Tristyan's Story

Through Story Sharing My Thought

I\m Sorry Good Bye!

http://n-lovegrove0912-dc.blogspot.com/2010/04/type-image-5.html

Mengupas seluk beluk budaya Indonesia lewat tulisan jelas tidak ada habisnya. Semakin kita mencari tahu semakin banyak pengetahuan budaya yang kita peroleh dan tidak akan habis untuk kita tampilkan dalam untaian kata yang beranak pinak. Thanks to Djarum Beasiswa Plus yang  telah memberikan saya banyak ilmu lewat penyelenggaraan Kompetisi Blog tahun ini yang mengangkat tema “Budaya Indonesia”.  Terimakasih juga karena masih memberikan wadah bagi kami (alumni) untuk berkreasi dan tetap menjalin silaturahim melalui our beloved home, yakni member area. Wadah lain yang tidak kalah luar biasa dan sangat bermakna bagi kami sebagai wadah pembelajaran yang membuat kami terus belajar dan terus mengasah diri adalah blog.

Untuk ketiga kalinya tahun ini Djarum Beasiswa Plus menyelenggarakan Kompetisi Blog Beswan Djarum 2011. Tema kompetisi tahun ini sungguh memberikan banyak pengetahuan budaya bagi saya pribadi, sekaligus membuat kami semakin menghargai nilai-nilai budaya itu sendiri. dan membuat kami sadar betapa besar negeri ini dan betapa masa depan kita semakin terlihat terang jika kita tetap mempertahankan nilai-nilai itu. Berbagai tulisan telah diramu dan dishare di dinding blog teman-teman Beswan Djarum menunjukkan betapa kayanya negeri ini akan budaya. Tulisan-tulisan itu membuat saya mampu menemukan arti yang sebenarnya dari budaya. Bukan lewat definisi-definisi, melainkan lewat cerita-cerita yang terangkum indah di blog.

Lewat blog berjudul “I’m Bowo & This is My Story” saya juga ingin berpartsipasi dalam kompetisi tahun ini sekaligus memperkenalkan kebudayaan saya. Kebudayaan Kudus, kota di mana saya tinggal. Tiga artikel yang saya tulis jelas belum bisa menggambarkan keanekaragaman dan menunjukkan betapa besar dan kayanya Indonesia akan kebudayaan. Namuan harapan saya lewat tulisan yang mencoba mengangkat budaya lokal dari daerah saya tersebut, mampu memberikan wawasan budaya dan memberikan inspirasi bagi para pembaca blog saya.

Berbagai pengalaman luar biasa saya dapatkan selama proses pengumpulan informasi sebelum membuat tulisan. Begitu juga pengetahun-pengetahuan budaya dari daerah lain yang saya baca dari blog milik teman-teman lainnya. Membuat saya mendifinisikan budaya itu sebagai sebuah pesan. Benar sekali budaya ialah pesan yang disampaiakn oleh para pendahulu, kepada kita keturunannya dan diharapkan akan dilanjutkan kepada generasi selanjutnya. Pesan itu baik dan pesan itu membuat kita mengenal jati diri kita. Pesan-pesan diwujudkan dalam berbagai hal seperti tardisi atau ritual adat, ukir-ukiran yeng terdapat pada rumah adat, tari-tarian, lagu-lagu daerah, wayang, alat musik dan masih banyak lagi. Permasalahannya sekarang ialah apakah kita mau menggali pesan-pesan dan mencoba memahaminya? ataukah kita menganggapnya hanya sebagai simbol-simbol tanpa makna dan memilih untuk mengacuhkannya dengan alasan sudah ketinggalan zaman?. Sobat, keputusan itu ada di tangan kita apakah kebudayaan itu akan tetap lestari dan tersampaikan segala pesan kebaikan tersebut, ataukah pesan-pesan itu akan terputus begitu saja dan menghilangkan akar jati diri kita?

Berikut ini tiga buah artikel yang saya sertakan dalam Kompetisi Blog Beswan Djarum 2011:

1. Budaya tak Kasat Mata

Melalui artikel ini saya ingin menyampaikan pesan bahwa dibalik berbagai peninggalan budaya baik berupa benda maupun non benda ada esensi yang lebih penting yakni nilai-nilai yang terkandung di dalamnya yang tak kasat mata namun memberikan pencerahan bagi kita untuk terus hidup dengan tetap menghargai lingkungan, sesama manusia dan menjunjung nilai kebaikan. Dalam konteks artikel tersebut dicontohkan dengan budaya gotong-royong yang mulai memudar.

2. Menoreh Canting, Merekonstruksi Budaya

Artikel kedua ini merupakan hasil dari wawancara langsung dengan salah satu tokoh (Fatkurahman) yang berusaha membangkitkan kembali kebudayaan yang sempat terancam punah yakni batik khas Kudus. Lewat artikel ini saya ingin menggambarkan betapa perjuangan untuk kembali memaknai pesan-pesan itu tidak semudah membalik telapak tangan, hal ini tergambar dari perjuangan Fatkurahman dalam memulai usaha batik yang sempat vakum puluhan tahun. Pesannya adalah bahwa budaya itu berharga dan merupakan jati diri kita yang wajib untuk kita lestarikan dan pertahankan eksistensinya.

3. Ayu, Ayom, Ayem; The Message Behind The Grace

Lewat artikel terakhir dengan judul berbahasa Jawa sekaligus Inggris tersebut saya ingin memaparkan bahwa setiap simbol atau setiap manifestasi atau bentuk dari kebudayaan itu mengandung makna dan dibuat dengan dasar pemikiran dan keluhuran nilai-nilai yang dirintsi oleh pendahulu kita.

Saya harap lewat tulisan-tulisan pendek tersebut bukan hanya mampu meramaikan kompetisi melainkan mampu mengingatkan kita dan saya pribadi untuk terus mempelajari dan melestarikan kebudayaan kita yang agung. Last but not least, hopefully bukan hanya karena alasan kompetsisi saja blog saya ini tetap hidup melainkan akan tetap hidup bersama pembaca-pembaca setianya, begitu juga dengan blog teman-teman yang lain. So guys, let me say that this is my closing article but this is not the end.

  1. ahmadzikra
    11:52 pm on October 29th, 2011

    sip. sependapat banget dengan pendapat di akhir. … but this not the end.
    semenjak ada lomba blog ini makin banyak beswan yang aktif. mudah-mudahan tetap berkarya dan dapat berbagi…
    :)

  2. tristyantoprabowo
    2:10 am on November 1st, 2011

    ahmadzikra :

    sip. sependapat banget dengan pendapat di akhir. … but this not the end.
    semenjak ada lomba blog ini makin banyak beswan yang aktif. mudah-mudahan tetap berkarya dan dapat berbagi…

    iya zikra, mari tetap berkarya lewat blog, semoga blog Beswan Djarum terus semarak……. Terimakasih sudah mampir ya :)

  3. pujiprabowo
    7:18 pm on November 1st, 2011

    aminnn, semoga kompetisi ini hanya untuk pembelajaran saja, bukan titik akhirnya :)

  4. tristyantoprabowo
    8:05 pm on November 1st, 2011

    pujiprabowo :

    aminnn, semoga kompetisi ini hanya untuk pembelajaran saja, bukan titik akhirnya

    terimakasih sudah mengamini Uji :) saya berharap ketika membuka akan selalu menjumpai tulisan-tulisan luar biasa dari para blogger Beswan Djarum yang selalu mengisnpirasi dan memberi pengetahuan baru :)

  5. misbahul ihsan (ihsan beswan kudus)
    9:37 pm on November 1st, 2011

    Salah satu efek lomba mungkin banyaknya yang posting kak, tapi namanya juga kompetisi, ada yang sekedar hangat2nya, yang tidak boleh dilupakan ini kan blog pribadi, maju dan mundurnya blog itu kan tergantung Empunya,, so Tetep Ngebog aja, gak rugi kok :-)

  6. tristyantoprabowo
    9:53 pm on November 1st, 2011

    misbahul ihsan (ihsan beswan kudus) :

    Salah satu efek lomba mungkin banyaknya yang posting kak, tapi namanya juga kompetisi, ada yang sekedar hangat2nya, yang tidak boleh dilupakan ini kan blog pribadi, maju dan mundurnya blog itu kan tergantung Empunya,, so Tetep Ngebog aja, gak rugi kok

    setuju sama ichan, semoga yang niat awalnya hanya untuk ngeblog menjadikan blogging menjadi hobi biar semakin banyak blogger beswan yag berarti semakin banyak cerita dan pengetahuan yang bisa kita dapat di sini ya ^_^

  7. arnis.silvia
    6:39 am on November 3rd, 2011

    Sang juara yang patut ditiru adalah mas Uji ini.. Nggak cuma aktif pas lomba eh begitu menang pergi begitu saja..

    jangan berakhir..
    aku tak ingin berakhir..
    blog beswan sajaa…
    karena ku dapat keluarga.. keluarga yang sangat erat..

    terima kasih ya teman-teman,,
    terima kasih pak wo,
    karena kalian aku jadi semangat nulis..
    pak wo juga tetep semangat nulis ya,,

  8. tristyantoprabowo
    12:45 pm on November 3rd, 2011

    arnis.silvia :

    Sang juara yang patut ditiru adalah mas Uji ini.. Nggak cuma aktif pas lomba eh begitu menang pergi begitu saja..
    jangan berakhir..
    aku tak ingin berakhir..
    blog beswan sajaa…
    karena ku dapat keluarga.. keluarga yang sangat erat..
    terima kasih ya teman-teman,,
    terima kasih pak wo,
    karena kalian aku jadi semangat nulis..
    pak wo juga tetep semangat nulis ya,,

    completely agree with you mbk Arnis, juara sejati adalah mereka yang konsisten dengan apa yang membuat ia meraih kemenangan itu supaya tetap menginspirasi yang lain agar mencintai menulis dan mencintai membaca lewat postigan di blog…

    makasih ya mb Arnis buat dorongan semangatnya, calon Juara tahun ini banget… I support you to stand in the victory at Malam Wawasan Kebangsaan di semarang nnati ya :)

  9. irwansitinjak
    8:19 pm on November 16th, 2011

    hei, i’m in :D
    jadiin ngeblog jd budaya tak kasat mata
    *wink

  10. tristyantoprabowo
    2:24 pm on November 22nd, 2011

    irwansitinjak :

    hei, i’m in
    jadiin ngeblog jd budaya tak kasat mata
    *wink

    wah sang juara mampri juganich ke page ane….. yup bro setuju! Thanks

  11. online prescription glasses
    8:57 pm on December 10th, 2012

    karena ku dapat keluarga.. keluarga yang sangat erat..
    terima kasih ya teman-teman,,
    terima kasih pak wo,
    karena kalian aku jadi semangat nulis..
    pak wo juga tetep semangat nulis ya,,

Before you post, please prove you are sentient.

What is 5 * 4?