-teman seniman lain, bukunya berjudul au.ro.ra. Buku ini juga memberikan pengalaman yang luar biasa besarnya, keseluruhan hasil penjualan inilah yang menjadi titik awal bangunnya Ruang Imajinasi @kejarAURORA di Bandung. Alhamdulillah tempat yang berdiri awal maret 2013 ini masih berjalan. Ternyata menulis di blog dapat sedikit memberikan nafas untuk kejarAURORA.

Pelajaran dan pengalaman yang luar biasa dari blog beswan djarum ini. Wadah menuangkan imajinasi, wadah yang mau mendengarkan hati melalui kata-kata, wadah yang bersedia ditumpahkan isi pikiran. Inspirasi selalu datang dari diri sendiri, tentang pertanyaan-pertanyaan, tentang semangat, tentang mimpi, dan tentang apa yang panca indra rasakan. Tulisan yang terlihat remeh, malah memberikan arti. Tulisan yang dianggap tak penting, malah menjadi penting bagi sebagian orang. Setiap karya pasti ada penikmatnya sendiri.

Selamat berlomba teman-teman beswan djarum. Dengarkan kata hati dan perbanyak inspirasi. Tetap menulis, karena imajinasi dapat membawa ke tempat-tempat yang tidak terduga.

pujiprabowo.com

One Response to menulis

  1. Rissa Devina says:

    setiap karya pasti ada penikmatnya sendiri~

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Before you post, please prove you are sentient.

what is 3 + 9?