BUKAN TRAVELLER

Hanya Kebetulan Lewat

Selda wenda seorang siswa SD YPPGI Pyramid sedang berlatih mengibarkan bendera

Selda wenda seorang siswa SD YPPGI Pyramid sedang berlatih mengibarkan bendera

Sebuah bendera merah putih lusuh yang robek pada ujungnya adalah satu hal luar biasa yang menyambutku di SD YPPGI Pyramid. seolah mengucapkan selamat pagi dan selamat datang untuk seorang bapak guru yang entah dari mana. bendera yang dengan gagah berani berkibar di pedalaman Papua.ia sedang menungguku, menunggu seseorang yang akan menaikkannya di pagi hari kemudian menurunkannya di sore hari. bahkan mungkin ia ingin sekali ada seseorang yang menyanyikan lagu Indonesia raya disaat ia dikibarkan. sudah terlalu lama ia sendiri, berkibar sepanjang musim, menahan kencangnya angin dari pegunungan menuju lembah, menahan dinginnya suhu di malam-malam yang panjang.

Anak-anak SD YPPGI Pyramid belum pernah melaksanakan upacara bendera sebelumnya. merekapun tak bisa menyanyikan lagu Indonesia raya. selama ini bendera merah putih robek di halaman sekolah hanyalah pajangan bagi mereka tanpa mereka tahu apa makna dibalik merah dan putih. mereka juga tak pernah tahu betapa berharganya bendera merah putih bagi bangsa kita. perjuangan panjang hingga akhirnya memperoleh kemerdekaan dan kita bisa mengibarkan sendiri bendera tercinta pada 17 agustus 1945. mereka tidak tahu karena selama ini belum pernah ada yang memperkenalkan, sehingga mereka sama sekali tak bisa memaknai merah putih di hati mereka masing-masing.

Mengajak anak-anak kembali ke zaman perjuangan, mengenal sejarah kemerdekaan Indonesia, menghafal dan menyanyikan lirik Indonesia raya dan memulai latihan upacara adalah sebuah PR yang panjang. tak bisa terealisasi dalam satu malam. begitu banyak proses dan metode yang harus kami coba. sebagai awal adalah mengenalkan Indonesia kepada anak-anak. mulai dari nama negara, lambang, bendera, sejarah, bahkan tak lupa para pahlawan yang sudah berjuang demi terbentuknya Republik ini.

Menyanyikan lagu-lagu nasional disetiap pagi sebelum memulai pembelajaran. sebuah langkah awal untuk memperkaya pengetahuan anak-anak tentang lagu-lagu nasional. tentunya dimulai dari Indonesia raya, kemudian lagu-lagu nasional yang lain dengan sesekali mengenalkan lagu daerah terutama yang dari Papua sendiri. mulai dari lirik hingga nada yang harus dikoreksi. sehingga bisa menyanyikan dengan sempurna.

Setiap jumat dan sabtu pagi adalah jadwal latihan untuk pelaksana upacara bendera. latihan upacara bendera berlangsung bukan hari berhari-hari tapi bahkan sampai berbulan-bulan agar ketika pelaksanaan menjadi sempurna.

Bendera merah putih sobek yang menyambutku pertama kali adalah inspirasi untuk apa yang harus aku lakukan selama bertugas di pedalaman Papua ini. bendera inilah yang juga membawa beberapa bantuan untuk anak-anak dan sekolah SD YPPGI Pyramid. mulai dari seragam, sepatu, tas, bola, bendera merah putih yang baru. lewat sebuah postingan foto seorang anak yang bernama Selda wenda yang sedang mengibarkan bendera merah putih di media sosialku yang kemudian menjadi viral diantara teman-teman yang ingin membantu. terimakasih merah putihku.

Before you post, please prove you are sentient.

What is 4 * 2?