Skip to content

October 6, 2012

Becak Merah Putih : Bidik Jogja 1

Beberapa waktu lalu, tepatnya pertengahan Juni 2012, saya berkesempatan mengunjungi Kota Yogyakarta, Yeaah Horay Horay. Ya ya ya memang kota yang satu itu nggak ada matinya untuk dikunjungi. Selalu menyenangkan, dan meninggalkan kesan tersendiri di hati para sodara-sodara setanah air. Tapi kali ini sedikit beda, karena vakansi ke Jogja kali ini bermodus Tugas Akhir Semester sebuah mata kuliah yang cukup asik. Fotografi Jurnalistik, yang mengasah kemampuan menjepret yang nggak asal jepret, juga  mengasah kemampuan menulis berita dari foto yang dijepret.

Sebagai Tugas UAS saya dan teman-teman diwajibkan untuk membuat satu halaman koran yang memuat berita dan foto hasil jepretan dan tulisan kami sendiri.  Dan untuk tugas sini,  Yogyakarta jadi pilihan kami untuk hunting foto dan berita.  Hehehe awalnya sih modusnya sekalian pengen liburan tapi yah begitulah seenak-enaknya liburan kalau kemasannya tugas tetap jadi beban. Hahahaa akhirnya jadi boomerang.

Tapi sangat menyenangkan. Karena pada akhirnya vakansi ke Jogja ini  nggak sekedar jalan-jalan, melihat-lihat bule berseliweran, mupeng belanja barang murah atau berfoto-foto narsis di kawasan Keraton Jogja. Tapi lebih dari itu. Mau nggak mau kita harus buka mata, telinga, hidung,  lebih lebar, agar bisa menemukan dan mendapatkan moment-moment menarik untuk diberitakan dan didokumentasikan. Dan ini salah satu hasil buruan  saya! Cerita tentang Becak Merah Putih, Jeng-jeng!

BECAK MERAH- PUTIH

Becak Merah Putih. Foto oleh diri sendiri

Becak Merah Putih. Foto oleh diri sendiri

Becak Merah Putih ini saya temui di kawasan Malioboro. Memang banyak becak-becak yang nggak kalah nyentrik dari ini. Banyak yang dihias juga, tapi ini yang paling menarik mata saya, karena konsepnya Indonesia banget. Catnya merah putih, ada benderanya juga. Waktu saya ngobrol sama Bapaknya, dia bercerita bahwa pengen becaknya tampil beda, konsep Indonesia dipilih sebagai bentuk rasa nasionalisme. Wokee deh Pak!! Saking nyentriknya becak ini juga pernah masuk TransTv looh.. kata Bapaknya sih haha.

Lesson : Saya akui Pengemudi Becak di sana nggak cuma asal cari uang nganter penumpang, fyi mereka punya integritas sama profesi yang digeluti. Maaf, nggak kayak becak yang banyak saya temui di kota ‘ini’ yang ala kadarnya, dan istilahnya Sukur angger. Becak di Jogja setidaknya sangat terawat, antara satu pengemudi becak guyub satu sama lain dan mereka  menghargai profesi yang mereka jalani itu.

Hasil buruan lain,tetep tentang Becak-Becak yang cihuy

Antar ke Tujuan. Aku potret karena topi bapaknya lucu, entah kenapa  kalau lihat Bapak ini inget reog ponorogo. Nggak tau kenapa haha

Antar ke Tujuan. Aku potret karena topi bapaknya lucu, entah kenapa kalau lihat Bapak ini inget reog ponorogo. Nggak tau kenapa haha

HORE LULUS. Siswa taman kanak-kanak dan kelompok bermain Pedagodia diarak dengan becak untuk merayakan hari kelulusan mereka, buat dapet foto ini saya dan Dina salah satu teman saya harus jauh-jauh naik becak ke lokasi arak-arakan. Total abis!

HORE LULUS. Siswa taman kanak-kanak dan kelompok bermain Pedagodia Yogyakarta diarak dengan becak untuk merayakan hari kelulusan mereka. Buat jepret moment ini saya dan Dina salah satu teman saya harus jauh-jauh naik becak ke lokasi arak-arakan. Kami dengar info soal arak-arakan ini juga dari tukang becak. Becak becak dan becak. Total abis!

HOBI BACA. Di waktu senggang, sambil menunggu penumpang, pengemudi becak yang mangkal di Pintu Selatan Pasar Beringharjo Yogyakarta banyak yang menghabiskan waktu sambil baca. Ini Aseli Candid loo, dan saya terkesan sekali sama moment ini. Mereka paling suka baca berita tentang olahraga.

HOBI BACA. Di waktu senggang, sambil menunggu penumpang, pengemudi becak yang mangkal di Pintu Selatan Pasar Beringharjo Yogyakarta banyak yang menghabiskan waktu sambil baca. Ini Aseli Candid loo, dan saya terkesan sekali sama moment ini. Mereka paling suka baca berita tentang olahraga.

Read more from Uncategorized

Share your thoughts, post a comment.

(required)
(required)

Note: HTML is allowed. Your email address will never be published.

Subscribe to comments

Before you post, please prove you are sentient.

what is 4 in addition to 8?