Kegiatan Kecil : Lembar Perilaku

March 17th, 2014 by seprisubarkah Leave a reply »

Belum lama ini saya mengadakan kegiatan kecil-kecilan tentang bagaimana perasaan dan emosi anak sebenarnya. Kegiatan tersebut melibatkan deretan pertanyaan-pertanyaan yang melibatkan emosi anak, yang kemudian diberi nama Lembar Perilaku.

Lembar Perilaku (dikembangkan oleh Dr. Michele Borba)

Lembar Perilaku

Lembar Perilaku adalah suatu metode pengembangan diri untuk anak-anak yang diciptakan oleh Dr. Michele Borba, psikolog Amerika. Lembar perilaku sangat berguna untuk pengembangan diri anak dalam hal evaluasi diri, mengekspresikan emosi, belajar mengambil keputusan, serta kontrol diri melalui berpikir sebelum bertindak.

Dalam kegiatan kecil “dadakan” saya ini, terdapat lima anak yang saya pilih untuk mengisi lembar perilaku. Masing-masing anak berusia antara 10-11 tahun, atau kelas 5 SD. Dalam mengisi lembar perilaku tersebut ¬†saya memberi isyarat kepada mereka bahwa tidak perlu mencontek, cukup isi menurut perasaan hati.

Dari kelima anak yang saya beri tugas tersebut, satu anak ternyata tidak bersedia mengisi. Jadi hanya tersisa empat anak yang bersedia. Dan hasilnya? dapat disimpulkan dalam poin-poin dibawah ini.

1. Dari lembar perilaku yang diisi oleh empat anak 10-11 tahun (empat anak tersebut berteman) ternyata memiliki konflik tersembunyi diantara mereka.

2. Dari empat anak, satu anak bermasalah dengan sisi egosime pribadi dan belum matangnya untuk memandang dari sisi orang lain.

3. Dari empat anak, ada satu anak yang memiliki nurani yang baik namun tidak memiliki kepercayaan diri dan ekspresi emosi yang baik.

Foto0141

Lembar perilaku tersebut diatas menyadarkan saya pentingnya perkembangan emosi anak pada masa perkembangan. Lembar perilaku mungkin hanya sebuah coretan di kertas, namun saya berharap mereka setidaknya dapat mengekspresikan emosi mereka serta mengevaluasi diri untuk lebih baik.

Advertisement

Leave a Reply

Before you post, please prove you are sentient.

What has leaves, a trunk, and branches, and grows in forests?