08 OctBrand New Presentation Technique by GYA

“Normal is boring”. Kata-kata inilah yang cukup menggambarkan presentasi-presentasi yang sering kita ikuti. Presentasi di kelas yang umumnya datar, membosankan, dan membuat kita kadang-kadang ingin cepat-cepat keular ruangan. Atau kata-kata pembukaan yang general seperti “selamat pagi, terimakasih atas kesempatannya, saya akan menyampaikan presentasi tentang……”. But, how about this:

  1. Laporan Departemen Kesehatan tahun 2012 menunjukan bahwa 25 juta penduduk Indonesia mengidap Infeksi Saluran Pernafasan Akut. Angka yang sangat signifikan dibandingkan tahun sebelumnya yang hanya 4 juta penduduk. Bagaimana masalah kesehatan ini menjadi semakin parah? Bagaimana langkah pemerintah dalam hal ini. Selamat pagi, saya Suprayogi akan menyampaikan presentasi tentang Penyembuhan Infeksi Saluran Pernafasan Akut. (Showing the surprising fact)
  2. Di Jawa Barat ada Kujang, di Jawa Barat ada Mojang geulis, di Jawa Barat juga ada angklung tapi belum banyak yang tahu kalau di Jawa Barat juga ada batik, batik Jawa Barat. Batik Jawa Barat memiliki corak khas dan motif yang berbeda dengan batik-batik dari Solo, Pekalongan, dan Yogyakarta. Seperti apakah Batik Jawa Barat? Saya Suprayogi akan membawa anda pada cerita 7 menit tentang keindahan ragam batik Jawa Barat. (4 repeated sentences)
  3. Albert Einstein pernah berkata “Hidup yang bermakna adalah hidup yang melayani orang lain” Melayani melayani dan melayani. Tapi seringkali ketika kita bertanya kepada orang lain, hal yang kita dapatkan bukanlah jawaban, melainkan perkataan lain yang mungkin merendahkan kita. Dan seringkali kita mengalaminya di kehidupan perkotaan. Selamat pagi, hari ini saya akan menyampaikan Tinjauan Sosial terhadap interaksi masyarakat perkotaan. (Quotation)
  4. Kemarin pagi anak-anak lingkungan saya sudah berkumpul rapi di rumah. Wajah mereka tampak riang dan wangi anak-anak sehabis mandi pagi. Saya juga sudah siap mengajar. Mereka menunggu saya, tapi mereka tidak mau diajar oleh saya. Mereka menunggu saya karena menunggu laptop saya untuk bermain game. Mereka lebih menyukai laptop saya dari pada saya. Lihatlah, anak-anak sangat antusias dengan teknologi baru. Bayangkan jika di setiap sekolah ada fasilitas ini yang bisa mereka gunakan. Saya suprayogi akan menyampaikan gagasan mengenai computer untuk pendidikan di pedesaan. (Cerita/anekdot)
  5. Now singing “When I see your face there is another thing……. Cause you are so amazing just the way you are” this is my favorite song which inspire many people to be confident, to him/herself. Sometimes we are not confident to speak in front of people who have higher status than us, who are older than us, or who smarter than us. Therefore, I would like to explain about improving self confident in speaking in front of public. (Audio impact)

Ini adalah seklumit dari catatan-catatan besar yang saya dapatkan dalam seminar Grab Your Audience (GYA) dari Mr. James Gwee beberapa waktu lalu. Bertempat di Ciputra Hotel Jakarta, seminar ini dihadiri oleh 24 beswan yang merupakan 12 finalis LKT nasional 2012, 10 finalis LKT nasional 2011, lalu yang dua lagi adalah Ferdinand dan Saya – beswan bangkoter yang juga pernah nyicip panggung presentasi LKT nasional taun sebelumnya. Dua hari itu saya sukses di bully sebagai yang paling tua dan mukanya paling klasik. Kalau kalah presentasi malu, kalau menang presentasipun tetep dibilang “ah wajar, udah bangkot sih”. Aakkk awas kalian!!!.

bareng mr. Tjantana..

bareng mr. Tjantana..

Individual presentation. me, pius, maja, madun

Individual presentation. me, pius, maja, madun

demo disuruh outrageous

disuruh be outrageous

Rabu malam, rombongan Bandung datang disambut beswan-beswan Jakarta Semarang Surabaya, dan yang paling nyolok mata adalah si bohay gentong yang mencipikacipiki Tides, lalu terlihat mas-mas dan mbak-mbak wong wetan. Ada satu nyempil si Lukman sang pemecah rekor beswan – pemenang blog dan pemenang LKT wohooooo…. Ada juga Nyonya 37,5 jutawan mbak Kamasean a.k.a Nana. Mulailah semua saling bersalaman dan sesudah itu pasti lupa lagi namanya.

Seminar ini benar-benar upbeat, pembukaan disambut dengan lagu-lagu semangat dan crewnya juga semangat abis. Setiap 5 menit materi dari Mr. James Gwee sekali pasti gerak atau lagu. Benar-benar mebjaga semangat. Tiba-tiba sudah coffee break, tiba-tiba sudah waktunya makan siang. This is what I learned – music should be the part of our dynamic presentation. Setelah diajari teknik pembuka presntasi seperti lima poin tadi, Mr. James Gwee juga memberikan teknik impromptu speech/presentation dengan tiga cara: 1). Triangle: yakni menjelaskan sebuah materi dalam tiga poin apapun itu. Misalnya ketika membahas tentang Busway kita bisa membahas dari segi kapasitas, fasilitas, dan ruas jalurnya. 2) Clock: yakni membagi materi berdasarkan waktu, dulu, sekarang dan akan datang. Misalnya kita membahas tentang dahulu orang menggunakan sepeda untuk transportasi, sekarang orang menggunakan mobil, dan di masa depan mudah-mudahan orang bisa meggunakan pesawat pribadi. 3) Balance atau timbangan: yakni menceritakan sesuatu dari sudut pandang positif dan negatifnya. Tiga model ini bisa menjadi pegangan kita untuk melakukan presentasi dadakan.

Setelah makan siang kita ditantang untuk membuat presentasi sendiri dengan alat bantu seperti spidol, crayon, Koran, kertas lipat, dll. Saya sekelompok dengan Harini, Pius, Maja, Tides, Indah, Nana, dan Madun. Presentasi yang ringan dan kadang bikin ngakak karena dibawakan dengan outrageous. Ya, harus outrageous.

Hari Kedua kami diajak untuk menonton video dari para great speaker, belajar bagaimana mereka menggunakan feeling, tempo, dan tone dengan bahasa-bahasa berirama dan bikin merinding. Presentasi adalah show kita, kita yang mengemudikannya, seperti pilot yang mengemudikan pesawat. Be prepared dan akhir juga dengan pesan yang jelas, summary apa yang telah kita sampaikan dan punchline atau kata-kata terakhir yang menggambrkan presentasi kita.

The rest is chit chat..GENTONK BOHAY YANG MIMPIN

The rest is chit chat..GENTONK BOHAY YANG MIMPIN

RA SIDO NGAWE YEL-YEL

RA SIDO NGAWE YEL-YEL

***

Saya merasakan hal yang sama dengan teman-teman lain – reunion dan pengetahuan baru. Exciting moment seru-seruan sambil tetap belajar. Dan setelah kembali ke rumah masing-masing, ke pekerjaan masing-masing, kami siap menerapkannya.

Post Tagged with

6 Responses so far.

  1. indah oktaviani says:

    Yup :).. Bermanfaat bgt mas yog. Jangan lupa persentasi madun ttg Aura :p “you are beautiful.. Beautiful.. Beautiful..” *smbil nunjuk2 anak cwo. Sama persentasi bang dinan “klo 7 org galau ngumpul, nanti bisa jadi SM*SH”

  2. genthonk says:

    aku gak baca sihh, liat foto2nya, ada aku yang kecenya maksimal ini, jdnya udah puas gt. . . hahahahahaha

  3. Mba Putsay says:

    ahhhh mana nama akuuu tidak disebuttt sebagai org yg berjasa selama iduppp si veteran tua di Jakarta…..wkwkwkw
    idihhh foto aku kece eeyyyuuuyyyy chibi chibi chibi

  4. suprayogi says:

    mba putsay baiklah-baiklah.. aku lupa mnambahkan. thank you for saving my life in JEKARDAH.. hehehe.. tapi feedbacknya juga bukan bully-an, hahahaha

  5. suprayogi says:

    eh. .Kaka Dian Fitria…ga usah bayar kan?

    indah, Madun gila ya dangdutan gituuu

  6. genthonk says:

    nggak peerrlu bayar dehh, khan udah dipromosiin gt, betapa aku rupawan ya, sayang gak doyan cewek, kalo doyan sm cewek pasti nie cewek2 udah ngantrii minta dipacarin dehh ya *pose*

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Before you post, please prove you are sentient.

What is 7 multiplied by 2?