Jersey original vs kawe

November 24th, 2011 by seprisubarkah Leave a reply »

Dalam sepakbola sebuah jersey atau seragam tim memegang peranan penting untuk membedakan sebuah tim dengan tim lawan. Kadang kala sebuah tim memiliki 2 hingga 3 jenis kaos tim dalam satu musim kompetisi.

Dua hingga tiga kaos itu biasanya diberi label seragam utama (home), seragam kedua (away), dan seragam ketiga (third). Mengapa bisa hingga dua atau tiga?? karena mencegah kedua tim menggunakan warna seragam yang sama.

Jadi misalkan seragam utama tim Inter Minal adalah biru, sedangkan seragam utama tim Liverton juga biru. Jika kedua tim bertemu, salah satu tim akan mengalah untuk memakai kaos kedua yang berwarna berbeda dari warna biru.

Dan dalam menyediakan seragam tim, diperlukan sebuah apparel atau penyedia seragam yang bertanggung jawab untuk menyediakan seragam tim disetiap pertandingan tim. Biasanya juga lambang suatu apparel akan muncul disamping kanan depan seragam sebagai pertanda bahwa apparel tersebut mensponsori tim bersangkutan.

————————————————————————————————

Sebagai penggemar sepakbola tentu menjadi wajib hukumnya mengumpulkan seragam tim kesayangan. Mengumpulkan seragam itu sebagai bentuk kecintaan seorang penggemar terhadap tim pujaan, dan biasanya dari musim satu ke musim selanjutnya minimal satu dari tiga jenis kaos tim yang dikumpulkan.

Dalam memilih seragama tim kesayangan, setiap penggemar sepakbola memiliki kriteria tertentu. Ada yang cukup puas dengan seragam murah tidak ber-branded, ada yang senang dengan produk ber-branded namun palsu, dan ada yang harus mengumpulkan seragam tim kesayangan yang ber-branded.

Jadi apa maksud dari ketiga jenis seragam sepakbola yang terakhir disebutkan?? pertama seragam tanpa brand apparel adalah seragam yang banyak dijual di pasar-pasar tradisional atau pinggir-pinggir jalan. Tujuan penggemar sepakbola yang membeli seragam tim berjenis ini biasanya melulu soal harga dan tanpa terlalu khawatir bila digunakan untuk bermain bola/futsal.

Kisaran harga dari seragam sepakbola untuk jenis ini berkisar antara 25 ribu hingga 35 ribu rupiah. Dan berikut penampakan seragam tanpa brand apparel ini :

seragam tanpa brand di sisi kanan

seragam tanpa brand di sisi kanan

Seragam jenis kedua yaitu seragam branded namun palsu bisa juga disebut seragama kawe oleh para pengumpul seragam sepakbola. Seragam ini memiliki brand apparel dan detail seragam mirip dengan original, namun tidak resmi dalam hologram dan pendaftaran kode produk apparel.

Biasanya orang-orang membeli seragam kawe ini karena faktor harga yang lebih murah dari original dan memiliki kesan gengsi yang sama dengan seragam original. Kisaran harga seragam kawe ini antara 150 ribu hingga 250 ribu Rupiah, yang sebagian besar untuk biaya impor dari Thailand (karena seragam kawe dengan detail miri original terbaik memang dari Thailand).

Dan yang terakhir adalah seragam original buatan apparel resmi suatu tim. Seragam jenis inilah yang menjadi objek koleksi para kolektor seragam bola. Selain asli, kualitas yang bagus, dengan mengumpulkan seragam yang asli akan membuktikan kecintaan terhadap tim kesayangan.

Seragam asli ber-branded sangat jarang digunakan untuk aktifitas karena memang ditujukan untuk koleksi semata. Kisaran harga seragam asli seakbola antara 250 ribu hingga mencapai 50 juta rupiah. Kenapa bisa sampai 50 juta?? karena seragam tersebut berada dalam kasta tertinggi menurut kolektor seragam sepakbola (akan dijelaskan dalam tulisan berikutnya).

————————————————————————————————

Lalu timbul masalah ketika kita mendapati dua seragam ber-branded kawe dan original dan tidak bisa membedakan antara keduanya. Disini penting karena banyaknya penipuan menjual seragam branded kawe dengan harga original.

Untuk membedakan seragam kawe dengan original kita harus memiliki dua contoh dengan detail seragam yang hampir mirip seperti dibawah ini.

dua seragam yang hampir mirip, padahal salah satunya kawe

dua seragam yang hampir mirip, padahal salah satunya kawe

Kelihatan dari luar memang serupa, sama-sema kawe atau sama-original. Namun seperti dua kali telah dijelaskan sebelumnya ada perbedaan mendasar yang meliputi bahan seragam, kode produksi, dan harga jual tentu saja.

Perbedaan pertama adalah bahan. Seragam original memiliki bahan dari polyester yang lembut, lebih nyaman dipakai,dan serat yang lebih halus. Sedangkan seragam kawe cenderung agak tebal dan lebih panas, serta sablonan yang agak kurang rapi dari yang original.

Lalu kode produksi. Untuk contoh seragam pada gambar diatas yang menggunakan brand/apparel NIKE (lambang “betul” di sisi kanan) bisa kita lihat kode produksi dari kotak hitam atau black tab di sisi bawah kiri seragam.

Seragam original memiliki semacam hologram di tengah-tengah kotak hitam yang bertuliskan nike security, dan tulisan dalam hologram ini sangat kecil sehingga perlu penerawangan lebih teliti untuk melihatnya. Sedangkan untuk seragam kawe hanya memiliki segaris benang perak ditengah-tengah kotak hitam, dan tanpa hologram.

hologram dan tulisan security pada kotak hitam dibawah kanan seragam

hologram dan tulisan security pada kotak hitam dibawah kiri seragam

Lalu kode produksi lainnya dapat kita lihat pada washing tag/cara pencucian dan logo apparel dibaliknya/logo NIKE. Washing Tag untuk seragam original adalah tiga lembarĀ  sedangkan seragam kawe hanya dua lembar.

washing tag 3 lembar (ka) dan 2 lembar (ki)

washing tag 3 lembar (ka) dan 2 lembar (ki)

Logo apparel dibalik washing tag untuk seragam original berwarna putih lengkap dengan nomor-nomor, sedangkan seragam kawe hanya mencantumkan lambang apparel berwarna hitam, yang terkesan asal-asalan.

Logo apparel dibalik washing tag, putih (ka) dan hitam (ki)

Logo apparel dibalik washing tag, putih (ka) dan hitam (ki)

Dan pembeda terakhir tentu saja harga. Harga seragam original agak lebih tinggi dibanding seragam kawe. Hal tersebut dikarenakan keaslian barang, kualitas, dan royalti yang harus diberikan kepada apparel dari hasil penjualan.

————————————————————————————————

Itu tadi sedikit cerita tentang seragam sepakbola, penggunaan dan jenis-jenis yang beredar di pasaran. Sekarang kembali lagi kepada kita untuk menggunakan yang mana, yang asli,kawe, atau tanpa merk/brand.

Masih banyak hal-hal lain yang bisa dibahas tentang seragam sepakbola mulai dari kasta keaslian suatu seragam hingga cara-cara membedakan seragam asli dan kawe untuk apparel yang berbeda.

Kasta keaslian disini adalah kelas dari seragam asli yang terdiri dari tiga, asli replica, asli player issue, dan yang paling tinggi match worn/match issue.

Apparel yang berbeda, karena pada tulisan ini hanya membahas cara menentukan keaslian seragam sepakbola ber-branded/apparel NIKE. Tentu lain lagi dengan Adidas, Puma, atau Umbro.

Itu semua akan dibahas ada tulisan selanjutnya.

credit to :

Thread Kolektor Baju Bola (TKBB) on kaskus.us

All photographs are self collections

Advertisement

Leave a Reply

Before you post, please prove you are sentient.

What color is fresh snow?