Beswan Djarum

25th2

PT. Djarum sebagai salah satu perusahaan terbesar di Indonesia secara rutin memberikan program tanggung jawab sosial yang dikenal dengan Djarum Bakti Olahraga, Djarum Bakti Lingkungan, dan Djarum Bakti Pendidikan. Nama terakhir inilah yang sering disebut Beasiswa Djarum, orang yang menerima disebut Beswan Djarum.

Sejak awal mula tahun 1984, secara konsisten Djarum Bakti Pendidikan memberi 7000 lebih mahasiswa di seluruh Indonesia pelatihan softskill berupa elatihan mengenai wawasan kebangsaan, pengembangan karakter, kepemimpinan, kreatifitas, serta beberapa kegiatan lain dalam bidang sosial, lingkungan, pendidikan, dan budaya (selain bantuan biaya pendidikan tentu saja).

Tujuannya tidak lain agar para Beswan Djarum kelak bisa menjadi manusia Indonesia yang disiplin, mandiri dan berwawasan masa depan sebagai calon pemimpin bangsa. Belakangan, Djarum Bakti Pendidikan berubah nama menjadi Djarum Beasiswa Plus, namun perubahan ini tidak serta merta merubah maksud dan tujuan dari beasiswa ciptaan PT. Djarum ini.


Tentang Penulis dan Beasiswa Djarum

Saya sebagai admin di blog ini merupakan salah satu alumni penerima beasiswa Djarum angkatan 25 tahun 2009-2010. Saya yang berasal dari Universitas Bengkulu ditemani oleh Dedi Pranata, Wulandari, Slamat Agung Haryadi, dan Veni Rismalia melengkapi 5 orang perwakilan dari Universitas Bengkulu (UNIB).

Sebagai penerima beasiswa Djarum, kami mengalami banyak pengalaman, mulai dari serunya jalan-jalan bersama seluruh teman-teman dari Sabang sampai Manado/Bali, pengalaman outboud bersama, hingga backpacking ke kota-kota di pulau Jawa.

Kegiatan pertama yang kami lakukan sebagai beswan Djarum adalah Silaturahmi Nasional, dari tanggal 14-18 November 2009, bertempat di Semarang. Disini kami berkesempatan bertemu dengan teman-teman dari seluruh Indonesia.

Beswan Bengkulu di Borobudur

Beswan Bengkulu di Borobudur

Silatnas terbagi dalam 4 hari kegiatan, hari pertama adalah hari apresiasi karena kami dibawa ke Candi Borobudur. Hari kedua adalah kunjungan pabrik PT. Djarum dan kebun tanaman milik program bakti lingkungan PT. Djarum. Hari ketiga adalah pelatihan motivasi oleh Yoris Sebastian (enterpreneur) dan Rhenald Kasali (ketua MM UI). Hari keempat adalah hari pengukuhan kami sebagai beswan djarum secara resmi.

Kegiatan kedua kami setelah Silatnas adalah Achievement Motivation Training di Cikole, Lembang, Bandung pada tanggal 18-20 Februari 2010. Di pelatihan ini kami ber-outbond ria selama dua hari. Hari pertama dipenuhi dengan tantangan ketinggian dan tantangan individu, sedangkan hari kedua penuh dengan tantangan kelompok.

AMT 2010, tampak Veni,Wulan, dan saya

AMT 2010, tampak Veni,Wulan, dan saya

Pada prinsipnya, pelatihan ini melatih kerjasama dan insting dalam memasuki pergaulan dalam masyarakat, serta menumbuhkan karakteristik diri sehingga menjadi pribadi dengan karakter yang kuat sebagaimana yang menjadi tujuan Djarum Bakti Pendidikan.

Slamat dan saya di Dare to be a Leader

Slamat dan saya di Dare to be a Leader

Kegiatan ketiga setelah AMT yaitu pelatihan kepemimpinan bertajuk Dare to be a Leader. Kegiatan ini berlangsung dari 11-14 Maret 2010 di kota Bukittinggi, Sumatera Barat.

Kegiatan selama tiga hari ini merupakan pelatihan softskill untuk menumbuhkan jiwa kepemimpinan Beswan Djarum sehingga dapat menjadi pemimpin yang baik dalam komunitas/masyarakat dimana mereka akan terjun nanti.

Selain tiga kegiatan utama tadi, Beswan Djarum memiliki kegiatan daerah yang dirancang Beswan Djarum daerah sendiri sebagai syarat tidak syah untuk menjadi alumni. Beswan Djarum Bengkulu 2009-2010 sendiri mengadakan pelatihan All About Job yang mengambil tempat di ruang rapat utama rektorat UNIB.

Untuk menjadi anggota beswan Djarum sangatlah mudah, anda semua tinggal mengajukan syarat-syarat ke PRIII masing-masing universitas dengan syarat mutlak yaitu semester 5, IPK minimal 3,00 (saat masuk semester 5), dan aktif di oraganisasi apapun.

Kini, Beswan Djarum Bengkulu telah beranggotakan 15 orang sejak dimulai tahun 2008. Semoga Beswan Djarum Bengkulu akan semakin lebih baik lagi ke depannya, amiinn.

*Beberapa dokumentasi lain*

Bersama Beswan Jambi saat DTL

Bersama Beswan Jambi saat DTL

pelatihan DTL sedang berlangsung

pelatihan DTL sedang berlangsung

seluruh Beswan Regional Jakarta

seluruh Beswan Regional Jakarta

saya dan slamat di tangkuban perahu, setelah AMT

saya dan slamat di tangkuban perahu, setelah AMT

AMT kelompok 2

AMT kelompok 2

Veni dan Wulan di pabrik rokok

Veni dan Wulan di pabrik rokok

Slamat di Djarum Bakti Lingkungan

Slamat di Djarum Bakti Lingkungan

saya, slamat, dan wulan setelah seminar om Yoris

saya, slamat, dan wulan setelah seminar om Yoris

Malam pengukuhan Beswan Djarum

Malam pengukuhan Beswan Djarum

Pembukaan Silatnas

Pembukaan Silatnas

Beswan Bengkulu di GOR PB. Djarum

Beswan Bengkulu di GOR PB. Djarum

Leave a Reply

Before you post, please prove you are sentient.

What is 9 multiplied by 4?