Tentang Supercoppa Espana musim ini

August 25th, 2012 by seprisubarkah Leave a reply »

cristiano-ronaldo-544-and-lionel-messi-greeting-each-other-before-a-real-madrid-vs-barcelona-kickoff-in-2012

Setelah kemarin ada Community Shield Inggris, kini ada lagi hajatan Piala Super Spanyol.  Yeah, it’s Supercopa Espana!!. Sebenarnya tajuk turnamen home-away ini hanya sebagai tirai pembuka musim liga Spanyol, namun karena yang bertarung adalah Real Madrid vs Barcelona maka tajuk partai berubah menjadi Supercopa Espana El Clasico.

Sejatinya memang Piala Super Spanyol memang ditujukan untuk menandai pembuka musim liga Spanyol, namun kali ini Liga Spanyol telah bergulir. Jadilah ajang ini sebagai trofi pembuka musim 2012-2013 bagi Real Madrid atau Barcelona. Bagi pecinta sepakbola ini adalah dua kali kesempatan menyaksikan pertarungan fisik, skill, dan mental rivalitas abadi Spanyol.

Tidak seperti di Italia atau Inggris yang melangsungkan satu partai Piala Super, Spanyol menggelar dua partai memberlakukan sistem home-away. Dari situlah pecinta sepakbola dapat menyaksikan dua pertandingan El Classico di awal musim, masing-masing bertempat di Nou Camp dan Santiago Bernabeu.

Lalu kenapa biasanya dilakukan sebelum musim dimulai, sekarang dilangsungkan ketika musim telah berjalan?? simpel karena federasi sepakbola Spanyol memundurkan jadwal terkait hajatan nominasi pemain terbaik Eropa dimana pemain-pemain Real Madrid dan Barcelona mendominasi nomine penghargaan.

Lucunya, UEFA melalui presiden Michel Platini mengamuk karena partai ini diselenggarakan beberapa jam setelah partai Liga Eropa antara Luzern vs Genk. Siapa juga yang mau menyaksikan partai gurem Eropa daripada melewatkan duel seru El Classico Madrid-Barca?? begitu mungkin yang ada di benak Platini.

Dan seperti El Classico-El Classico sebelumnya yang patut ditunggu adalah reaksi Mourinho The Only One versus Tito Villanova sebagaimana mereka beradu di pinggir lapangan Nou Camp musim lalu.

Kala itu Mourinho yang menang karena berhasil “moncolok” mata pelatih Barcelona sekarang, walau Real Madrid kalah agregat 4-5 dari Barcelona.

Nah kali ini di leg 1 Piala Super Spanyol, Villanova yang menang 3-2 atas Mourinho. Alhasil Mou – julukan Mourinho – cuma bisa mengeluh ke media atas kontroversi offside Pedro dan diving Iniesta. Semacam pembalasan pahit dari Villanova??

Belum bisa dipastikan, karena leg 2 masih berlangsung di Santiago Bernabeu, markas Madrid. Menang 1-0 saja pasukan putih-putih telah bisa membawa pulang Piala Super Spanyol, yang artinya dendam Villanova masih terus kesumat.

Kalau Barcelona bisa seri atau menang di leg 2,  dominasi Barcelona dipastikan terus berlanjut di era tiki-taka mereka sejak 2008. Kita nantikan tanggal 30 Agustus nanti.

Advertisement

1 comment

  1. Ditta.w.Utami says:

    Lho, mas sepri gak ikut lomba blog???

Leave a Reply

Before you post, please prove you are sentient.

What is 6 * 5?