Discover, Learn, and Share
Saturday August 24th 2019

Bendungan Batutegi yang Mempesona

Ini bukan tulisan seorang backpacker atau travelista, hanya seseorang yang ingin berbagi cerita, tentang takdir yang membawanya ke tempat-tempat yang tidak terduga, ini dia kisah perjalanan nusantara

Ini merupakan tulisan ketiga dari rangkaian Perjalanan Nusantara kita. Melalui 2 tulisan sebelumnnya tentang Keindahan desa Kedaton dan Air Terjun Gangsa kita sudah melihat keindahan yang ada di Kabupaten Way Kanan, Lampung. Nah, untuk tulisan ketiga ini saya masih ingin mengajak para pembaca sekalian menjelajahi keindahan yang ada di Lampung. Kali ini kita akan menuju Kabupaten Tanggamus. Ini merupakan kisah saat saya mengunjungi Bendungan Batutegi.

Bendungan Batutegi berlokasi di Kecamatan Talang Padang, Kebupaten Tanggamus, Lampung. Untuk menunjukkan dimana tepatnya lokasi bendungan ini, mari kita lihat melalui Google Maps..

New+Picture Bendungan Batutegi yang Mempesona
Yang bertanda “A” pada peta adalah lokasi Kecamatan Talang Padang..

New+Picture+(1) Bendungan Batutegi yang Mempesona
Dari Bandar Lampung, perjalanan ke Talang Padang atau tepatnya bendungan Batutegi memakan waktu 2 – 3 jam.

Sebenarnya waktu saya dan seorang teman saya berkunjung ke bendungan Batutegi bukanlah untuk berekreasi. Saat itu kami mengunjungi teman kami yang Bapaknya telah meninggal dunia. Karena lokasi rumahnya yang cukup jauh dari Kampus Unniversitas Lampung, kami baru bisa berkunjung beberapa hari kemudian. Rumahnya terletak di desa Air Naningan. Dalam perjalan kesanalah kami melewati lokasi bendungan Batutegi ini. Dan kami memutuskan saat perjalanan pulang kami mampir sejenak untuk melihat seperti apa bendungan yang konon kabarnya, terbesar di Asia Tenggara. Tentu saja kami sangat penasaran dengan hal ini.

Singkat cerita kami dalam perjalanan pulang dari rumah sahabat kami tadi. Di pertigaan, kami mengambil jalan ke arah bendungan. Saat memasuki komplek jalan menuju bendungan, kami langsung dicegat beberapa warga, namun maksud mereka bukan untuk mencelakai kami melainkan memberikan tiket masuk seharga 3 ribu rupiah per-orang, harga yang cukup murah dan wajar bagi kami. Perjalanan kami lanjutkan melalui jalan aspal yang mulus. Semakin lama, jalan yang kami lalui semakin berkelok-kelok.

Tidak lama kemudian, bendungan batutegi mulai terlihat. Wow! Kami bisa melihat ukurannya yang sangat besar. Di salah satu belokan kami berhenti sejenak, karena kami merasa ini saat yang tepat untuk mengambil gambar.

 Bendungan Batutegi yang Mempesona
Wah, besar sekali ya bendungan Batutegi..

Pemandangan dari sisi atas tempat kami berdiri benar-benar sangat indah, kami pun mengeksplorasi area itu untuk mengambil beberapa gambar lagi..

 Bendungan Batutegi yang Mempesona
Narsis dulu, he..he..

 Bendungan Batutegi yang Mempesona
Ngapain nongkrong disitu?

 Bendungan Batutegi yang Mempesona

Setelah puas melihat dari atas, kami turun kebawah menuju kompleks bendungan. Ternyata cukup banyak warga yang sedang berekreasi disana. Kebanyakan adalah para remaja dan anak-anak sekolah. Sepeda motor pun kami parkir, sudah ada petugas parkir yang siap menjaga disana. Beberapa warung juga siap melayani kebutuhan wisatawan bendungan Batutegi, cukup lengkap deh pokoknya..

 Bendungan Batutegi yang Mempesona

 Bendungan Batutegi yang Mempesona
Istirahat dulu deh..

Bendungan Batutegi sebenarnya difungsikan sebagai pembangkit listrik tenaga air (PLTA) dan juga penyedia air bersih untuk kawasan Kota Bandar Lampung, Metro dan Branti. Wah, ternyata bendungan ini memegang peranan yang sangat vital ya..
 Bendungan Batutegi yang Mempesona
Nah, itu dia PLTA Batutegi..

Penjelajahan kami lanjutkan dengan menyeberang ke sisi lain dari bendungan Batutegi. Jarak satu sisi dengan sisi lain cukup jauh, sekitar 300 meter. Sebenarnya tersedia jalan untuk kendaraan untuk berpindah ke sisi lain, hanya saja itu hanya khusus untuk petugas, pengunjung tidak boleh membawa masuk kendaraan kesana. Terpaksa kami harus rela berjalan kaki menyusuri jalan di tengah-tengah bendungan.Kami kira cukup mudah melaluinya, tapi ternyata cukup membuat capek juga..

 Bendungan Batutegi yang Mempesona

 Bendungan Batutegi yang Mempesona
Jalan ke seberang..

 Bendungan Batutegi yang Mempesona
Nah, ini ni teman saya, serem ya, he..he..

Disisi seberang, kami melihat seperti ada pengatur pintu air disana. Tapi sepertinya kondisinya sudah tidak berfungsi, mungkin fungsinya sudah dialihkan atau kammi saja yang tidak tahu fungsinya, he..he..

 Bendungan Batutegi yang Mempesona
Seperti ada pintu air disini..

Lebih masuk ke dalam lagi lagi kami melihat sebuah tugu atau prasasti. Prasasti yang cukup mengejutkan kami karena ternyata saat pembangunan bendungan ini, telah memakan cukup banyak korban. Tugu/prasasti ini dibuat untuk mengenang dan memberi penghormatan pada pekerja-pekerja yang meninggal saat pembangunan bendungan Batutegi.

 Bendungan Batutegi yang Mempesona
Tugu/Prasasti Korban pembangunan Bendungan Batutegi..

Tapi sebenarnya, hal yang membuat kami tertarik untuk menyeberang ke sisi ini adalah untuk melihat tulisan nama bendungan Batutegi yang memang sangat menonjol. Ini karena ukurannya yang besar, jadi dapat dilihat dengan jelas dari kejauhan. Dan pastinya, kunjungan kami belum lengkap kalau belum berfoto di bawah tulisan ini.

 Bendungan Batutegi yang Mempesona

Setelah capek melihat-lihat, kami pun memutuskan untuk pulang. Kembali kami harus berjalan cukup jauh ke sisi seberang. Belum lagi perjalanan ke Bandar Lampung yang memakan waktu kurang lebih 3 jam. Namun tidak masalah, karena satu lagi keindahan Lampung yang berhasil kami temukan.

 Bendungan Batutegi yang Mempesona
Let’s back home..

Nah, ini merupakan tulisan terakhir dari 3 buah tulisan Perjalanan Nusantara saya. Pada intinya ketiga tulisan saya menghadirkan keindahan-keindahan yang ada di Lampung. Hal ini karena lampung merupakan tempat kelahiran dan rumah saya. Mungkin dari tulisan saya yang tidak seberapa ini teman-teman dan para pembaca sekalian tertarik untuk menjelajahi lagi keindahan dan eksotisme yang ada di Lampung. Masih banyak keindahan lain yang menunggu untuk dijelajahi di Lampung, dan masih banyak lagi keindahan yang tidak ada habisnya untuk dinikmati di segala penjuru Nusantara.

Puji syukur ke hadirat Allah SWT yang menganugerahkan keindahan luar biasa kepada Indonesia..

4 Comments for “Bendungan Batutegi yang Mempesona”


Leave a Comment

Before you post, please prove you are sentient.

what is 2 plus 8?

More from category

Air Terjun Gangsa – Sang Ikon Way Kanan
Air Terjun Gangsa – Sang Ikon Way Kanan

Ini bukan tulisan seorang backpacker atau travelista, hanya seseorang yang ingin berbagi cerita, tentang takdir yang [Read More]

Beauty of Kedaton – Kisah KKN yang tak Terduga
Beauty of Kedaton – Kisah KKN yang tak Terduga

Ini bukan tulisan seorang backpacker atau travelista, hanya seseorang yang ingin berbagi cerita, tentang takdir yang [Read More]

Sekarang Kamu bisa Akses Blog ini lebih mudah dengan alamat: iam.blogmamet.com

Pages

Interesting Sites

Insider

Archives