08 OctWOW.. Lampung Culture and Tapis Carnival 2012

“Kalau saya gagal nonton tahun ini berarti saya harus menunggu tahun depan, ah males banget”

Yap, itulah kalimat yang menyemangati saya datang ke PKOR Saburai siang-siang yang teriknya wuedan tenan. Tak ingin terlewat satupun rangkaian acara, setengah 1 siang saya sudah stand by dan tak sempat pulang ganti baju sehabis ngajar kelas Bahasa Inggris. 6 jam kedepan siap-siap pegal-pegal pakai pantofel kemana-mana. Sungguh tidak cocok, kecuali saya adalah tamu undangan yang duduk manis di tribun kehormatan diantara pejabat-pejabat daerah.

So, Hai… this is Lampung Culture and Tapis Carnival, parade budaya lampung dan kreasi pakaian tapis seperti Jember Fashion Carnival gitu. Jadi LCTC ini adalah salah satu rangkaian acara Festival Krakatau XXII propinsi Lampung, semacam hajat besarnya Dinas Pariwisata. Setidaknya da 20 duta Besar Negara sahabat yang turut hadir, mulai dari Brunei, Bosnia, Palestina, Iran, Ekuador, dll.

awesome stage

awesome stage

Mr. and Mrs. Ambassador, thank you thank you for coming

Mr. and Mrs. Ambassador, thank you thank you for coming

Ratusan Penari Sigekh Pengunten (Welcome dance)

Ratusan Penari Sigekh Pengunten (Welcome dance)

Tapis Fashion Show by Muli Lampung

Tapis Fashion Show by Muli Lampung

Hal yang paling disesalkan oleh pengunjung adalah ketika mereka lupa bawa kamera. Sure, tujuan ke sini pasti ingin jeprat-jepret. Dan untungnya, kamera pocket saya sudah di charge sebelum ngajar. Sampe di venue, si Damas sudah narik-narik saya ke back stage “kak itu udah ada peserta carnivalnya, ayok ke sana pumpung belum rame” Hm.. baiklah. Dan ternyata gadis-gadis berkostum tapis kreasi dengan lukisan wajah itu sudah siap. Mereka adalah tim dari Tulang Bawang. Kasian mbak-mbaknya, mulai keberatan mahkota, bajunya seabreg, pasti berat. Tapi kreasinya keren-kerenlah. “Kak yang sebelah sana ada juga” walah..ini bener-bener mantep. Ini semacam manusia-manusia yang badannya ditumbuhi bunga-bunga menjalar kemana-mana, juga semacam pesta national costume miss Universe. Saya hampir ngeliatin kaki setiap peserta carnival ini. Bukannya gimana, saya Cuma mau lihat mereka pakai heels, wedges atau flat shoes alias sepatu teplek. Kebayang sekarang nunggu-nunggu giliran tampil dan nantinya harus berjalan dari Lapangan Saburai sampai ke Mahan Agung. Matilah kalau pada pakai heels.

Sementara mengumpulkan foto-foto unik mereka, rombongan Gajah dari Taman Nasional Way Kambas sudah datang. Sumpah ini kalau keinjek “keplenet” beneran. Kenapa.. kenapa kalau di film-film itu gajah kesannya lucu, tapi ini lucu dari mana, gede, item, banyak makan, bau lagi. Tak ada kepikiran nunggang. “Hmm.. tiba-toba gajahnya ngamuk, tribunnya diinjek-injek, tidak!!!!!!!” boong ding, sudah ada pawangnya yang sabar, nurut-nurut saja mereka. Mungkin gajahnya agak misuh-misuh juga soalnya pembukaannya lama banget.

Ini dia beberapa jepretan saya

Selain LCTC, ada rangkaian kegiatan lainnya seperti Pameran Tenun Nusantara, Pertunjukan Seni budaya Lampung, Tour de Krakatau, dll. Sepertinya saya akan datang ke Pameran Tenun Nusantara di Museum Lampung *periksa buku tabungan. This is once a year. Tahun kedua carnival. Dan itu WOW.. I’m proud of my own province in this part. Benar-benar menyedot ratusan fotografer dan media.

Post Tagged with ,

3 Responses so far.

  1. Uji says:

    Asoyyyy, :)

  2. suprayogi says:

    makasih kang uji :)

  3. ayu emiliandini says:

    uwooouuuwww… I love festival… tapi tapi tapi foto gajahnya gak ada hahahaa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Before you post, please prove you are sentient.

What is 3 multiplied by 5?