Belanja yang Lebih Produktif dan Tepat Sasaran Melalui Dana Desa

Sidang Paripurna DPR RI pada tanggal 26 Oktober 2016 telah menyepakati dan mengesahkan RUU APBN Tahun 2017 menjadi UU APBN Tahun 2017, dalam APBN 2017 ini belanja negara untuk dana desa sebesar Rp. 60,0 Triliun (sumber: http://kemenkeu.go.id/apbn2017). Sesuai Permendes 21 tahun 2015, prioritas pertama penggunaan dana desa yaitu untuk membangun infrastuktur antara lain jalan, irigasi, jembatan sederhana, dan talud. Bidang kesehatan dan pendidikan juga perlu diprioritaskan, diantaranya Posyandu dan PAUD (sumber: kominfo). Dengan adanya dana desa ini diharapkan pembangunan akan lebih sesuai dengan kondisi kebutuhan masing-masing desa. Desa merencanakan,melaksanakan dan melaporkan. Dengan postur dana desa yang besar dari APBN ini tentunya desa harus mampu mengelola dan membelanjakan dana desa ini untuk kegiatan-kegiatan yang produktif dan tepat sasaran yang mendukung roda pengembangan kesejahteraan masyarakat desa. Perencanaan pembangunan dari musrenbang desa dengan melibatkan berbagai unsur masyarakat harus mampu menentukan prioritas-prioritas pembangunan yang tepat sasaran sesuai kebutuhan desa dan berdampak terhadap kesejahteraan masyarakat desa.

Pada tahun 2016 Dana Desa di Desa Wonorejo Kecamatan Wates Kabupaten Kediri digunakan untuk
1. Pembangunan jalan
2. Pembangunan jembatan
3. Pembangunan saluran drainase
4. Pembangunan sarana-prasarana pendidikan
5. pembangunan sarana-prasana dan fasilitas umum
6. Pembangunan jaringan irigasi
7. pelaksanaan kegiatan kesehatan dan perbaikan gizi masyarakat

IMG 20161128 00131 300x225 Belanja yang Lebih Produktif dan Tepat Sasaran Melalui Dana Desa

daftar kegiatan dan sumber dana desa wonorejo yang dipasang di balai desa

Pada tahun 2017 penggunaan dana desa tersebut masih akan difokuskan terhadap pembangunan infrastruktur dasar dan pendidikan serta kesehatan, karena di Desa Wonorejo ini masih ada beberapa jalan dusun yang masih berupa jalan tanah, saluran irigasi dan drainase yang belum menyeluruh serta sarana kesehatan yang masih perlu dikembangkan. Untuk itu masyarakat juga diharapkan berperan aktif dalam pelaksanaan pengggunaan dana desa ini dan juga memantau serta pengawal penggunaannya agar penggunaan dana desa ini tepat sasaran, lebih produktif serta masyarakat ikut #sadarAPBN karena APBN adalah dari rakyat dan untuk rakyat.

Pembangunan yang berkesinambungan, tepat sasaran, dan mengarah terhadap produktivitas masyarakat harus dijadikan acuan dalam penggunaan dana desa, karena desa sebagai ujung utama penggerak perekonomian negara ini, di desa masyarakat melakukan produksi,distribusi dan konsumsi. Kegiatan-kegiatan tersebut memutar roda perekonomian negeri. Pasar sebagai tempat bertemunya penjual dan pembeli masyarakat desa perlu menjadi prioritas pembangunan dalam penggunaan dana desa untuk menggerakkan aktivitas perekonomian desa. Desa Wonorejo sejak 3 tahun yang lalu telah membangun pasar desa ini dan tiap tahun terus dikembangkan agar menjadi sebuah pusat perputaran perekonomian yang nyaman dan mensejahterakan. pada tahun 2017 pasar ini juga masih terus dikembangkan lagi.

IMG 20161129 00133 300x225 Belanja yang Lebih Produktif dan Tepat Sasaran Melalui Dana Desa

pasar desa wonorejo yang dibangun menggunakan dana desa

Pertanian sebagai sumber pangan dan sumber pendapatan masyarakat desa juga perlu menjadi prioritas dalam penggunaan dana desa, misalnya dalam pembangunan saluran irigasi yang mendukung pengembangan pertanian di desa tersebut. di Desa Wonorejo pembangunan irigasi ini juga menjadi prioritas dalam upaya meningkatkan pertanian di desa ini.

IMG 20161129 00135 300x225 Belanja yang Lebih Produktif dan Tepat Sasaran Melalui Dana Desa

pembangunan saluran irigasi di desa wonorejo yang menggunakan dana desa

Pembangunan Jalan sebagai pendukung aktifitas mobilitas masyarakat desa dalam beraktivitas perekonomian, pendidikan,kesehatan juga merupakan prioritas. bila infrastruktur dasar terpenuhi maka kesejahteraan,kenyamanan juga akan berkembang. Jalan sebagai infrastuktur dasar untuk mobilitas warga perlu menjadi prioritas penggunaan dana desa sehingga produktivitas masyarakat meningkat.

IMG 20161129 00134 300x225 Belanja yang Lebih Produktif dan Tepat Sasaran Melalui Dana Desa

Jalan desa wonorejo

Penggunaan dana desa yang bersumber dari APBN ini semoga menjadikan negara ini semakin maju, berkembang, dan sejahtera. APBN dari rakyat, untuk rakyat harus mampu mewujudkan tujuan nasional menjadikan masyarakatnya sejahtera. penggunaan APBN 2017 semoga tepat sasaran, lebih produktif dan menjadikan Indonesia maju, mandiri, sejahtera. mari berkontribusi menjadi masyarakat yang #sadarAPBN guna mendukung #KemenkeuTerpercaya.

Mari #SadarAPBN kawan, baca APBN kita di tautan berikut http://www.kemenkeu.go.id/apbn2017
JANGAN LUPA!
Kita juga harus awasi pelaksanaan #APBN2017 ini #SadarAPBN akan menjadikan Belanja negara makin produktif dan tepat sasaran dan jika menemukan penyalahgunaan uang negara, silakan lapor via https://www.lapor.go.id/ atau https://www.wise.kemenkeu.go.id untuk penyimpangan di lingkup Kemenkeu.
Sekarang, Waktunya Kita Peduli. APBN dari Kita untuk Kita. Kalau tidak sekarang kapan lagi, kalau bukan kita siapa lagi #APBN2017 #SadarAPBN

Indonesia Kerja Nyata. Maju, sejahtera

Semoga

Wonorejo, 29 November 2016

, ,

No Comments

#BulanBaktiUntukGuru

#terimakasihGuru #ayoHormatiGuru #Gurumuliakarenakarya

No Comments

MENGEMBANGKAN KEUNGGULAN LOKAL MELALUI MATA PELAJARAN PRAKARYA

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi telah membawa perubahan di hampir semua aspek kehidupan manusia baik yang menyangkut politik, ekonomi maupun kehidupan sosial budaya. Perubahan tersebut juga telah membawa manusia ke dalam era persaingan global yang semakin ketat. Peningkatan kualitas pendidikan merupakan suatu proses yang terintegrasi dengan proses peningkatan kualitas sumber daya manusia. Luasnya wilayah Indonesia dan sangat bervariasinya kondisi daerah dan potensi-potensi yang dimiliki tiap daerah telah mendorong pemerintah untuk lebih memperhatikan potensi daerah dan kendalanya dalam pelaksanaan perencanaan. Standarisasi dan penyeragaman yang terpusat terkadang dirasakan menghambat pelaksanaan karena cenderung akan berakibat pada ketidaksesuaian antara rencana pusat dan kebutuhan daerah masing-masing. Tiap daerah di Indonesia ini mempunyai keunggulan lokal yang berbeda-beda, sedangkan pendidikan selama ini belum mampu mengembangkan keunggulan lokal masing-masing daerah tersebut. Dalam Struktur Kurikulum 2013 ini Kurikulum dirancang untuk memperkuat kompetensi siswa dari sisi pengetahuan,keterampilan, dan sikap secara utuh. Keutuhan tersebut menjadi dasar dalam perumusan kompetensi dasar tiap mata pelajaran, sehingga kompetensi dasar tiap mata pelajaran mencakup kompetensi dasar kelompok sikap, kompetensi dasar kelompok pengetahuan,dan kompetensi dasar kelompok keterampilan. Semua mata pelajaran dirancang mengikuti rumusan tersebut. Di kurikulum 2013 ini ada mata pelajaran Prakarya, mata pelajaran Prakarya adalah matapelajaran yang membekali siswa dengan kemampuan untuk menghasilkan suatu karya pendahuluan atau purwarupa ( prototype). Supaya dihasilkan purwarupa yang baik, maka harus diajarkan pengembangan ide serta pengetahuan tentang bahan, proses, dan peralatan, sehingga siswa dapat memahami alasan-alasan penggunaan bahan, proses,atau peralatan tertentu. Pada akhirnya pengerjaan sebuah prakarya haruslah dibarengi dengan sikap yang sesuai sehingga hasil yang diperoleh menjadi optimal yaitu memberi sumbangan mengembangkan kreativitas sebagai sumber dari ‘industrikreatif’ yang sedang diangkat dalam wacana pendidikan ‘karakter bangsa. Dengan adanya mata pelajaran prakarya ini diharapkan keunggulan lokal tiap daerah mampu dikembangkan secara optimal sehingga menjadi keunggulan lokal yang menjadi ciri khas suatu daerah dan akan berdampak terhadap pengembangan perekonomian di daerah tersebut.

Keunggulan Lokal
Keunggulan lokal mempunyai pengertian kemampuan daerah yang dimungkinkan untuk dikembangkan secara optimal, sehingga memberikan dampak positif dalam memajukan sebuah daerah. Sedangkan menurut Dwitagama,2007 Keunggulan lokal adalah segala sesuatu yang merupakan ciri khas kedaerahan yang mencakup aspek ekonomi, budaya, teknologi informasi dan komunikasi, ekologi, dan lain-lain. Sumber lain mengatakan bahwa Keunggulan lokal adalah hasil bumi, kreasi seni, tradisi, budaya, pelayanan, jasa, sumber daya alam, sumber daya manusia atau lainnya yang menjadi keunggulan suatu daerah. Dari beberapa pengertian tersebut dapat disimpulkan bahwa Keunggulan Lokal adalah suatu proses dan realisasi peningkatan nilai dari suatu potensi daerah sehingga menjadi produk/jasa atau karya lain yang bernilai tinggi, bersifat unik dan memiliki keunggulan komparatif. Kualitas dari proses dan realisasi keunggulan lokal tersebut sangat dipengaruhi oleh sumber daya yang tersedia, yang lebih dikenal dengan istilah 7 M, yaitu Man, Money, Machine, Material, Methode, Marketing and Management. Jika sumber daya yang diperlukan bisa dipenuhi, maka proses dan realisasi tersebut akan memberikan hasil yang bagus, dan demikian sebaliknya. Di samping dipengaruhi oleh sumber daya yang tersedia, proses dan realisasi keunggulan lokal juga harus memperhatikan kondisi pasar, para pesaing, substitusi (bahan pengganti) dan perkembangan IPTEK, khususnya perkembangan teknologi. Proses dan realisasi tersebut akan menghasilkan produk akhir sebagai keunggulan lokal yang mungkin berbentuk produk (barang/jasa) dan atau budaya yang bernilai tinggi, memiliki keunggulan komparatif, dan unik.
Pengembangan Keunggulan lokal melalui pelajaran Prakarya
Lingkup materi pelajaran Prakarya di disesuaikan dengan potensi sekolah, daerah setempat, karena sifat mata pelajaran ini menyesuaikan dengan kondisi dan potensi yang ada di daerah tersebut. Penyesuaian ini berangkat dari pemikiran ekonomis, budaya dan sosiologis. Dalam mata pelajaran prakarya ada materi kerajinan, rekayasa, budidaya dan pengolahan. Untuk itulah guru harus mampu menjadikan mata pelajaran prakarya ini sebagai upaya pengembangan keunggulan lokal didaerah tersebut, hal ini dimulai dari identifikasi keunggulan lokal yang ada didaerah tersebut kemudian menerapkannya kedalam pelajaran prakarya yang bisa berupa kerajinanm rekayasa, budidaya dan pengolahan yang berdasarkan atas potensi keunggulan lokal didaerah tersebut. Guru bisa menjadikan lingkungan dan keluarga sebagai sumber belajar dengan melibatkan keluarga maupun masyarakat yang sudah mampu mengembangkan potensi keunggulan lokal di daerah tersebut. Sehingga pelajaran prakarya ini sebagai pendidikan formal namun mengharapkan tujuan akhir mempunyai keterampilan ekonomis menghasilkan dan kualitas manusia yang mempunyai wawasan penciptaan berbasis pasar yang tidak bertentangan dengan karakter bangsa.

artikel ini juga dipublikasikan di:

,

No Comments

ngupdate

ngupdate
biar
update

No Comments

menjadi buzzer twitter

berawal dari iseng membuat sebuah akun twitter yang bertujuan untuk lucu-lucuan. kini akun tersebut followernya sudah 5000 lebih. pada suatu hari dimention seseorang yang mengajak kerjasama menjadi Buzzer yaitu mentwit suatu brand dan mempromosikannya dengan tarif tertentu dan petunjuk tertentu mengenai apa yang harus di twitkan. hmmm inilah twit berbayar “kataku”. ternyata sistem marketing sudah merambah ke social media. momen boomingnya twitter ternyata juga di lirik dunia marketing untuk mempromosikan produk. ketika membuat akun tersebut awalnya tidak kepikiran untuk meraup keuntungan dari situ, namun setelah ada tawaran tersebut “kenapa nggak” memanfaatkan ini untuk memperoleh rejeki hehe. membesarkan akun twitter juga merupakan sebuah proses panjang, karena twitter untuk mendapatkan follower lebih dari 1000 sangat sulit dan dengan banyaknya follower berarti kita juga harus bertanggungjawab tiap apa yg kita twitkan.

,

4 Comments

HELM

Kemarin 23 oktober 2011 dalam GP di sepang Simoncelli mengalami kecelakaan yang fatal sehingga menyebabkan pembalap tersebut meninggal dunia. Kecelakaan tragis tersebut salah satu penyebabnya adalah terlepasnya helm Simoncelli.

Mengenai helm saya teringat setahun yang lalu bersama istri saya. Sore saya bersama istri mau main ke rumah saudara yang jaraknya cukup dekat yaitu sekitar 500 meter dari rumah saya. Kami kesana dengan naik sepedamotor. Kunaiki sepedamotor dan kupakai helm. Kata istri “Kenapa pakai helm wong dekat saja mas?”. Jawabku “ helm diciptakan bukan untuk perjalanan jauh dan dekat dek, tapi untuk melindungi kepala kalau terjadi benturan agar tidak fatal” istripun sambil tersenyum akhirnya mengambil helm juga dan kamipun wuzzzz meluncur kerumah Budhe.

Sesampai dirumah Budhe kami ditanya “darimana saja ini kok pakai helm?”. Dari rumah saja” “jawabku. Kok pakai helm segala wong dekat saja “biar hangat “jawabku”. Memang dalam masyarakat desa seperti dirumah kami ini tepatnya didusun klampisan. Ds janti. Kab kediri ketika melihat orang memakai helm pasti persepsinya bahwa baru saja dari kota atau dari perjalanan jauh, karena mereka ketika melakukan perjalanan ke tempat-tempat yang dekat tidak memakai helm dengan alasan bahwa ditempat dekat yaitu dijalan-jalan desa kami tidak akan ada polisi yang akan menilang ketika orang tidak memakai helm. Jadi dalam persepsi masayarakat di dusun kami bahwa mereka memakai helm untuk melindungi dari “TILANG” polisi bukan atas kesadaran pribadi pentingnya memakai helm.

Awalnya saya apabila kerumah tetangga naik sepedamotor yang dekat tidak memakai helm, namun hal yang membuat saya sadar adalah kejadian waktu disekolah yaitu salah satu murid saya mengalami kecelakaan dan akhirnya meninggal, padahal kata teman-temannya murid tersebut tidak terlalu kencang, namun karena dia tidak memakai helm sehingga terjadi benturan dikepalanya sehingga ada luka yang serius. Dari peristiwa tersebut saya jadi berpikir bahwa helm adalah hal yang penting bagi pengendara, bukan hanya dalam perjalanan jauh saja, namun setiap kita mengendarai sepedamotor walaupun hanya kesebelah rumah saja.

Apakah kita harus menunggu TILANG polisi agar sadar pentingnya menggunakan helm?. Apakah kita menunggu panggilan KPK untuk takut pada korupsi?. Apakah kita harus menunggu kemunculan TUHAN untuk berbuat baik?. Padahal semua bentuk kebaikan itu kan kembali pada diri kita masing-masing.
:SAKBEJA-BEJANE WONG KANG LALI.ISIH LUWIH BEJA WONG KANG ELING LAN WASPADA: seberuntungnya orang yang lupa, masih akan lebih beruntung orang yang ingat dan waspada”
lomba 300x169 HELM

follow 300x169 HELM

, ,

2 Comments

ngeblog lagi

akhirnya setelah sekian lama gak menyapa blog ini, pada kali ini blog ini menggeliat dari tidur panjangnya. yahh kemarin terlantar tanpa tulisan-tulisan baru di blog ini.

eh gakterasa ada lomba blog lagi di beswandjarum yaa, dan berarti 2 tahun sudah blog ini mengudara di dunia maya, dua tahun lalu blog amburadul ini sempat menjadi blog favorit dan mendapatkan hadiah yang samapai saat ini masih saya pakai hadiah tersebut.

mau ikut lomba lagi tapi udah gakbisa karena peraturannya bagi yang sudah menang gak boleh ikutan. OKE selamat ngeblog buat kawan-kawan semua, selamat berlomba, berkarya, dan terus bersatu seikat beswandjarum.

2 Comments

semangat

semangat
semangat
itu semangatmu
ini semangat kita

dulu kita semangat
itu pula semangat
senyummu semangatku
semangatmu disenyumku

semangatnya kamu
semangat kita berdua

ah semangat saja
disini kita membangunnya

itu lagi
semangat

esok,sekarang,lampau

masadepan

“semangat”

No Comments

buah hati

semilirnya senja di desa ini
menenangkan itu perasaan
harapan dan mimpi terukir disini
menunggu sang buah hati

menikmati rimbunnya harapan sederhana
tentang itu bahagia
dan hangatnya keluarga

disini kita kan membuatnya
aku, kamu

dan buah hati kita

, , ,

No Comments

blog yang terlantar

lama sudah blog ini diam diri (tidak di update) dan pada pagi hari ini ingin menambahkan isi di blog ini, setelah sejenak kemarin menelantarkan blog ini hampir berbulan-bulan, karena pemilik blog sedang mempersiapkan menjadi suami dan mempersiapkan menjadi ayah bagi sang buah hati. disisi lain aktivitas pekerjaan dan studi pascasarjana juga menyita kesibukan, sehingga benar “BLOG INI TERLANTAR” mohon doanya saja semoga smua lancar, sukses dan semangat selalu. demikian juga dengan kawan-kawan semoga demikian juga. semangatt…semangatt….

itu saja dulu update blog ini, tetap semangat ya. “menyemangati diri sendiri”

yuhu

1 Comment