DOCTOR'S SECRET

Young Doctor. Struggling to make others smile

hiccup

Cegukan bukanlah suatu fenomena alam yang dahsyat seperti kepicirit atau ngompol di celana, tapi yang jelas, setiap orang pernah mengalaminya bukaaaan?

Bukan! *dih garing banget*

Okay, sekarang, saya mau membahas sedikit tntang cegukan. Cegukan terkadang memang tidak sebegitnya mengganggu, tapi ketika kita harus berbicara dengan rentang waktu yang agak panjang, lalu tau-tau cegukan, risih juga kali ya.

Spontan yang dilakukan oleh kita ataupun orang-orang di sekitar kita adalah: “minummmm…ambil aiiir…” yah tindakan semacam itu sejenis dengan orang yang kepedesan.
Lantas, apakah cegukan otu sama dengan kepedesan? Tidak. Hahahaja *kok malah nggak nyambung

Jadi, cegukan itu terjadi ketika diafragma (apa itu diafragma? Diafragma bisa dikatakan sebagai otot yang memisahkan rongga da dan rongga perut) mengalami kontraksi. Kontraksi itu semacam kejang, atau memendek, nah, kontraksi diafragma ini menyebabkan pita suara (bahasa kerennya adalah plica vocalis) menutupnayau kontraksi juga, dan terdengarlah suara yang keras dan tinggi yaitu cegukan.

Kontraksi atau relaksasi dari diafragma dan pita suara tak lain tak bukan dikarenakan sistem saraf autonom yangbada di dlaam tubuh kita. Sistem saraf autonim adalah sistem saraf yang bukan kita sadari. Ya iyalah, sekarang kalau kita bisa mengontrol cegukan, kita memilih utk tidak cegukan bukan?  Belum tentu juga ding. Kalau aku, semisal di kelas ditanyai dosen pertanyaan gampang bgt tapi aku ga bs jawab saking bodohnya diriku, aku memilih untuk cegukan.. Hahahaha! Tapi cegukan kan berlangsung tanpa kita sadari. Maka, kita harus tahu makanan apa saja yang memicu cegukan, kondisi apa saja yang memicu cegukan, dan bagaimana cara menghentikannya..

Makanan pedas, berbumbu, serta asap tebal adalah pemicu cegukan.  Percaya atau tidak? Coba sendiri.

Pneumonia, radang selaput dada, atau kerusakan dindaerah tertentu di otak yang mengatur persarafan autonom akan beranggungjawab terhadap terjadinya cegukan.

Apa artinya? Ya intinya persarafan tbuh manusia itu seperti kabel listrik. Ketika ada yang korslet, atau impuls listrik yang dijalarkan itu sedang bingung, maka terjadilah ketidakseimbangan kontraksi dan relaksasi dari diafragma dan pita suara, yang berujung pada cegukannnns.

Cara mudah lainnya menyembuhkan cegukan adalah dengan menahan nafas, minum segelas air dingin, atau makan sesendok gula. Bisa juga dengan cara unik lainnya yait dengan meletakkan kantong kertas di depan mulut dan mencoba bernapas dari kantong kertas itubselama beberapa menit.

Jaraaaang loooh terjadi cegukan selama beberapa menit. Jika cegukan berlangsung selama beberapa hari, langkah yang bijak adalah berkonsultasi ke dokter. Kenapa? Karena kita harus waspada. Waspada gimana ni? Ya seperti yg tadi sudah dijelaskan, cegukan itu hasil dari ketidakseimbangan perjalanan impuls saraf, kalau cegukannya kelamaan, ditakutkan ada sesuatu di saraf kita yang mungkin memang tidak apa-apa, tp menjurus ke suatu sakit yang lebih dari sekedar cegukan…

 

You can leave a response, or trackback from your own site.

Leave a Reply

Before you post, please prove you are sentient.

What is 4 multiplied by 4?