Kasta seragam sepakbola original

November 28th, 2011 by seprisubarkah Leave a reply »

Jika pada dua tulisan sebelumnya telah dibahas tentang membedakan seragam sepakbola asli/original dengan seragam kawe/palsu ber-apparel, maka kali ini akan diceritakan pilihan-pilihan dalam memilih seragam sepakbola asli.

Yah, seragam sepakbola asli memiliki pilihan yang terbagi dalam tiga kasta berbeda, namun sekali lagi tiga kasta tersebut tetap dalam kategori asli. Pembagian kasta ini didasarkan pada kesepakatan tak resmi forum kolektor seragam sepakbola di Indonesia.

Kasta tersebut adalah seragam asli replika/replica original jersey, seragam khusus pemain/player issue jersey, dan seragam bekas dipakai pemain bola dalam suatu pertandingan/match-worn jersey. Yang terakhir disebut adalah yang paling tinggi kasta-nya, sedangkan paling awal adalah kasta terendah.

Parameter yang digunakan dalam menentukan kasta-kasta tertinggi adalah harga beli dan ke-langkaan seragam bersangkutan. Semakin bagus dan langka seragam sepakbola, maka harga seragam bersangkutan bisa menjadi tinggi.

Jadi, inilah kasta-kasta seragam sepakbola tersebut dan cara membedakan antara satu sama lain.

————————————————————————————————

1. Seragam asli replica/Replica original jersey

Seragam original jenis ini adalah seragam yang ditujukan untuk dijual bebas dipasaran untuk para penggemar sepakbola. Tekstur kain yang lebih tebal dari player issue jersey dimaksudkan agar tahan lama, terkait dengan tujuan sebagai koleksi.

Seragam asli replica ini dapat ditemui di toko-toko olahraga atau gerai-gerai apparel dunia yang bertebaran di Indonesia. Dapat juga membeli di toko online, namun harus ingat harus hati-hati dalam membeli dan usahakan di situs yang terpercaya. Siapa tahu nanti malah terbeli jersey ber-apparel yang kawe.

Contoh seragam original replica adalah

seragam asli versi replica merk NIKE (ka) dan ADIDAS (ki)

seragam asli versi replica merk NIKE (ki) dan ADIDAS (ka)

Untuk ciri-ciri seragam asli replica adalah :

Seragam apparel adidas

1. Versi seragam asli replica adidas adalah CLIMACOOL. Tulisan CLIMACOOL dapat ditemukan pada sisi bawah kanan seragam.

2. Bahan lebih tebal dari versi yang dipakai pemain bola, tujuannya agar kolektor seragam sepakbola bisa mendapatkan seragam yang tahan disimpan bertahun-tahun

Seragam apparel Nike

1. Versi seragam asli replica ber-apparel Nike adalah NikeFIT. Tulisan NikeFIT dapat ditemukan pada sisi bawah kiri seragam.

2. Sebelum tahun 2007, versi seragam replica adalah NikeSphereDry. Kekurangan versi ini adalah mudah crack/patah-patah dalam beberapa bagian, terutama sponsor di bagian tengah seragam.  cth sponsor : Fly Emirates di Arsenal.

Untuk kisaran harga, seragam asli replica ini berkisar antara 250 ribu hingga 2 juta rupiah. Spesifikasi seragam asli replica yang membuat mahal diantaranya : ke-langka-an seragam tersebut, ber-lengan panjang/long sleeved, dan aksesoris-aksesoris (patch liga di lengan dan bordir hari pertandingan).

Seragam asli replica termahal yang pernah saya temui adalah seragam klub Arsenal musim 2005-2006 dengan spesifikasi : lengan panjang, patch liga Inggris di setiap lengan, dan dalam kondisi baik. Ditambah lagi dengan langka-nya seragam Arsenal tahun tersebut.

2. Seragam asli dengan spesifikasi untuk pemain/ player issue jersey

Seperti namanya, seragam original ini dikhususkan untuk pemain-pemain sepakbola. Bahannya lebih tipis dari seragam replica karena tujuan kenyamanan pemain dan terkesan adem dalam pemakaiannya. Seragam player issue jarang ditemui di gerai-gerai apparel dunia, namun berjejeran di berbagai situs online.

Anda bisa menemukan seller yang menjual seragam player issue di FJB kaskus, classic football shirts, ebay, subside sports ,dan lain-lain. Seragam player issue menempati urutan kedua dalam kasta seragam sepakbola menurut forum kolektor lebih dikarenakan prestise yang dimiliki seragam player issue.

Kita bisa bayangkan bagaimana seseorang memiliki dan menggunakan seragam dengan spesifikasi yang sama digunakan oleh pemain sepakbola dunia. Seakan-akan kita sendiri adalah pe-sepakbola dunia. :)

Untuk ciri-ciri seragam sepakbola player issue adalah :

Seragam player issue Adidas

1. Versi player issue Adidas adalah Formotion. Tulisan Formotion dapat ditemukan pada bagian kanan seragam.

seragam adidas versi player issue (ki) dan formotion (ka)

seragam adidas versi player issue (ki) dan tulisan formotion (ka)

2. Untuk tahun 2010 Adidas meluncurkan versi baru untuk seragam player issue yang diberi nama Adidas Techfit. Seperti Adidas Formotion, tulisan Techfit dapat ditemukan pada sisi bawah kanan seragam.

Seragam player issue Nike

1. Tidak memiliki tulisan NikeFIT pada sisi kiri seragam.

nike player issue : tanpa tulisan NikeFIT di sisi kiri bawah seragam

nike player issue : tanpa tulisan NikeFIT di sisi kiri bawah seragam

2. Washing Tag tidak berupa lembaran, tapi menyerupai stempel. Stempel ini terdapat di bagian dalam seragam.

washing tag yang berbentuk seperti stempel

washing tag yang berbentuk seperti stempel

Seragam player issue termahal yang pernah saya temui adalah seragam AC Milan musim 2010-2011 dengan spesifikasi : lengan pendek/short sleeved, patch Liga Champions lengkap, versi Formotion, dan masih dalam kondisi baru. Harga seragam tersebut adalah 2,5 juta rupiah.

3. Seragam sepakbola bekas digunakan pemain bola/ Match-worn jersey

Inilah seragam sepakbola yang memiliki kasta paling tinggi dalam forum kolektor seragam sepakbola karena tidak lain tidak bukan adalah bekas dipakai langsung sang pemain sepakbola, umumnya pemain bola dunia.

Sebenarnya match-worn jersey sama saja dengan player issue jersey dalam segi spesifikasi bahan seragam. Namun karena bekas digunakan pemain itulah yang membuat harga makin melambung.

Match-worn jersey tidak dijual di gerai-gerai resmi sepakbola di dunia. Anda bisa menemukannya di situs online seperti ebay, subside sports, atau classic football shirts.

Anda harus berhati-hati bila hendak berbelanja match-worn jersey di ebay karena banyak seller yang mengaku-ngaku menjual match-worn jersey. Bisa dimengerti karena ebay adalah tempat berkumpulnya seluruh pedagang online di dunia dengan latar berbeda-beda. Jadi hanya kepada recommended seller di ebay-lah anda bisa percaya.

Sedangkan untuk subside sports dan classic football shirts dipastikan keasliannya karena situs tersebut telah terpercaya.  Lagipula mereka menyediakan fasilitas uang kembali bila barang tidak sesuai spesifikasi yang diinginkan.

Jersey match-worn yang paling mahal yang pernah saya baca adalah seragam bekas dipakai Lionel Messi saat Barcelona berlaga melawan Real Madrid dengan harga 70 juta rupiah. Selain match-worn, jersey tersebut juga dibubuhi tanda tangan sang pemain terbaik dunia 2010 tersebut.

catatan : bila anda membaca tulisan match-issue jersey di situs-situs online, maka seragam tersebut adalah seragam yang dipersiapkan untuk cadangan apabila terjadi sesuatu pada seragam yang sedang dipakai pemain.

————————————————————————————————

Itulah tadi ulasan tentang tingkatan/kasta seragam asli/original menurut forum kolektor seragam sepakbola. Biasanya untuk mengoleksi seragam-seragam sepakbola tersebut, para kolektor harus menyesuaikan dana dengan seragam yang ingin dibeli.

Dan biasanya juga para kolektor pemula bermain di seputaran original replica jersey, kolektor sesepuh justru mengincar seragam-seragam match-worn.

Sekali lagi hobi mengumpulkan seragam sepakbola tidak mengenal lagi batasan uang dan ruang seperti hal-nya para pelaku hobi lain. Kolektor seragam sepakbola rela hingga keluar uang hingga berjuta-juta untuk mendapat seragam yang diinginkan.

Sekali lagi, inilah hobi..hobi yang sangat terpuaskan bila terpenuhi. So, apakah anda tertarik juga untuk menjado kolektor seragam sepakbola?? :)

Advertisement

2 comments

  1. Bowo says:

    Top bget dech infonya, semoga bermanfaat buat kolektor seragam bola. :)

  2. seprisubarkah says:

    @bowo makasih kunjungannnya mas wo..

Leave a Reply

Before you post, please prove you are sentient.

What is 5 * 5?