19 MayLagu Wajib Nasional, Masih Hafal?

Lagu Wajib Nasional, Masih Hafal?

Waktu SD

pernah bertugas sebagai apakah kamu?(asil4dworld.files.wordpress.com)

pernah bertugas sebagai apakah kamu?(asil4dworld.files.wordpress.com)

Masih ingatkah kita dengan baju putih dan celana/rok merah rapih berdiri setiap hari senin pagi melaksanakan upacara bendera. Ada yang disebut dengan pemipin upacara, Pembina, ketua kelas yang paling kanan pengibar bendera, pembacaan teks pancasila dan lagu wajib nasional.

Dulu banyak dari kita yang dengan antusias,dengan nada yang tepat antusias menyanyikan lagu ini. Lagu Garuda Pancasila: Garuda pancasila aku lah pendukungmu, patriot proklamasi sedia berkorban untukmu…..atau lagu syukur: dari yakinku teguh hati ikhlasku penuh akan karuniamu tanah air pusaka indonesia merdeka…. Lagu hymne guru: terpujilah wahai engkau ibu bapak guru, namamu akan selalu hidup dalam sanubariku, semua baktimu akan ku ukir di dalam hatiku…Lagu Bangun pemudi-pemuda: Bangun pemudi pemuda Indonesia lengan bajumu singsingkan untuk Negara masa yang akan dating kewajibanmu lah….atau yang seperti ini: tanah airku Indonesia, negeri elok amatku cinta tanah tumpah darahklu yang mulia, yang kupuja spanjang masa…coba tebak apa judulnya?

Pesan dari Sang Negeri

Seiring dengan waktu kita yang semakin bertambah, jauh dari kegiatan upacara hari senin karena di universitas tidak adalagi upacara bendera. Ada meamng beberapa seperti politeknik atau sekolah kedinasan/militer. Namun bukan berarti kita lupa kan lagu-lagu ini. Lagu-lagu ini ini adalah satu dari sekian banyak takaran patriotism kita. Bagaimana kita ingat dan mengapresiasi para penggubah lagu seperti H. Mutahar, W.R Supratman, dan lain-lain. Mereka dalah orang-orang besar dari Negeri ini yang mengajak kita untuk ikut berbanga. Sekarang, sudah ingat kembali kan?

Post Tagged with

3 Responses so far.

  1. riski arista says:

    nice post, bro :)
    mnurut aq, menumbuhkan semangat dan jiwa nasionalisme salah satunya memang dengan melatih kepada anak2 (umur msih TK, Sd, Smp, Sma) dengan menanamkan kebiasaan melaksanakan upacara bendera tiap hari senin, dan tanggal2 yang ‘sakral’ untuk mengenang dan memberi semangat nasionalisme misal tgl 17 agustus, dll. dalam upacara bendera misalnya dapat dipahami tentang Lagu Indonesia Raya, selain tidak untuk dihafal, tapi untuk menumbuhkan jiwa nasionalisme dalam artian fase awal, karena Nasionalisme adalah satu paham yang menciptakan dan mempertahankan kedaulatan sebuah negara (dalam bahasa Inggris “nation”) dengan mewujudkan satu konsep identitas bersama untuk sekelompok manusia, nah jika kita dari kecil tidak diajari tentang lagu2 nasional Indonesia, bagaimana kita tahu apa itu Nasionalisme kelak??

  2. uji says:

    saya suka ama lagu syukur :) kalo membahas lagu nasional..heuehue

  3. HENDRI SETIADI says:

    Bla membhas lgu Nasional…
    sya Slalu ingat Kpda Para Pahlawan…
    dan disisi lain… Ingat dengan wktu skolah. dmna hampir smua kgiatan yg berhubungan dgan Rasa Nasionalisme, sya ikuti. krna tu sya Kngen dgn situasi itu.heuh….. kpan bsa kmpul lgi,hehe

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Before you post, please prove you are sentient.

What is 9 * 5?