DOCTOR'S SECRET

Young Doctor. Struggling to make others smile

1432812843973

Kehidupan dan kematian memang bertolak belakang, tetapi mereka adalah suatu paket kehidupan yang tentunya akan dialami oleh semua manusia yang berkesempatan hadir di dunia. Siapa menyangka, Tuhan ingin memberikanku peringatan, agar selalu rendah hati, melalui kisah haru di pagi ini. Suatu moment jaga UGD, yang mungkin belum tentu dilihat semua orang. Kehidupan dan kematian yang ditemukan bersamaan, sebuah pelajaran hidup yang sangat bernilai untukku.

Pagi ini, seorang ibu muda yang paling berbahagia sedunia, pastinya bahagia ya, karena ibu muda ini melahirkan seorang bayi lucu, sehat, gendut. Datang ke UGD dgn posisi sudah bukaan 2, untuk melahirkan anak ketiga rasanya tak perlu waktu panjang untuk mencapai bukaan lengkap. Memang, ibu tdk kuat mengejan, tapi bukan berarti bayi tidak dapat lahir. Dengan dibantu ekstraksi vakum, akhirnya seorang bayi laki-laki lahir. Bayi menangis kencang segera setelah keluar dari rahim ibu, tempat yang menampungnya selama 39 minggu. Bobot 3200 gram bukan bobot yang ringan bukan untuk dibawa-bawa dalam tubuh selama 39 minggu? :’)

Tak lama setelah menolong persalinan, terdapat suara isak tangis bercampu teriakan di luar ruangan, masih dalam lingkup UGD juga, sayup-sayup suara teriakan ibu ini menyayat hati.

Rasa penasaran mengantarkanku kepada sumber suara. kakiku melangkah. Pemandangan yang menyedihkan. Seorang ibu menangisi suaminya “Maaas, aku ga punya siapa-siapa lagi. Aku karo sopo saiki?” Begitu terus berulang-ulang. Tangisannya meraung, bercampur antara marah, sedih, kecewa, dan bingung harus berbuat apa. “Kowe ki mung pingsan, aku rak percoyo kowe pergi maaaas.” Sembari petugas membersihkan tubuh bapak muda ini, dan memposisikan tangannya di atas perut, meluruskan kakinya dgn diikat kassa putih, serta menutup rahangnya dgn ikatan kassa di kepalanya. Suatu persiapan dari rumah sakit sebelum memandikan dan mengafankan jenazah. Cardiac arrest atau serangan jantung dapat mencabut nyawa siapa saja tanpa permisi, termasuk bapak muda yang gagah ini, atau mungkin di antara kita sekalian. Tuhan Maha Pemilik Hidup. Tak satu jengkal pun kita boleh sombong atas apa yg kita miliki sekarang, karena ketika maut tiba, apalah artinya kenikmatan duniawi itu. Semu. Fana. Istrinya sungguh tak kuasa menahan kepergian sang suami. Akhirnya suasana kembali senyap setelah akhirnya sang istri jatuh pingsan, dipapah para petugas Rumah Sakit.  Melangkahkan kaki, saya kembali ke ruang persalinan, isak tangis bayi kembali terdengar, kontras dengan suasana isak tangis ibu yang baru saja ditinggalkan suaminya, untuk selama-lamanya.***

Ada suatu kisah tentang kaos kaki sobek.  Seorang kaya raya saat menjelang ajal berpesan kepada anak-anaknya, “Nak, jika ayah meninggal, tolong pakaikanlah kaos kaki kesayangan ayah itu, ya. Walaupun sobek, tetapi kaos kaki itulah saksi kesuksesan ayah.”

Maka, ketika wafat, anak-anaknya meminta kepada pengurus jenazah untuk memakaikan kaos kaki sobek itu. Pengurus jenazah menolak, “Maaf, secara syariat, hanya diperkenankan 3 lembar kain putih saja yang dikenakan jenazah.”

Anak-anaknya tetap bersikeras, “Ini keinginan ayah kami!”

Karena tidak ada titik temu, dipanggilah penasehat keluarga sekaligus notaris. Kata notaris tersebut, “Almarhum menitipkan surat wasiat untuk anak-anaknya.”

Dibukalah surat itu dan dibaca,

Anak-anakku, kalian pasti bingung, kenapa dilarang memakaikan kaos kaki sobek ini pada jenazah ayah. Lihatlah, Nak. Harta ayah banyak, tetapi tidak ada artinya saat ayah sudah mati. Bahkan, kaos kaki sobek pun tidak boleh dibawa mati. Begitu tidak berartinya dunia, kecuali amal ibadah, dan sedekah yang ikhlas. Anak-anakku, inilah yang ingin ayah sampaikan…”

 

You can leave a response, or trackback from your own site.

4 Responses to “#SECRET 9: HITAM PUTIH”

  1. intan says:

    Kakak .. I like your story. Keep writting kak !

  2. ursulapenny says:

    makasih ya intannn ^^
    ayo kita sama sama menulissss!!

  3. Prima Sugiarto says:

    Ceritanya bagus.. bikin mau nangis pas mbaca bagian bapak yg punya wasiat ke anak2..
    Ijin share ya mbak

  4. ursulapenny says:

    iya silakan dishare hehehe

Leave a Reply

Before you post, please prove you are sentient.

what is 5 + 6?