03 AugMengintip Budaya Jombang dari Ukiran Meubel

Di tempat yang saya tinggali ini, di Pare, ada kursi yang menarik perhatian saya. Satu set kursi sudut dengan ukiran seperti relief candi. Ini adalah meubel yang dibeli langsung dari Jombang. Jombang memang terkenal dengan kualitas meubel yang tinggi seperti Jepara.

“Ngapain toh gi, koq di foto mbarang?”

Ukirane apik e gung, bercerita”

Ada dua relief kehidupan yang saya tangkap dari ukiran itu, yakni gambaran kerajaan dan kehidupan masyarakat. Digambarkan abdi kerajaan yang menarik dan mengawal kuda yang dinaiki oleh raja. Mungkin ini adalah gambaran Jombang pada zaman kerajaan dulu dimana Jombang adalah pintu gerbang kerajaan Majapahit. Digambarkan pula seorang yang sungkem kepada orang tua. Saya membayangkan sungkem ini adalah sungkem kepada orang tua atas pernikahan sang anak. Mungkin juga sungkem saat Lebaran. Gambaran lainnya berupa ibu penggendong jamu, bapak-bapak yang memikul hasil bumi dan bertani, dan sekelompok orang membawa musik tabuhan.

Kursi Kayu Jombang

Kursi Kayu Jombang

Sebuah meubel menjadi semakin bernilai ketika bisa bercerita melalui ukiran-ukiran yang dibuat, dan menghadirkan banyak cerita masalalu kepada pembelinya.

Post Tagged with

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Before you post, please prove you are sentient.

what is 6 plus 6?