Skip to content

January 8, 2012

6

Smartphone Mati Kena Air? Ini Dia First Aid-nya

how-to-save-your-smartphone-add-3

Nggak asing lagi kalau air atau material liquid adalah musuh terbesar untuk semua perangkat elektronik kita. Termasuk mobile phone atau smartphone yang kita miliki. Sekali kena air, entah itu tidak sengaja tercebur waktu  berenang, kena air hujan, atau sekedar terkena tetes air,  kinerja mobile phone atau smartphone akan  terganggu.

Tapi, jangan panik dulu jika dihadapkan dengan situasi seperti ini. Fyi ternyata ada cara-cara khusus yang bisa digunakan untuk pertolongan pertama mengatasi smartphone  saat kena air.  Inilah cara-cara yang bisa dilakukan untuk menyelamatkan smartphone kesayangan kita, sebelum dibawa ke tempat service.

1. Matikan smartphone secepatnya

Walaupun sederhana, tapi mematikan smartphone secepatnya saat terkena air adalah hal yang sangat penting. Karena semakin lama smartphone dalam keadaan online maka, lebih besar kesempatan kelembaban yang disebabkan air membuat hardware smartphone cepat rusak.

2. Segera cabut atau keluarkan baterai smartphone (tidak berlaku untuk iPhone)

Pastikan tidak ada lagi listrik yang terhubung dengan smartphone . Segera keringkan baterai dengan blowdryer atau pengering lainnya. Hal ini penting agar baterai tetap aman. Ini berlaku untuk pengguna smartphone yang bukan iPhone. Jika kamu  adalah pengguna iPhone, langsung saja lanjut ke langkah ketiga.

3. Masukkan smartphone ke dalam beras

Sekilas cara ini dianggap konyol, namun ini bukan lelucon lho. Perlu diketahui bahwa beras adalah material penyerap yang sangat baik. Masukkan smartphone  ke dalam mangkok yang sudah diisi satu atau dua cangkir beras dan kuburlah smartphone anda dalam beras tersebut. Tutup mangkok dengan rapat dan biarkan selama tiga hari. Memang waktu yang lama tapi cara ini ternyata manjur untuk menyerap air yang masuk ke smartphone kita..

4. Keringkan LCD dengan blow dryer (jika perlu)

Setelah  tiga hari, beras sudah mampu menyerap kelembaban yang ada di smartphone . Namun jika masih ada air yang tertinggal dan menyebabkan layar  LCD biasanya  berwarna hitam. Jangan panik dulu. Ambil blow dryer dan keringkan lcd selama 15-20 menit, dengan suhu rendah.

Well, itu dia pertolongan pertama yang bisa dilakukan saat smartphone atau mobile phone terkena air. Tapi bukan berarti kinerja smartphone bakal  kembali 100%  kayak  semula ya. Sedikit kerusakan masih mungkin terjadi. Saatnya garansi untuk service beraksi. Semoga sukses dengan cara ini, lain kali lebih hati-hati! (riza)

source : gadget-review.com

Read more from Newsflash
6 Comments Post a comment
  1. tristyantoprabowo
    Jan 13 2012

    handphone kau pernah dua kali nyemplung ke air trus aku buka lgsg keluarin baterainya aku bungkus pake kain alu aku taruh di atas tivi klo gak gitu dihairdryer jg bs koq

  2. rizaroidilamufti
    Jan 13 2012

    bagaimana hasilnya? Manjur ya? wah bisa jadi first aid tambahan :)

  3. gemakusumaputri
    Jan 14 2012

    wiiih perlu diinget nih
    tapi semoga aja ga pernah terjadi deh yaa :))

    salam kenal
    @gemaputri

  4. rizaroidilamufti
    Jan 15 2012

    hahaha thanks mba … salam kenal juga @rdilariza dso sby 27. Tapi kapan-kapan boleh tuh mba dicoba smartphone nya dimasukin air, tapi resiko ditanggung sendiri :D

  5. rizaroidilamufti
    Oct 14 2012

    Hahahahaha ajaib banget tuh hapenya. Iya semoga bermanfaat..Siip pasti aku buka deh blog nya :D makasih udah berkunjug ke sini juga

Share your thoughts, post a comment.

(required)
(required)

Note: HTML is allowed. Your email address will never be published.

Subscribe to comments

Before you post, please prove you are sentient.

what is 4 plus 8?