16 DecKenapa Menonton Pertunjukan Teater?

At Teater Komas Sie Jim Kwie

At Teater Koma's Sie Jim Kwie

Senang sekali bisa tinggal di tengah masyarakat urban Bandung. Di sinilah pertama kali saya mengenal teater. Awalnya lewat mata kuliah Drama, saya disuruh nonton pertunjukan teater di STSI (Sekolah Tinggi Seni Indonesia) di Bandung. Nah, setelah itu jadi mulai rajin nonton. Dan tau spot-spot pertunjukannya. Memang tidak begitu banyak, tapi setiap kali mau ada pertunjukan, pasti ada infonya di kampus. Salah satu teman saya bagian marketing-nya.

Kenapa bagi saya menonton pertunjukan drama/teater itu menarik?

1. Dua jam pertunjukan dialog tanpa teks. Kurang lebih teater menghabiskan waktu dua jam untuk performance dari awal ampai akhir cerita. Salut banget buat mereka yang mampu menghafalnya.

2. Pergantian setting yang sangat cepat. Satu panggung, frame-nya macem-macem dan dipindah dalam hitungan menit, 5 menit at maksimum kayanya untuk mengubah setting malam menjadi siang, istana menjadi hutan, dll. Terkadang mereka menggunakan properti yang sama namun dengan posisi yang berbeda, atau mungkin hanya dengan lighting.

3. Cerita yang diangkat biasanya dihubungkan dengan realita terupdate-nya. Biasanya tema yang diangkat sederhana. Namun pembawan nilai-nilai filosofisnya menyentuh. Pembawaan dialognya tidak seperti sinetron, kata-kata mereka berisi dan “sangat sastra” apalagi dibawakan dengan efek musik yang kadang bikin merinding.

4. Pertunjukannya di gedung-gedung kesenian. Ya kalo di Bandung biasanya di GK Rumentang Siang, Gedung Indonesia Menggugat, STSI, Selasar Sunaryo, Taman Kebudayaan Ir. H. Juanda. Teater menjadi alasan menapa gedung-gedung yang sudah beranjak tua itu tetap dikunjungi, setelah berkembangnya zaman orang lebih memilih pergi ke Mall.

5. Para pemainnya mendedikasikan diri untuk seni, sukarela, meluangkan banyak waktu dan berkomitmen menghasilkan karya yang WOW!!. Kadang mereka tidak mengharao bayaran, kalaupun ada ya mungkin underpaid. Latihan siang dan malam berbubaln-bulan hanya untuk 2-3 jam pertunjukan. Bersyukur kalo ada yang mau membantu membiayai jadi sponsor.

Let’s try to watch it….

Post Tagged with ,

6 Responses so far.

  1. gemakusumaputri says:

    sie jin kwie
    ini pertunjukkan super kece yg pernah gw tonton masyog :D

    menari kita menari..mengejar matahari..
    terektek dung dung terektek dung dung
    lampionnya bikin ngiler, super kece yaa :D

  2. suprayogi says:

    sie jin kwie ini pertunjukkan super kece yg pernah gw tonton masyog :D menari kita menari..mengejar matahari.. terektek dung dung terektek dung dung lampionnya …

    TERETEKDUNG2, sambil goyang2 kepala ala tinatoon. HAHA. iya gem, bantar lg banyak pertunjukan teater di Bandung lhooo

  3. irwansitinjak says:

    ini jadwal pertunjukkannya rutin dan berkala gak mas?

  4. Uji says:

    Ni kapan masyog?

  5. suprayogi says:

    rutin wan, tapi jadwalnya nggak tentu ditanggal berapa

  6. suprayogi says:

    setaun yang lalu kang uji :D

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Before you post, please prove you are sentient.

what is 5 + 3?