Entries by saritagillyankartikasari

Labengki, I am Falling in “LOVE”

Sombori

SELAMAT DATANG DI INDONESIA GUE :)

Ini adalah cerita singkat gue selama 3 hari 2 malam berada di bagian timur Indonesia, di Pulau bernama Labengki dan Pulau Sombori salah satu bagian kecil dari negeri tercinta ini. Saat gue nulis kisah ini, gue lagi ada di sebuah kapal penumpang berisikan kurang lebih 15 orang menuju sebuah Blue Lagoon pulau Labengki yang terkenal indah dengan headset terpasang ditelinga yang mengumandangkan alunan biola lagu Indonesia Pusaka kebanggaan kita. Ditemani pula dengan cuaca yang cerah tak terkira, semuanya yang sedang asik dengan dunianya dan gue asik dengan dunia gue, menari diatas keyboard laptop ini.

FullSizeRender 18

Selamat Pagi Indonesia dari ujung pulau!

Gue tergelak menikmati pagi yang sunyi tanpa cahaya, bukan ia enggan untuk datang tapi lampu telah padam saudara. Labengki. Pernah mendengar nama ini? Di telinga gue saat itu masih asing, sangat-sangat asing. Gue harus mengetiknya di sebuah hanphone yang katanya tercanggih pada jamannya untuk mengetahui dimana sebenarnya letak labengki ini berada. Ia berada di ujung timur Sulawesi Tenggara. koordinatnya? mungkin bisa lo lihat di sebuah situs pencarian terbesar di dunia itu…

Sungguh tak terbayang kenapa gue bisa kemari? Ke pulau yang tidak pernah gue dengar namanya ini, kepulau yang tidak pernah gue tau keberadaannya ini. Seorang teman mengajak gue untuk kemari bersamanya setelah beberapa minggu yang lalu ia pergi kesana berpetualang sendiri. Ia bernama Pakde (panggilan gue buat dia), saat pertama kali dia ngajak gue,  gue ngga bisa ikut gabung karena harus ke Jogjakarta bersama beberapa orang yang penting dalam hidup gue yah.. anggaplah begitu ya, dan akhirnya si Pakde ngajak gue lagi untuk kesana ngerayain Tahun baru sekalian. Pakde sempat cerita and ngirim  video ke gue lewat whatsapp tentang pengalamannya disana, bagaimana kondisi anak-anak disana yang katanya masih belum lancar baca dan nulis. Bayangan gue hanya sampai situ, karena gue tidak pernah membayangkan lebih dari bayangan gue di film laskar pelangi.

and than he hypnotize me…

Saat gue sampai disana, belum sampai kapal kami berlabuh si Pakde itu memanggil sebuah nama “IKRA”, nama seorang anak kecil yang tinggal menetap disana. Si Pakde pun berkata “Kakak sudah kembali, gimana sudah bisa mengaji?” si Ikra pun berlari menyambut kami saat kapal yang kami tumpangi ini merapat di dermaga. Itu adalah pertama kalinya gue melihat Ikra dan gue jatuh hati, sangat. Ia anak yang polos, bahkan bukan hanya Ikra yang menyambut kami beberapa anak kecil yang ada disekitar Ikra dan mungkin itu kawan-kawan dari Ikra pun menyambut kami dengan senang dan bahagia. Salah satu khas dari Ikra yang tidak akan gue lupa setiap kami memanggil namanya Ikra selalu ia akan menjawab dengan “Iyeeee” . Dan kalo udah banyak yang manggil namanya dia akan kesal dan berkata “ Capek mi dipanggil-panggil terus”. hahaha. Kami Bahagia sekali, seperti di hargai dan sangat-sangat dihargai disini. Pukul 1 siang kami bersandar di dermaga Pulau Labengki Kecil, tempat yang akan kami tinggali selama 3 hari 2 malam berikutnya, melewati akhir tahun yang entah akan seperti apa nantinya. belum bisa gue bayangkan, belum bisa gue terka dan belum bisa di tau akan seperti apa dan bagaimana.

FullSizeRender 20

hari ini 31 Desember 2016, hari terakhir di tahun 16 ini. Sesampainya kami di Pulau kami diperintahkan untuk bersiap mengganti pakaian dengan pakaian “ready to swim” anggaplah seperti itu untuk menuju Blue Lagoon yang katanya luar biasa indahnya. Dan itu benar adanya, tidak bisa di ungkapkan dengan kata-kata. Meskipun bila naik kesana butuh perjuangan keras dengan tebing yang tajam, entah dari batuan apa pulau ini dan lagoon ini terbentuk. Bahkan semua pulau disini hampir kebanyakan terbentuk dari batuan ini. Sedikit saja salah menempatkan pijakan entah kulit ini akan tergores sepanjang apa. Kalau mau tau lebih lanjut? Ayo ke Labengki!!

FullSizeRender 19

Sepulang dari berpetualang ke dua spot Indah ala labengki kami kembali pulang untuk membersihkan diri dan bersiap untuk agenda berbagi ilmu. Ikra semacam kapten di tempat ini ia diminta tolong Pakde untuk memanggil semua teman-temannya di Pulau ini. Tidak terlalu luas pulau ini untuk di jelajahi ujung hingga ujung. Oh ya aku lupa memperkenalkan beberapa teman yang ada satu rombongan denganku open trip ini. mereka ada Opi, Enda, Janu, Ila, Dik, Ema, ully dan ada kang ujae plus beserta dengan om akka. Mereka memiliki background yang berbeda-beda tapi mereka sangat luar biasa.

Selepas makan dan sholat isha semua bermula. Kami berkumpul di depan rumah tempat kami tinggal. Sejenak bermain dengan anak-anak, hanya sebagian kecil dari mereka paham apa yang kami ajarkan mungkin. Tapi itu tidak masalah daripada tidak sama sekali, mereka tertawa dan bahagia dengan beberapa permainan kami. Paling tidak akhir tahun kami lebih berarti daripada akhir tahun kami sebelumnya. Paling tidak akhir tahun kami kali ini lebih bermakna daripada akhir tahun kami sebelumnya. Disinilah gue lebih mengenal sosok lainnya yaitu Dimas. Seorang anak Yatim yang ditinggal oleh sang ayah saat masih kecil karena terkena bom ikan. Saat semua mata akan tertuju pada sosoknya. Ia murah senyum sama seperti Ikra namun ikra sangat pemalu berbeda dengan Dimas. Saat gue bertanya “Dimas cita-cita kamu apa?” disela semua sedang asik bermain dengan teman-teman gue yang lainnya. Si Dimas tersenyum teduh ke gue dan berkata dengan sangat pelan “kita tidak punya cita-cita kakak, tapi punya harapan mau jadi brimob”. Rifal yang tidak jauh dari tempat gue menanyakan hal tersebut pada Dimas pun gue tanya dengan pertanyaan yang sama. “Rifal cita-citanya jadi apa?” Rifal malah balik bertanya “Cita-cita itu apa mi? kita punya harapan jadi guru kakak.” Dan seketika itu juga luruhlah sudah airmata ini tak terbendung. bergetar rasanya badan ini. lemah sudah hingga tak dapat rasanya berdiri. Mereka sampai detik ini hanya berharap mereka bisa mencapai semua itu, hanya sebatas harapan, yang entah akan terwujud atau tidak. Pemerintah yang terlihat hanya menengok dengan sebelah mata pun tidak akan pernah mendengar jeritan anak pesisir seperti mereka. Mereka ingin sekolah normal seperti di kota. Bukan sekolah yang hanya 1 minggu setelah itu libur 2 minggu. Dengan tenaga pengajar yang tidak pernah ada di tempat. Dengan tenaga medis yang juga tidak pernah ada. Di umur mereka yang ke 15 tahun mereka sudah menikah, dengan pendidikan paling tinggi hanya sampai SMA itupun hanya 2 orang dan sekolah di kota dan tidak kembali kemari. Ini bukan yang mereka harapkan, bagi kalian yang membaca ini, gue coba untuk mengetuk pintu hati kalian, bersyukurlah dengan kehidupan kalian, dan berterimakasihlah kepada Tuhan yang sampai saat ini masih memberikan kenikmatan lebih dari mereka para anak pesisir. dan bila berkunjung ke Lebengki bawalah buku bacaan anak, buku gambar atau buku tulis, dan juga buku mewarnai untuk dibagi kepada mereka. Mereka juga berhak melihat dunia dan bermimpi setinggi langit, bantu juga mereka untuk mewujudkannya dengan bantuan apapun itu. Mereka adalah bagian kecil dari sebagian besar penduduk di daerah terpencil. Mereka adalah sebagian kecil dari sebagian besar lainnya yang masih tidak tersentuh pendidikan yang layak. Mereka butuh uluran tangan kalian untuk mendapat kehidupan masa kecil mereka, dan masa depan mereka. Malampun berlanjut dengan nyanyian Watermelon yang biasa gue nyanyikan untuk anak-anak di pedalaman sumatera dan kalimantan itupun gue ajarkan kepada mereka. Paling tidak ada sedikit yang gue ingin tinggalkan kepada mereka. Dan untuk menepis pikiran mereka tentang bahasa inggris, yang mana bahasa inggris itu tidak sesusah itu. Siapa yang tau bila suatu saat nanti Labengki akan mendunia dengan keindahan alamnya dan banyak turis asing yang datang, paling tidak apa yang kami ajarkan ini pada malam ini bisa mereka aplikasikan.

Malam penutupan tahun kali ini berakhir dengan bagi-bagi buku tulis, buku mewarnai dan menggambar, serta buku belajar bahasa untuk anak-anak. Semoga bermanfaat ya Adik-adik kesayangan akak.

Pukul 10.30 ternyata hari sudah menjelang tengah malam. Kami pun beralih ke agenda selanjutnya, bakar-bakar. Tahun baru, yah sendiri, jomblo gak jelas,  tapi bersama teman-teman yang menyenangkan ternyata asik juga. Kami mulai dengan ritual bakar jagung bersama anak-anak. Kalau gue? sibuk dengan handphone mencari sinyal yang satu-satunya hanya akan kami dapat jika di dermaga. Dan jangan duduk, sinyal akan hilang saat kami duduk, jadi untuk mendapatkan sinyal yang baik renggangkan tangan, panjangkan setinggi-tingginya ke atas dan sinyalpun akan di dapat meskipun hanya satu dan dua. Dan itu gue lakukan saat gue berusaha menelpon ibu gue dan beberapa orang yang penting. malam pun khidmad dengan sendirinya..

hari berikutnya kami lalui dengan berwisata pada siang harinya ke sombori, snorkling, floating, diving di beberapa spot utama seperti raja ampatnya sulawesi.. lumayan melelahkan, menegangkan dan menyenangkan berkumpul jadi satu. tapi satu kenangan yang tidak akan hilang dari benak gue adalah LABENGKI, IKRA, DIMAS.

Screen Shot 2017-01-16 at 3.06.36 AM

Hari-hari yang kami lalui disini sangat lebih dari kata menyenangkan. kenapa? karena mereka anak-anak pesisir yang ramah menemani setiap harinya. kenapa? karena keramahan penduduk disini sangat dirindukan sepanjang masa. kenapa? karena senyum ini tidak akan pernah kalian dapatkan di kota. Setiap harinya kami bermain dengan anak-anak, berdebat sesuatu hal yang menyenangkan, membahas dan bercerita sesuatu yang patut di ceritakan dan membuat kami tertawa. Dan gue sangat takjub dengan semua itu, gue ingin kembali dan akan kembali. sangat ingin kembali dan akan terus kembali. Gue merasa selama berada disini semua yang ada dihidup gue bahagia seutuhnya, tawa mereka memekakan telinga namun mengasikkan. kalau dibilang gue telah jatuh cinta? iya gue sangat jatuh cinta dengan mereka. dan saat kepulangan kami, Ikra bertanta kepada kami “ kita Jadi pulang mi?”. “mi” adalah bahasa prokem atau imbuhan dalam percapakan yang tidak berarti apa-apa namun tidak bisa dihilangkan. “Jadi toh, siang ini pulang”. dan saat perpisahan itupun tiba. Ikra meneteskan air matanya, dimas sayu dan sendu. Entah saat gue kembali mereka akan mengenal gue dengan baik atau tidak. Tapi gue pastikan gue akan kembali suatu saat nanti untuk Kalian adik-adik.

IMG_2482

Itulah kisah gue selama di Labengki..

Ini kisah gue, mana kisah lo?…

Indonesia “cara” GUE!

Jangan pernah bilang loe jatuh cinta sama negara loe sendiri kalau loe gak tau apa yang ada di dalamnya. Jangan pernah lo bilang kalo loe itu peduli ama negara loe sendiri kalo lo masih hobi plesiran ke negara orang lain dari pada nikmatin dan berbagi di negara loe sendiri. Yang harus loe Tau dan loe pahami adalah, Indonesia itu indah bro! dari segala sisi. Bagaimanapun loe mandang Indonesia  dan dari sudut manapun loe ngeliatnya. Indonesia jauh lebih dari negara yang loe kunjungi dengan pasport serta visa tersebut. gak percaya? Gue punya buktinya buat loe semua betapa indahnya indonesia. Blog gue yang di sebelah bakal gue pindah kesini semua karena kesalahan teknis gue. Dan di blog resmi gue ini, gak hanya bakal berisi cinta-cintaan hidup gue dari hasil curhatan orang-orang di gue. Tapi gue bakal berbagi keindahan Indonesia dari sini, dari tempat ini.

Dan bagi loe semua?

“SELAMAT DATANG DI INDONESIA GUE”

IMG_0496

Kepentok Cinta Si Mas Jogja Part 1

Namaku Tika, usia 24 tahun, bergolongan darah B, ambisius dan sangat keras kepala. Anak pertama dari 3 bersaudara  dan aku adalah perempuan satu-satunya. Aku adalah aku yang sibuk dengan duniaku sendiri, aku adalah aku yang tidak mengenal apa arti lelaki di hidupku ini, aku adalah aku yang belajar menata kehidupan berdasarkan dengan pikiranku dan hatiku sendiri, aku adalah aku yang kini terperangkap dengan duniaku dan menanti seorang yang pantas untuk dinanti. Dan entah kapan itu terjadi.

Pagi buta, di sudut sebuah kota

6 September 2016,

Still alone in my office room, stay with my lovely laptop and flat. Entah hidupku berasa seperti ini. Menjadi seorang manager bukan hal yang mudah untuk di lalui, bukan hal mudah untuk di jalankan, di umur yang seperti sekarang ini aku berubah menjadi seorang yang entah bisa di bilang anti sosial. Bukan hanya untuk di kantor tapi juga untuk dilingkungan sekitarku. Apapun yang terjadi, aku terkadang hanya akan ber “Ohhh” ria dan “Oke” ria. Tapi semua berubah saat aku mulai mengenal Facebook 1 bulan yang lalu. Maaf aku adalah orang yang sangat Gaptek dengan akun sosial dan saat mengenalnya takut akan menjadi sebuah candu. Entah kenapa aku mulai asik dengan dunia maya ku sendiri. Asik mengutak-atik nya. Entah apa fungsi Mark menemukan facebook, mungkin karena dia kesepian sama sepertiku. Atau karena dia tidak memiliki teman sepertiku? entahlah, mari kita menemukan jawabannya bersama-sama. Dan hanya dengan satu klik saja, semua berubah menjadi apa yang bukan kemauan kita.

Hampir 2 jam aku hanya berkutat dengan laptop kesayanganku. Hanya ini yang aku tau dan aku punya, hanya ini yang aku miliki untuk hari ini karena tidak ada satupun hal penting yang harus aku kerjakan. Ber-chat ria dengan kawan yang tidak pernah lagi aku lihat parasnya dihadapanku itulah pekerjaan pada hari ini. Yahh.. Arni dan Tety adalah 2 sahabat karibku yang terpisah hampir 9 tahun lamanya. Arni menyelesaikan S2 nya di Bandung dan Tety sibuk bekerja disebuah perusahaan konstruksi. Jarak, entah apa arti jarak itu kini semua akan bersatu dengan chat di Facebook.

“Arni: Mblo? masih omblo?”

“Tika: Apaansih!”

“Arni: Mblo, sampai kapan? awas jadi perawan tua”

“Tika: Gue butuh calon imam, jadi wajar gue pilih-pilih dan belum nemu!”

“Arni: Mblo, kan ada Ardi, Rahman, Setya, kenapa kamu tolak semua?”

“Tika: Karena aku butuh yang bertanggungjawab sama aku, nyai!”

“Arni: Mblo, semenjak training di Jakarta bahasa mu jadi elo gue di mix sama kopi aku kamuan. ehh.. woles mbak bro, jangan sensitif”

“Tika: Oke, sak karebmu!”*

Dan akupun langsung menutup laptoku begitu saja. Marah? tidak, aku tidak marah dengan beberapa singgungan teman karibku itu. Tapi, hanya merasa risih karena hanya aku di antara mereka yang tidak pernah merasakan nikmatnya masa muda yang dinamakan pacaran. Aku kolot, mungkin iya, tapi biarlah seperti itu. Setiap malam minggu, saat kami memiliki waktu meet up bertiga itu akan menjadi berlima kalian pasti tau kenapa, aku akan menjadi hantu di antara mereka dan pasangan masing-masing.  Poor me! Menjadi butiran debu diantara para berlian. Aku berusaha menyibukkan diri dengan hal lain, handphone. Dunia keduaku. dan akan berlanjut sampai ada pekerjaan menanti.

Sorry

Jikalau bisa aku berlari jauh dari sini. Berlari sangat-sangat jauh. AKu ingin menjauhimu. melepasmu. meninggalkanmu. Aku salah menempatkan diri, sangat salah. anggap saja aku adalah hama pengganggu. Aku tersadar akan satu hal aku merusak persahabatanmu. Maafkan aku yang begitu memujamu, entah kenapa aku bisa seperti ini sampai kedua kalinya. Dalam lingkaranmu. Aku menyesalinya. Aku tidak pernah tau kalau perasaanku ini salah. Maafkan aku, karena aku semua menjadi menyalahkanmu. Maafkan aku karena akulah kamu dalam posisi seperti ini. Aku minta maaf. Tolong terima maafku.

Part Of Me: Shadow

FullSizeRender 8

-Di Sudut Kota Jogja-

Terimakasih atas kehidupan 1,5 Tahun beasiswaku. Aku kembali bersandar padamu untuk menuntaskan dunia persilatan ku ini. Dengan mata yang sembab, Langkah yang lunglai, Tenaga yang telah habis semalam untuk berurai air mata (jangan tanya kenapa). Dengan Gagah berani aku melangkah menghadapi pintu dosen yang sering hilang entah kemana ini. Inginku adalah cepat menyelesaikan masa studiku. Sehingga jika suatu saat aku menikah nanti aku tidak menjadi beban dari pasanganku kelak. Meskipun entah siapa nanti masih menjadi rahasia Tuhan. Tidak hanya itu aku tidak ingin menjadi beban orang tua yang selalu ditanya oleh orang-orang sekitar apakah aku sudah lulus atau belum.

Dan di pojok mesjid ini tak tau kenapa aku memilih masjid ini untuk bersandar dengan Sebuah kisah sedih terurai begitu saja. Entahlah, apa yang kurasakan saat ini adalah sebuah perasaan yang tidak bisa aku ungkapkan dengan kata-kata. Betapa bahagianya seseorang yang begitu mudahnya mendapatkan cinta. Sedangkan diriku? Selalu mencintai seseorang yang memiliki hubungan dengan orang lain. Yang mungkin hancur begitu saja karena ku. Dosa apa yang aku perbuat. Tapi aku tidak pernah mau membohongi perasaanku sendiri. dua kali aku di kejutkan dengan beberapa hal yang sudah aku bayangkan sebelumnya kemarin. Sahabatnya yang menghubungiku, menyuruhku melihat bagaimana kedekatan mereka tentunya dengan masa laluku, apa yang sudah aku hancurkan dan siapa saja yang tersakiti. Tidak hanya itu, pada malam hari sebuah kenyataan mengagetkanku. Sebuah pengakuan yang sudah aku tebak saat memimpikan itu dan berfirasat aneh. akhirnya semua terkuak begitu saja. Tapi apa yang harus aku lakukan? Aku sangat mencintainya, aku sangat menyayanginya. Egoiskah aku Tuhan? 2 bulan aku meminta petunjuk kepada Tuhan agar tidak salah memilih. Mencoba menahan semua perasaan ini, tapi aku sudah lelah menahannya. sangat lelah. Apa yang harus aku lakukan? Rasanya seperti dihimpit 2 tembok besar yang membuatku tak bisa bernafas. Haruskah aku selalu menangisi ini setiap malam pada-Mu Tuhan? Tiap malam aku mengadu meminta petunjukmu untuk memilihnya tapi ini jalan yang harus aku lalui lagi? Aku bahkan selalu memimpikannya, tidak hanya itu tapi membuat aku yakin dengan keputusanku jatuh hati padanya tapi sesakit ini?. Sungguh membuatku sangat terpukul. Hancur dan runtuh pertahananku karena mencintai orang ini. Sangat. Andai dia menyadari betapa besarnya perasaan ini. Andai dia tau. Andai dia mengerti. Tapi, luka ini akan kembali terbuka.

Entahlah, mungkin sudah takdir Tuhan.

Teman-temanku menganggap aku gila, tapi yasudahlah. Ini pilihan dari hidup ku. Karena tidak semua kisah cinta berakhir bahagia seperti dongeng para raja. :)

#bersandarpadawaktu

Mezhora: The Silent

IMG_1098

_May I?_

Aku terikat dalam hukum Newton 1, tak dapat bergerak kearah manapun. Terkunci hingga tak dapat bernafas. Apa yang terjadi padaku adalah apa yang terjadi pada semua orang yang sedang patah hatinya. Sehari kita merasakan yang namanya jatuh hati, dihari yang sama kita merasakan patah hati. Benar-benar hati yang tak dapat dimiliki.

Seorang teman berkata padaku sore ini dengan berapi-api. “Bagaimana bisa lo suka sama orang yang notabene adalah temennya si itu hah? lo pernah ngerasain 10 tahun kayak orang bego! lo gak mikir gimana nasib lo? gak mungkin lah dia mau nerima lo dengan mudahnya dan gue jamin lo gak bakal dapat balasan apa-apa dari dia. mending lo jauhin dia. Kenapa lo gak bilang ke gue dari awal kalo lo bilang dari awal gue gak bakal nyuruh lo bilang perasaan lo?” .

Aku harus bilang apa? Padahal aku baru tau kenyataannya itu di hari sabtu malam. Jutaan kali aku berfikir hingga rasanya kepalaku ini penuh. Ternyata mereka berdua berteman. Apa aku harus menyerah Tuhan? Tapi mengapa aku harus menyerah sedangkan tak ada yang aku perjuangkan? Cukup sampai disini sajakah? Tapi bagaimana aku bisa begitu saja menghilang padahal sekarang ia menjadi teman baikku? Entah perjalanan nanti berbuah kesedihan atau kebahagiaan, akankah ada perpisahan yang manis nantinya? entahlah… Kali ini aku berfikir jutaan kali untuk berdekatan dengannya. Takut semua ini akan bertubi menyakitiku. Fiuhh.. Sesak rasanya. Air mata seakan jatuh dengan mudah ke permukaan bumi. Harus sesakit ini? Jatuh hatiku padanya ku kira akan menjadi obat dalam hidupku tapi kenapa sesedih ini.

Ada jalan keluar?

Beri aku arahan untuk dapat bernafas. Please

_Dalam Temaram malam yang sendu

Full Light: a part of me in the sadness

FullSizeRender 16

_Story Of Me_

Pagi yang kosong kembali menyeruak ke permukaan. Seperti embun yang menempel di sebuah cermin. Seperti hujan yang turun tanpa teman. Seperti langit yang yang menghitam karena mendung. seperti itulah bagian dari hidupku kini. Berjalan melawan waktu sendiri. Berpetualang kesana kemari untuk mencari sebuah senyuman. Yaa.. mungkin kini hanya waktu yang menemani, suatu saat nanti akan berubah menjadi sosok yang di utus Tuhan untuk membantu mengatasinya. Gerimis hujan pagi ini menjadi saksi runtuhnya pertahanan hati ini. entah apa yang harus aku katakan pada dunia kini. Jatuh hati kembali yang menyakitkan. Andai Tuhan tidak menciptakan perasaan mungkin tidak sesakit ini bukan?.

Tidak bermaksud menggurui, namun ini pelajaran yang harus di miliki semua orang. Pelajaran kehidupan untuk semua orang yang berniat untuk memaksakan kehendaknya sendiri. Pelajaran untuk semua orang yang berniat mempertahankan perasaan yang meluap-luap. Pelajaran yang tidak akan pernah didapat di sekolah manapun di dunia. Mungkin semua temanku yang membaca ini akan tertawa membayangkan seorang aku akan jatuh pertahanannya hanya karena ini. Tapi apapun dan bagaimanapun inilah yang terjadi. Tak dapat bangkit, bertahan di sudut ruang dan diam tak memperjuangkan apapun. Terlalu bodoh sih, namun hahahahaha…. biarlah.

Bagaimanapun juga, semua orang sudah sangat pasti pernah jatuh hati. Pernah merasakan Menyukai seseorang. Bahkan sampai mencintai seseorang. Semua orang pun pernah disakiti ataupun menyakiti seseorang. Tapi dari kesemuanya itu jangan pernah untuk menyalahkan waktu. Ketika jatuh hati terhadap seseorang, bersikaplah adil terhadap dirimu sendiri. Hatimu tidak salah, tidak pernah salah. Memperjuangkan hatimu pun tidak salah, namun harus tepat pada waktunya. Tepat jika orang tersebut tepat dan patut untuk di perjuangkan, Tepat jika bersama orang yang tepat! bener gak tuh?… :)

Tapi taukah kalian? Perasaan itu juga tidak selamanya untuk disimpan. Tidak selamanya harus dalam diam. Tidak bermaksud mengajari sesuatu yang buruk, namun tidak baik menyimpan sesuatu sendirian. Tidak baik selalu jadi bayang-bayang di antara orang-orang. Cinta itu soal bagaimana kita menghargainya dan tidak melanggaran peraturan. Jika kamu melanggar itu bukan cinta namanya. Cinta itu soal bagaimana kita merelakan, hal terpenting dari bagian hidup kita. Berbahagialah kalian yang saat ini menemukan bagian dari itu semua dan halal bersama. (ita nyusul entar InsyaAlloh. haha)

Fase Jatuh hati tiap orang memang bermacam-macam dan berbeda-beda namun sebagian besar pasti mendapati fase ini dalam hidupnya. Fase ingin tau, fase ingin kenal, fase ingin bicara, fase jatuh hati, fase menyukai, fase kehilangan,  fase menyayangi satu sama lain, dan terakhir fase cinta. Sampai saat ini seorang aku hanya 2 kali dalam hidup merasakan perkembangan fase tersebut. Dan nasib seorang aku adalah hanya sampai di menyukai dan TIDAK BOLEH lebih dari itu. i am not beauty enough to be a playgirl. hahaha. (kidding). Entah itu sebuah karma atau takdir yang ditulis Tuhan dalam kehidupanku. Dan yang kedua kali itu dengan orang yang berada di lingkaran yang sama ternyata. Aku baru tau dan menyadarinya dan baru saja terjadi beberapa waktu belakangan ini. Poor me!

Tapi aku menemukan sebuah kebahagian di antara segala kesedihan yang aku rasa ini. Kebahagiaannya adalah aku masih bisa menjadi seorang teman baginya meskipun aku sangat-sangat menyukainya. Entah apa alasan Tuhan memberikan perasaan ini lagi dan membuat hidupku mendung lagi. tapi beruntungnya aku , Dia pun masih mau mendengarkan segala curhatan absurdku, masih mau bertukar informasi, masih mau bersabar dengan tingkah serta kelakuanku. Sangat beruntung bukan? Karena perasaan yang bertepuk sebelah tangan itu tidak selamanya menyedihkan. Menjadi bagian dari hidupnya meskipun hanya seorang teman itu cukup  membahagiakan. Meskipun hanya sedikit oang yang mau menjadi sepertiku. Jujur terhadap perasaan sendiri memang tepat, tapi tidak memaksakan kehendak itu lebih dari sekedar tepat. Seperti tulisanku sebelum-belumnya tentang “Mencintai seseorang tanpa tanda tanya”.ya gak? meskipun blog ku yang satu itu hilang entah kemana beserta dengan passwordnya. huft!

Jadi bagi kalian yang sedang jatuh hati terhadap seseorang, tuluslah dengan perasaan kalian. Jika mengungkapan padanya jangan pernah berharap lebih dari hanya mengungkapkan perasaan untuk melegakan hati. Karena ini soal tulus tanpa mengharap balasan apapun. Jika terbalas itu adalah bonus yang diberi Tuhan untuk hidupmu kedepan. Jika tidak? jadilah sorang teman yang selalu ada baginya dimanapun dan kapanpun. Buat dia sadar, kamu sekuat itu dan setulus itu dengan perasaanmu dengan tidak mengkhianati apapun dari itu. Jika ia bahagia dengan yang lain, kamu juga harus bahagia dengan pilihannya. Karena inilah arti sebenarnya dari Jatuh hati. :) sok dewasa banget sih aku ini Tuhan. hahahaha. Tapi itu yang sampai saat ini membuat seorang aku sekuat ini.

Karena aku percaya, ketulusan itu akan berbuah manis di akhir cerita. Tanpa paksaan dan datang dengan sendirinya. Dengan siapapun nantinya :)

Cerita di penghujung November

PSITHURISM


FullSizeRender 12

_Sarita Part Today_

I am come back, setelah kehilangan blog pribadi satunya entah lenyap ke arah mana dan dimana. Aku kembali menambatkan hatiku pada blog ini dengan sarang laba-laba di segala sudut ditambah tragedi LUPA dengan passwordnya malam ini. Selamat datang kembali untuk aku, udah 24 tahun tapi tetep begini saja. Aku sudah terlelah dengan kesendirian? tidak! aku enjoy dan sangat menikmatinya.

Tapi kini aku melakukan sebuah kesalahan yang sangat fatal. sangat sangat fatal. Dan terjadi lagi. Kesalahan itu adalah jatuh hati padamu. Dengan seseorang yang memiliki hubungan pertemanan yang rumit. Andai Tuhan mengerti dan paham. Aku tidak pernah akan mau berada dalam hal tersebut. Aku mulai meratapi renungku. Merangkuh asaku. Aku khilaf mencintaimu, yang diantaranya kamu berada dalam lingkaran hubungan ini. apakah seharusnya aku pergi? mungkin aku harus pergi dari sini secepatnya, menghilang entah kemana, dan entah aku harus seperti apa dan bagaimana. tapi yang harus ku akui di hadapan Tuhan adalah… Aku jatuh hati padamu, hati yang buta ini memilihmu begitu saja tanpa seijinku, tanpa mauku.

Apakah aku harus seperti orang lain? apakah aku harus seperti mereka yang hanya dapat mencintai dalam diamnya? dahulu aku sangat mencintai temanmu lebih dari 10 tahun lamanya dalam diamku hingga kehilangannya. Meskipun semua sudah berlalu dengan ia menyakitiku aku sangat kuat untuk tetap berdiri, tersenyum meskipun terluka. aku tidak pernah tau dan mengerti kenapa aku berada dalam lingkaran itu dan merusaknya, tetiba saja kamu hadir, dan hati itu memilih begitu saja. Bodoh memang, tapi apalah dayaku? Kini aku hanya akan mengungkapkannya dengan kata dalam tiap bait yang aku rangkai meskipun kosong tanpa arti bagimu. Aku seorang perempuan, yang terapuh. Hanya dapat berurai air mata, ketika menyadari ini semua. Itulah mengapa, dan alasan terberat meninggalkan kota ini adalah untuk menjauhimu. Meskipun kamu tidak sekota denganku, tapi lingkaran ini mengikatku tetap berada di tempat yang sama. memandang kenangan lama dan terjerat di kenangan baru. Sepertinya, keputusanku sudah sangat bulat untuk pergi jauh dari kota ini dan tidak kembali lagi. hhmmmm…. mungkin kembali untuk mengenang kepahitan satu demi satu, tapi semoga ini jalan terbaik untuk pergi.  Membawamu dalam kenanganku dan tak kembali SUATU HARI NANTI.

Dalam derai hujan dan gemuruh petir.

dalam tangis diam.

27 November 2016

#mezora.D

What IF……………………………………..

SALAM ON’Ce
Selamat DATANG GALAUERS

GALAU, siapa orang di dunia yang gak pernah ngerasain GALAU, BIMBANG, BINGUNG, PUSING terhadap suatu kondisi atau masalah yang terjadi di kehidupannya dia. Nah, Once adalah salah satu dari milyaran penduduk di Dunia yang pernah merasakan hal yang sama. Sebenarnya apasih fungsi galau itu sendiri, dan apa pengaruhnya di kehidupan kita kedepannya. Once itu menyadari kalau kita itu Galau dalam sebuah kehidupan itu berarti Tuhan sedang memberikan kita cobaan kepada kita atas nama “INTROSPEKSI DIRI”. Once ambil contoh waktu Once Gagal cinta, Tuhan ngasih cobaan buat kita GALAU saat yang terczzziiiinnntaaahh kita itu punya WIL. Kalau orang yang berpikiran pakai hati mereka selalu berfikiran begini “Kenapa sih kamu nyakitin aku terus, aku punya salah apa sama kamu? Aku harus apa? Apa yang kurang dari diriku?”. Hayo loe semua perempuan, Once bener gak?. Hahaha
Nah, disaat kayak gini muncullah sebuah fungsi otak yang lainnya sebagai penenang, dan penalaran agar LOGIKA KITA itu JALAN dan gak buta lalu hanyut dalam ke GALAUAN yang akut. Bagi yang bisa pakai otak dan logikanya waktu galau pasti dia bilang gini “ berarti masa hancur gue sama loe akhirnya berakhir juga, loe ketemu orang yang PANTES buat loe yg udah GAK PANTES buat gue”. Dan saat itu juga masalah SELESAI meskipun move on nya SUSAH.
GALAU itu fungsinya adalah untuk menDEWASAKAN diri kita dari hal yang berbau kebingungan. Galau itu adalah proses menuju kedewasaan pikiran kita. Tapi GALAU itu juga menjebak dan MERACUNI otak kita bagi yang gak bisa pake LOGIKAnya. Fungsi lain dari galau adalah rapuhnya hati kita sendiri, kawan-kawan. Percaya atau gak GALAU yang kalian rasakan itu 80% akan menjatuhkan mental kita, menjadi orang yang merendahkan diri sendiri dan 20% lainnya membuat kalian bisa bangkit dan menatap masa depan.
Pengaruh galau buat kalian semua yang merasakan nya adalah susah makan, susah minum, susah tidur, susah konsentrasi, susah bekerja, susah berbicara, susah segalanya. Ini semua menurut pengalaman pribadi Once. Dan itu jangan kalian ikuti, tidak baik untuk kejiwaan kalian sendiri.
Tips untuk kalian yang sedang GALAU masalah apapun adalah:

1. Dekatlah dengan Tuhan. Percaya atau gak, Once pernah ngalamin sendiri saat Once lagi kesusahan, Once marah sama Tuhan dalam suatu kondisi yang sudah hancur tapi tau gak sih Tuhan itu malah deket sama kita dengan berbagai cara yang dia tunjukkin dan ajaibnya itu BENAR terjadi semua pertolongan menjadi mudah. Dan itu yang membuat kita sadar bahwa, Tuhan itu sayang kita saat kita sedang kesusahan seperti apapun Tuhan selalu ada. Cuma terkadang kita kurang ajar pakai sok-sokan segala ngambek sama Tuhan. Semakin banyak masalah, semakin dekatlah dengan yang menciptakan kita.

2. Cari tempat sharing yang benar-benar kalian percaya bahwa orang tersebut akan memberikan solusi dari masalah yang kamu hadapi sekecil apapun solusi yang ia berikan, jangan sekali-sekali curhat dengan orang yang hanya menjadi pendengar SETIA.

3. STOP Talking di MEDIA SOSIAL APAPUN BENTUKNYA entah itu Twitter, Path, Facebook, Friendster, G+, BBM, Line, Whatsapp waktu kalian lagi GALAU. Medsos itu bukan orang. Kalian bakal malu sendiri kalau masalah kalian bakal di baca orang dan bahkan lebih banyak diketawain banyak orang dari pada diberikan solusi atau sekedar menyabarkan dari permasalahan yang melanda. Once pernah melakukan itu, dan itu SALAH. Kalian tidak boleh seperti itu. tetap ceria lah seperti cerianya kalian di Medsos tersebut dan buktikan kalo kalian kuat gak lemah.

 

Apapun yang pernah On’Ce katakan di BLOG ini berdasarkan pengalaman On’Ce tidak bermaksud menyindir atau menyangkutpautkan dengan orang lain…

 

Salam HANGAT

On’Ce

Nge-DJeKardah (Jakarta Maksudnyeee) Bersama #XL Future Leaders 2

Kamu bisa bayangin atau cuman Once yang bisa bayangin. kamu kuliah Pukul 7 Pagi selesai pukul 13 Siang, namun pada pukul 13 tersebut kamu harus sudah ada di BALIKPAPAN untuk pergi ke JAKARTA. tiket nggak bisa dimundurin nggak bisa dimajuin pilihannya kamu berangkat atau kamu beli tiket sendiri. rada kejem sih yang ngasih tiket. tapi ini kesalahan ada di Once sepenuhnya karena terlalu ONCEEEE!!!! (haduh geleng kepala lah jadinya).
jam 10 teng…
masuk kelas Kardio… santai… kaya dipantai… buka buka buku yang isinya bahasa latin semua… coret-coret nggak jelas…
jam 11…
duduk mulai resah, tengok kanan en kiri kucek-kucek mata, kaca mata di lepas.. pasang lagi…. mata di lepas.. pasang lagi.. (#eeehh kok mata!!), tangan di ketuk-ketuk ke meja, kaki berirama senada.. pusing kepala,,, hati memberontak, jantung bergejolak (lby) perut akhirnya melilit sodara-sodara… sebelah kanan perut mulai menganggu,, kiri pun ikut menyerang DAAAAANNNNNNNNNN Akhirnyaaaaaaaaaaa Jam kelas selesai.
12.15
waktunya masuk ke laboratorium, pake seragam cantik biru-biru…. lebel nama siap, sepatu lab siap, hidung siap (#ngaco), sarung tangan siap, kaca mata siap, mulai praktikum.. MD jelasin di depan dan Once cuman melongo, liat jam yang nempel pas di dinding kampus sera kuning biru ini..
12.20
gelisah, keringat bercucuran kemana-mana padahal itu AC udah POL dinginnya. Once keluar terancam tidak lulus. ONCE ijin gak berani. Once harus bilang apa??????????? TUHANNNN BANTU SAYA!!!!!
12.25
Once harus kuat! Once Harus tabah (jika dikasih nilai pertemuan D) mau tidak mau harus seperti ini.
langkah berani… satu demi satu.. kanan kiri kanan kiri kiri kiri kiri kiri kiri kanan kanan (ehhh)
Tuhan bantu AKU….. tolong SAYA…….
dan aku sudah di depan MD terpaku, terdiam, jadi batu, gulung-gulung kayak sushi.. (mati!)
mulutku akhirnya terbuka… “eeeeeee……………..”
“What Are You doing?” ASLI NI MD buka percakapan duluan.. mampusss dahhh
” Sorry sir,… bla…. bla… bla… (5 menit kemudian)” MD mangut manggut, mengkerut, tersenyum simpul entah karena bahasa Inggris Once yang terlalu malay jadi mboh wes babar blas lahh pokoknye..
“Ok!”
Once jelasin panjang lebar kali tinggi kali conde,kali ciliwung, kali karangmumus macam macam kali cuman dijawabin OKE DOANG.
baiklah.. sabar.. langsung angkat tas, lari nuju ruang ganti baju, gak pake mandi steril INSYAALLAH udara yang dikasih sama Alloh udah steril. keluar dari pintu gerbang kampus. lupa kalo belum absen keluar, ID Card Once lupa kutaro mana wal hasil dipanggil sama penjaga dulu. dan di situ Once sadar Once pakai SEPATU LAB. itu sangat luar biasa kerennya. dan Once MASA BODOH!!!! Once lari menuju MRT terdekat dan nubruk cowo bule ganteng. Once gak jadi panik bahkan terkesima serasa jatuh cinta. udah lupa dah kalo 35 menit lagi bisa bye ini pesawat Silk Air Once!

TO BE CONTINUED