25 DecNatal dan Keakraban

Great Christmast Tree

Great Christmast Tree

Tetangga tepat samping rumah saya adalah keluarga beragama Katolik. Ketika saya kecil, Ayah dan Ibu bilang kalau mereka tidak ikut Lebaran seperti keluarga kita. Mereka punya lebaran sendiri, namanya Natalan. Sering sekali saat Natal tiba, malam harinya kami ke sana untuk mengobrol dan saya sih pilih kue-kue yang enak, Intinya perayaan hari besar itu berarti nyicip-nyicip kue J. Alhamdulillah tidak pernah ada perselisihan, amit-amit jangan sampai. Dulu, pernah beberapa kamis kedua rumah menggelar ibadah masing-masing – di rumah saya yasinan, di rumah tetangga sembahyangan, bersuara bersamaan. Tapi tidak ada niat untung keras-kerasan suara.

Saya mau cerita tradisi keluarga saya dan tetangga. Setiap malam Idul Fitri, ibu saya selalu berinisiatif menyuruh saya mengantarkan kue lebaran ke tetangga “Bu, ini nyicip suruh ibu”. Begitupula saat sehari sebelum natal tiba “Mas yogi, ni nyicip kue dulu”. Saat lebaranpun mereka ikut berlebaran, datang ke rumah dan ke tetangga yang lain. Mengobrol santai tanpa canggung, karena sama-sama mengerti untuk bertoleransi.

Selamat berkumpul bersama keluarga J

Post Tagged with , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Before you post, please prove you are sentient.

what is 3 + 5?