Yusran Adhitya Kurniawan’s Blog

Penutup Blog Competition Beswan Djarum 2011

by on Oct.18, 2011, under Beswan Djarum, Budaya Indonesia, Djarum Beasiswa Plus, Kesenian, Softskill

  1. STRATEGI PENGGUNAAN “SUNDAY EXPO IS CIREBON’S DAY” DI ALUN-ALUN KEJAKSAN SEBAGAI UPAYA PELESTARIAN KEBUDAYAAN, KESENIAN, DAN KULINER KOTA CIREBON.
  2. YUSRAN DAN MAZAAYATUL MENJADI DUTA BUDAYA DAN PARIWISATA KOTA CIREBON 2011.
  3. PERAN GENERASI MUDA DALAM MELESTARIKAN BUDAYA BANGSA INDONESIA.
    4 Comments :, , , , more...

    PERAN GENERASI MUDA DALAM MELESTARIKAN BUDAYA BANGSA INDONESIA

    by on Oct.18, 2011, under Beswan Djarum, Budaya Indonesia, Djarum Beasiswa Plus, Kesenian, Softskill

    307631_2088490296153_1362074177_32004533_751161490_n

    Kita Sebagai generasi muda, sudah seharusnya berpartisipasi aktif pada pembangunan kota, khususnya dalam bidang budaya. Partisipasi tersebut dapat dilakukan melalui para generasi muda yang mempunyai kemauan, kemampuan, dan harapan yang besar untuk membangun suatu daerah lebih baik lagi dan bekerja sama dengan pemerintah daerah untuk bersama-sama meningkatkan potensi yang ada di suatu daerah. Potensi yang dimiliki setiap daerah di Indonesia sangatlah besar karena begitu banyak budaya, kesenian, suku, ras, bahasa, agama, dan kepercayaan yang ada di Indonesia. Hal tersebut tentu bukanlah menjadi penghambat untuk kita karena begitu banyaknya perbedaan, namun sebaliknya perbedaan tersebut tentu akan menjadi kekuatan dan kelebihan yang dimiliki Indonesia seperti pada semboyan Bhineka Tunggal Ika, yaitu berbeda-beda tetapi pada hakikatnya tetap sebagai satu kesatuan.

    Generasi muda sebagai elemen yang sangat penting dan tidak bisa digantikan dengan apapun dalam melestarikan kebudayaan yang ada di Indonesia dan sekaligus berkontribusi sangat besar dalam pembangunan bangsa dan negara Indonesia. Saya sebagai salah satu mahasiswa dari Purwokerto menyadari ketika mendapatkan Djarum Beasiswa Plus dan menjadi Beswan Djarum bertemu dengan berbagai teman-teman Beswan dari berbagai penjuru negeri yang memiliki budaya, agama, ras, dan bahasa yang berbeda-beda membuat diri saya menjadi lebih mengetahui akan makna perbedaan tersebut dapat menjadi kekuatan dan nilai hidup yang berharga. Perbedaan tersebut membuat saya mendapatkan informasi, pelajaran, dan pengalaman baru ketika bertemu dengan teman-teman Beswan dari daerah lain yang memiliki budaya yang berbeda. Perbedaan itulah yang membuat kami lebih mengetahui, memahami, dan menghormati satu sama lain.

    edit1

    Permasalahan terhadap masyarakat saat ini yang belum mengetahui, memahami, menguasai, dan mengkomunikasikan budaya lokal perlu suatu cara untuk dapat mengarahkan itu semua. Disinilah peran generasi muda di lingkungan tempat mereka tinggal untuk bersama-sama mengarahkan itu semua melalui pelestarian kebudayaan, salah satunya dengan ikut serta langsung dalam acara festival budaya di daerah masing-masing agar dapat mengenal dan mencintai kebudayaan yang ada di Indonesia sejak dini. Hal inilah yang membuktikan bahwa di pundak pemudalah masa depan pembangunan bangsa dan negara Indonesia, karena pada diri generasi muda tersimpan potensi yang besar dan memiliki daya kreatifitas yang tidak terbatas untuk kesuksesan suatu pembangunan. Begitu juga dalam pelestarian budaya di suatu Negara. Kontribusi dan apresiasi yang besar dari generasi muda sangat diperlukan karena generasi muda sebagai tenaga-tenaga professional yang energik, kreatif, dan inovatif.

    Pemberdayaan generasi muda sebagai frontliner untuk melestarikan kebudayaan bangsa Indonesia ini sangat dibutuhkan sebagai upaya mempercepat kemajuan untuk dunia industri budaya dan pariwisata Indonesia di masa yang akan datang.

    12 Comments :, , , , more...

    STRATEGI PENGGUNAAN “SUNDAY EXPO IS CIREBON’S DAY” DI ALUN-ALUN KEJAKSAN SEBAGAI UPAYA PELESTARIAN KEBUDAYAAN, KESENIAN, DAN KULINER KOTA CIREBON

    by on Oct.18, 2011, under Beswan Djarum, Budaya Indonesia, Djarum Beasiswa Plus, Kesenian, Softskill

    alun-alun-kejaksan-kota-cirebon

    Kota Cirebon memiliki banyak potensi yang belum dikembangkan secara maksimal, termasuk di dalamnya yaitu sektor budaya dan pariwisata. Pengembangan kepariwisataan berkaitan erat dengan pelestarian nilai-nilai kepribadian dan pengembangan budaya yang ada di kota Cirebon yaitu melalui pemanfaatan seluruh potensi budaya lokal dan potensi lainnya yang ada di kota Cirebon. Pemanfaatan disini bukan berarti merubah secara total, tetapi lebih kearah untuk mengelola, memanfaatkan, dan melestarikan setiap potensi yang ada dengan dirangkaikan menjadi satu daya tarik wisata.

    Pembangunan bidang pariwisata melalui suatu pameran (expo) diharapkan dapat memberikan manfaat bagi masyarakat, karena sektor pariwisata merupakan salah satu sektor pembangunan di bidang ekonomi yang dapat memberikan kontribusi yang cukup besar terhadap perekonomian Negara, seperti ada pada UU No.10 Tahun 2009 yang menyebutkan bahwa keberadaan objek wisata pada suatu daerah akan sangat menguntungkan, yaitu meningkatnya Pendapatan Asli Daerah (PAD), meningkatnya taraf hidup masyarakat, dan memperluas kesempatan kerja mengingat semakin banyaknya pengangguran saat ini, meningkatkan rasa cinta terhadap budaya, dan pariwisata pada masyarakat.

    logo-pemda-kota-cirebon-150x1501Kota Cirebon merupakan salah satu wilayah tujuan wisata di Indonesia, khususnya di provinsi Jawa Barat karena dapat menawarkan berbagai macam obyek wisata, baik objek wisata sejarah maupun wisata budaya yang tidak dimiliki kota lain di provinsi Jawa Barat atau kota lain di Indonesia. Salah satunya yaitu tari Topeng. Pengembangan kepariwisataan dan kebudayaan di kota Cirebon memiliki arti yang sangat penting dan strategis, karena sektor expo pada hari Minggu (libur) ini sebagai harinya kota Cirebon dimana setiap orang dapat mengunjungi alun-alun Kejaksan yang kaya akan budaya, kesenian, dan wisata kuliner khas kota Cirebon. Sunday expo ini merupakan sektor andalan yang nantinya diharapkan mampu mendukung perkembangan pembangunan daerah dengan cara usaha ekonomi daerah multi sektor, serta pemberdayaan, dan peningkatan kesejahteraan masyarakat.


    (continue reading…)

    2 Comments :, , , , more...

    YUSRAN DAN MAZAAYATUL MENJADI DUTA BUDAYA DAN PARIWISATA KOTA CIREBON 2011

    by on Oct.18, 2011, under Beswan Djarum, Budaya Indonesia, Djarum Beasiswa Plus, Kesenian, Softskill

    yusranmazaayatul

    Aku adalah Yusran Adhitya Kurniawan dari Universitas Jenderal Soedirman (UNSOED) sebagai Beswan Djarum DSO Purwokerto (RSO Semarang) Angkatan 25 dan Mazaayatul Fajrin dari Universitas Swadaya Gunung Jati (UNSWAGATI) sebagai Beswan Djarum DSO Cirebon (RSO Bandung) Angkatan 26. Kami adalah mahasiswa penerima Djarum Beasiswa Plus yang terpilih menjadi Juara.1 dalam pemilihan Pasanggiri Duta Budaya dan Pariwisata (Jaka Rara) kota Cirebon 2011 pada hari Jum’at, 23 September 2011 di Hotel Bentani kota Cirebon. Pemilihan Pasanggiri Jaka Rara kota Cirebon 2011 ini benar-benar memberikan begitu banyak arti untuk hidup saya, karena begitu banyak proses yang aku tempuh untuk sampai di acara puncak pemilihan Duta Budaya dan Pariwisata kota Cirebon. Aku adalah salah satu dari 14 finalis yang telah menjalani berbagai macam penjurian. Mulai dari penjurian kemampuan bahasa asing, bahasa daerah (Sunda dan Cirebon), pengetahuan umum, pengetahuan budaya dan pariwisata kota Cirebon, unjuk kabisa, kecantikan (kerapihan), presentasi publik, pemotretan, karantina (14 finalis), dan akhirnya malam puncak acara dengan penjurian terbuka untuk 14 finalis dan 6 besar finalis. Pada akhirnya diumumkan pemenangnya, sebagai berikut:

    (continue reading…)

    15 Comments :, , , , more...

    Pemilihan Mahasiswa Berprestasi UNSOED 2011

    by on Jun.13, 2011, under Story Life

    mapresPada tanggal Senin dan Selasa, 9 – 10 Mei 2011 delapan mahasiswa terbaik perwakilan fakultas di Universitas Jenderal Soedirman berkompetisi dalam Pemilihan Mahasiswa Berprestasi Tingkat Universitas Jenderal Soedirman 2011.  Mahasiswa Berprestasi I Tingkat Universitas akan mengikuti seleksi Mahasiswa Berprestasi Tingkat Nasional.

    Berikut ini adalah nama-nama mahasiswa berprestasi masing-masing Fakultas sesuai urutan gambar dari sebelah kiri yaitu Etjun Widhiarto dari FISIP dengan judul makalah “Internalisasi Budaya Jawa dalam Birokrasi”,Winda Ariyani dari FKIK dengan judul makalah “Potensi Rimpang Zingiber Officinale Dalam Terapi Kanker”, Neneng Astry Apriliana Ramadhan dari Fakultas Pertanian dengan judul makalah “Potensi Varietas Padi Golden Rice untuk Biofortifikasi Tanaman Pangan dalam Mengatasi Kekurangan Vitamin A di Indonesia”, Solikhatun Isnaini dari Fakultas Hukum dengan Judul Makalah “Analisis Kebijakan Pengelolaan Infrastruktur Jalan dan Jembatan di Kabupaten banyumas”, Fina Ariyana dari Fakultas Ekonomi dengan Judul Makalah “Waqf City Solution: Solusi Permodalan UMKM untuk Meningkatkan Daya Saing serta Efek Berkah bagi Umat”, Afifah Nur Shobah dari Fakultas Biologi dengan judul makalah “Maitakers (Maitake Krackers) sebagai Produk Pangan Fungsional bagi Penderita Kanker Payudara”, Meita Kartika Sapitri dari Fakultas Peternakan dengan Judul Makalah “Fermentasi Anaerob (silase) Meningkatkan Mutu Limbah bi Kayu sebagai Alternatif Pakan Sapi Potong Lokal”, dan saya sendiri Yusran Adhitya Kurniawan dari Fakultas Sains dan Teknik dengan judul makalah “Optimasi Pembangkitan Warna dengan Fungsi Afinitas pada Gambar Kuno Bersejarah untuk Memperkuat Fakta Sejarah dan Meningkatkan Kepedulian terhadap Sejarah bangsa Indonesia.

    www.unsoed.ac.id/node/pemilihan-mahasiswa-berprestasi-unsoed-tahun-2011

    My MAPRES'FriendBegitu menyenangkan dalam pemilihan berprestasi ini, karena kami berkompetisi tidak menjadi RIVAL, melainkan menjadi teman yang mendukung siapa saja nanti yang akan menjadi juara.1 dan mewakili UNSOED di tingkat Nasional. Dalam presentasi karya Tulis B.indonesia saya mendapat banyak sekali kritik dan saran, pada saat itu saya sudah berputus asa. namun temanku berkata “Yus, kamu masih bisa dengan memaksimalkan di Ujian B.Inggris, Organisasi, Kepribadian, dan Psikotes di hari esok. Saya pun semakin bersemangat, karena memang B.inggris sudah menjadi kesukaan saya. so when i meet the adjudicators. i show my best in English :).

    Finally, The Result :

    The Winner : Afifah Nur Shobah from Biology Faculty.

    1st Runner Up : Meita Kartika Sapitri from Animal Science Faculty.

    2nd Runner Up : Yusran Adhitya Kurniawan from Sciences and Engineering Faculty.

    Together MAPRES UNSOED 2011Alhamdulillah, hanya kata itu yang bisa saya ucapkan. karena menjadi juara.3 (2nd runner up) merupakan sesuatu yang membanggakan bagi diri saya, keluarga, dosen, jurusan, dan fakultas tentunya. Persaingan dengan teman-teman yang lain benar-benar TOUGH COMPETITION, karena masing-masing memiliki kelebihan dan menjadi Mahasiswa Berprestasi III sudah menjadi berkah untuk saya karena untuk pertama kalinya saya bisa mewakili jurusan teknik (Teknik Elektro) di Fakultas Sains dan Teknik UNSOED ke tingkat Universitas. Setidaknya saya memiliki pengalaman dan pelajaran berharga selama pemilihan mahasiswa berprestasi UNSOED 2011 ini untuk adik-adik kelas saya nanti kedepannya, agar bisa lebih baik lagi. Selain itu, saya sangat mendukung AFIFAH NUR SHOBAH untuk lolos dalam pemilihan mahasiswa berprestasi tingkat Nasional membawa nama UNSOED.

    Saya mengucapkan banyak terimakasih kepada:

    1. Prof. Drs. Edy Suwono, PhD selaku Rektor Universitas Jenderal Soedirman dan Prof.Imam Santosa, Msi selaku Pembantu Rektor III UNSOED.

    2. Ir. H. Purnama Sukardi, Ph.D, selaku Dekan Fakultas Sains dan Teknik, Universitas Jenderal Soedirman yang telah memberikan ijin mengikuti Seleksi Mahasiswa Berprestasi.

    3. Gathot Heri Sudibyo, S.T., MT sebagai Pembantu Dekan III Fakultas Sains dan Teknik, Universitas Jenderal Soedirman yang telah memberikan kesempatan untuk mengikuti seleksi MAWAPRES 2011.

    4. Hesti Susilawati, S.T., MT selaku Ketua Prodi Teknik Elektro yang telah memberikan dukungan untuk mengikuti Seleksi MAWAPRES 2011 ini.

    5. Imron Rosyadi, S.T., M.Sc selaku dosen pembimbing yang telah banyak membimbing dan memberikan arahan dalam menyusun Karya Tulis Mahasiswa ini.

    6. Semua pihak yang telah membantu dalam penyusunan Karya Tulis Mahasiswa ini, diantaranya Ryan, Opi, Besi, teman-teman Tek.Elektro yang setia mendukung Yusran serta tentunya keluarga Yusran di Cirebon.

    Semoga segala bantuan dan motivasi kalian mendapat balasan dari Alloh.SWT. Jazakumulloh Khairan Katsiran.Amin.

    6 Comments :, , , more...

    Base on D’True Story : Pertanda Ajal Tiba

    by on Apr.04, 2011, under Story Life

    166135_1363971798883_1819276157_693180_1935496_nKicauan burung seperti biasa membangunkan tidurku yang begitu terlelap setelah seharian menjadi “penjaga Kampus” untuk bimbingan laporan kerja praktikku. Pada Saat itu aku langsung menegakkan badanku yang lelah ini dengan mata yang berkunang-kunang, langsung ku masuki ruangan dingin untuk mandi demi mata ini agar tidak lagi mengantuk. langsung saja ku basuhi dari ujung rambur kepala sampai ujung kaki…. (After 15 Minutes) Tubuhku kembali segar dan siap untuk mulai beraktifitas kembali.. Namun entah kenapa pada hari itu, Niat Hatiku yang bergejolak, bukan karena CINTA, namun karena PERASAAN yang ragu-ragu untuk pergio ke kampus, maklum Jarak dari Kostan Ke kampus menggunakan Mesin 125 Tak ku sampai 45 Menit untuk tiba di kampus. Sesekali aku pergi keluar untuk memastikan niat awalku untuk pergi ke kampus, hingga jam 12 siang aku masih meragukan keberangkatanku.

    Setelah itu, aku teringat akan suatu Tugas untuk Melatih Debat Bahas Inggris di kampus, guna untuk mempersiapakan Team dari Fakultasku untuk bertanding di acara IFDC (Inter faculty Debate Championship), dimana Alhamdulillah pada Tahun kemarin aku bisa melatih dan membimbing Team debatku hingga menjadi Juara 2nd-Runner up (Juara.3), ini merupakan Prestasi yang besar buat fakultas. oleh karena itu aku ingin melatih lebih baik lagi agar team dari fakultas SAIS and ENGINEERING can be a WINNER,Amin..

    Karena itulah Niatku yang ingin pergi ke kampus 50% : 50%. Namun Pada saat itu menjadi  60%(Go to Campus) : 40% (Stay at Kost). Jam 15.00 sudah mengajakku dengan bunyi Alarmnya yang terus memanggilku. aku pun bergegas mempersiapkan segala  sesuatu yang diperlukan nanti untuk melatih debat dikampus, setelah itu entah kenapa ketika berapa Kilometer aku pergi ke kampus, hati ini Bergejolak kembali untuk memaksaku kembali ke kampus.. Ternyata BENAR : Andai saja aku pergi ke kapus pada saat itu, pasti aku akan Melihat Kecelakaan Adik kelas ku di kampus kecelakaan, dan ternyata Alloh menghendaki dia meninggal di tempat dengan Kepalanya Terlindas Truk Gandeng.. Innanilahi Wainnailaihi Ro'ji'un. aku mendengar berita tersebut dari temanku setelah berapa menit kemudian ketika aku bertekad untuk kembali kekosan. Ternyata Perasaan, keraguan yang aku alami merupakan Pertanda aAjal Adik kelas ku meninggal, susana Haru, sedih, dan Kecewa bertebaran dikampus, hingga semua orang yang mendengar berita tersebut Kaget dibuatnya.. “Memang Hidup adalah Sementara, dan Allohlah yang Hanya Mengetahui Hidup dan Matinya seseorang”. Hanya Satu Kalimat dariku sebagai penulis : Perbanyaklah Beribadah dan Mempergunakan Waktu sisa Hidup Sebaik mungkin, Insya Alloh kita akan Menghadap Alloh dengan Khusnul Khotimah,Amin.

    Leave a Comment :, , more...

    Menjadi Juara Umum di KKN

    by on Mar.14, 2011, under Story Life

    Alhamdulillah…

    itulah kata pertama yang dikeluarkan oleh saya dan teman-teman 1 kelompok ketika hari terakhir KKN di Desa Somawangi, Kecamatan Mandiraja, Kabupaten Banjarnegara. Pada saat itu diumumkanuntuk 4 kategori Juara ( Juara 1 dan Juara 2 saja). Ternyata kelompok KKN POSDAYA kami yang bernama “SETYA RAHAYU” mendapat 3 kategori juara :

    Juara.1 Bidang Ekonomi

    foto276

    Juara.2 Bidang Pendidikan

    foto275

    Juara.2 Bidang Lingkungan

    foto274

    Itu semua merupakan anugerah terbesar bagi kami, disaat KKN kami begitu lelah mengorbankan waktu, pikiran, tenaga, dan materi. Di akhir berjalan “Happy Ending”, Alhamdulillah..

    (continue reading…)

    Leave a Comment :, , more...

    My Lovable Place When KKN at SOMAWANGI Village, Kab.Banjarnegara.

    by on Mar.10, 2011, under Story Life

    Kecamatan Mandiraja khususnya Desa Somawangi secara demografis memiliki banyak potensi, diantaranya bidang pertanian yang dapat dioptimalkan dalam usaha untuk pembangunan desa dan meningkatkan perekonomian masyarakat desa tersebut. Namun, pada kenyataan yang diperoleh di lapangan, berbagai potensi tersebut selama ini belum dapat dioptimalkan dengan baik oleh masyarakat terkait. Untuk mendukung hal tersebut, perlu juga dilakukan peningkatan di bidang kesehatan dan pendidikan sebagai dasar terbentuknya sumber daya manusia yang berpotensi agar tercipta sumber daya masyarakat.

    kkn-somawangi


    Berdasarkan permasalahan di atas, dilaksanakanlah program ”Peningkatan Potensi Desa dan Pengembangan Masyarakat dengan Sistem Pemberdayaan Masyarakat” oleh tim Kuliah Kerja Nyata Pos Pemberdayaan Keluarga (KKN POSDAYA) Desa Somawangi, Kecamatan Mandiraja, Kabupaten Banjarnegara. sebagai salah satu upaya untuk mengoptimalkan fungsi keluarga sebagai anggota masyarakat.

    A. Kondisi Umum Desa Somawangi

    1. Keadaan Geografis

    Desa Somawangi terletak di wilayah Kecamatan Mandiraja Kabupaten Banjarnegara, Propinsi Jawa Tengah. Adapun posisi Desa Somawangi dengan pusat penerintahaan dan pusat pelayanan adalah sebagai berikut:

    a. Jarak dari pusat pemerintah Kecamatan : 2,5 Km

    b. Jarak dari pusat pemerintah Kabupaten : 27,4 Km

    c. Jarak dari pusat pemerintah Propinsi : 316 Km

    d. Jarak dari Pasar : 2,5 Km

    e. Jarak dengan fasilitas pendidikan :

    1. SD : 0 Km

    2. SLTP : 1,5 Km.

    3. SLTA : 6 Km

    4. Perguruan tinggi : 68 Km

    f. Jarak dengan fasilitas kesehatan

    1. Puskemas : 2,5 Km

    2. Rumah Sakit : 17 Km

    Adapun batas-batas administrasi Desa adalah:

    a. Sebelah Selatan berbatasan dengan Kabupaten Kebumen

    b. Sebelah Utara berbatasan dengan Desa Mandiraja Kulon

    c. Sebelah Barat berbatasan dengan Desa Kaliwungu

    d. Sebelah timur berbatasan dengan Kecamatan Purwonegoro

    2. Luas Daerah dan Penggunaan Tanah

    Desa Somawangi Kecamatan Mandiraja Kabupaten Banjarnegara terdiri dari 4 dusun 8 Rw ( Rukun warga ) dan 45 Rt. ( Rukun Tetangga ) dengan rincian sebagai berikut :

    a. Dusun I (Wanasepi) terdiri dari 2 Rw dan 12 Rt.

    b. Dusun II (Kembaran) terdiri dari 2 Rw dan 11 Rt.

    c. Dusun III (Kalirau) terdiri dari 2 Rw dan 10 Rt.

    d. Dusun IV (Kalipacet) terdiri dari 2 Rw dan 12 Rt.

    Luas wilayah Desa Somawangi Kecamatan Mandiraja Kabupaten Banjarnegara adalah : 690 hektar, dengan pembagian sebagai berikut:

    a. Status Tanah

    1. Tanah Sawah dengan luas 140 Ha

    2. Tanah Kering dengan luas 550 Ha

    b. Penggunan Tanah

    Kondisi luas wilayah Desa Somawangi sesuai dengan Penggunaan dan pemanfaatan tanah di desa, rincian lebih jelasnya dapat dilihat pada tabel sebagai berikut :

    Tabel II.1. Penggunaan Tanah di Desa Somawangi

    No

    Jenis & Penggunaan Tanah

    Luas Tanah

    (Ha)

    Persentase

    I

    Tanah Kering

    a.

    Perumahan & Perkatoran

    218

    31,6

    b.

    Tegalan

    227

    32,9

    c.

    Hutan

    80

    11,5

    d.

    Lain-Lain

    25

    3,6

    II

    Tanah Sawah

    a.

    Irigasi

    125

    18,2

    b.

    Tadah Hujan

    15

    2,2

    Total Luas Tanah

    690

    100 %

    Sumber data : monografi Desa Somawangi tahun 2009

    Dari tabel II.1 dapat di ketahui bahwa sebagian besar tanah di desa somawangi adalah tanah kering yaitu seluas 550 Ha yang di gunakan untuk Bangunan rumah, Perkantoran 218 ha, tegalan seluas 227 ha, Hutan 80 ha, dan untuk yang lainnya seluas 25 ha. Sedangkan selebihnya adalah tanah sawah dengan rincian sawah Irigasi seluas 125 ha dan sawah tadah hujan seluas 15 ha.

    3. Keadaan Pengairan

    Sumber air yang di pergunakan oleh penduduk desa somawangi untuk kebutuhan sehara-hari adalah air sumur dengan kedalaman rata-rata 6 – 10 meter untuk sebelah Utara, dan 10 – 16 meter untuk sebelah Selatan. Perbedaan kedalaman sumur ini karena tanah di sebelah Selatan merupakan tanah liat dan berbukit bukit ( Pegunungan ) sedangkan di sebelah Utara adalah tanah datar dekat dengan area pesawahan Sedangkan sumber air untuk pertanian adalah dengan menggunakan saluran irigasi Singo merto.

    4. Keadaan tanah dan iklim

    a. Keadaan tanah

    Desa somawangi merupakan daerah dataran rendah yang jauh dari sungai dan laut, sehingga tidak pernah mengalami banjir pada musim hujan dan sebagian besar tanah nya merupakan tanah kering. Jenis tanah di desa somawangi adalah tanah liat berwarna hitam sangat mendukung untuk lahan Pertanian baik tanah sawah maupun tanah kering. Berikut pembagian tingkat kesuburan tanah di Desa Somawangi :

    Tabel II.2. Tingkat Kesuburan Tanah Desa Somawangi

    No

    Tingkat Kesuburan

    Luas ( Ha )

    Persentase

    1.

    Subur

    480

    69,6 %

    2

    Sedang

    178

    25,8 %

    3

    Tidak subur

    32

    4,6 %

    Jumlah

    690

    100 %

    Sumber data : Monografi Desa Somawangi tahun 2009.

    Melalui tabel di atas dapat di ketahui bahwa tingkat kesuburan tanah di desa somawangi 480 ha subur, 178 ha sedang dan yang kurang subur seluas 32 ha yaitu sebagian yang berada di wilayah selatan sungai karena bentuk tanahnya adalah tanah bercadas, dari data di atas pada dasarnya tanah di desa somawangi sebagian besar sangat cocok untuk semua jenis tanaman. Baik tanaman padi maupun palawija.

    (continue reading…)

    Leave a Comment :, , more...

    PKM : “Pencapaian yang Kurang Maksimal”

    by on Nov.08, 2010, under Story Life

    phto0206Dimulai dari suatu hari, dimana aku hanya mahasiswa biasa, disibukkan dengan berbagai kegiatan, seperti kuliah, berorganisasi, dan selain itu yang terpenting adalah mengikuti berbagai kompetisi. Sungguh aku heran pada diriku yang terus ingin mencoba walau tidak tau bagaimana hasilnya nanti..Dari mengikuti Seleksi Duta Pariwisata, Mahasiswa Berprestasi, Lomba Karya Tulis Ilmiah Bidang TIK, Blog, Lomba Karya Tulis Beswan, dan masih banyak lagi hingga akupun Bingung mengapa aku dapat mengikuti berbagai macam lomba itu???? :s

    Karena banyaknya lomba yang aku ikuti tanpa aku tau kapan dan dimana lomba itu akan berlangsung, dengan berat hati ada beberapa kompetisi yang harus aku mengundurkan diri karena waktu yang bersamaan.

    Pada saat itu aku yakin dengan keputusanku untuk mengikuti kompetisi yang lain, namun hasilnya kurang memuaskan… dan aku merasa sangat menyesal sekali dengan keputusan yang aku ambil pada saat itu, tapi tak apalah itu semua sudah Alloh yang mengatur, aku hanya bisa menjalaninya saja..

    Walau dari berbagai kompetisi yang aku ikuti selama 1 Tahun ini sudah aku lakukan semua, namun Hasil yang aku peroleh sangatlah jauh dari target utama ku…hmmmmm… mungkin karena usahaku yang salah? atau memang aku kurang menguasai bidang yang aku ikutsertakan dalam lomba? apapun alasannya itu semua tidak penting untukku saat ini.. Menyesali terlalu dalam tidak ada manfaatnya, yang penting aku harus tetap semangat untuk kedepannya.. Mungkin ALLOH punya rencana lain untukku.. Who knows? :)

    Finally, perjalananku di tahun ini bisa dikatakan kurang baik, namun dengan kurang baik itu aku mendapat banyak pelajaran dan pengalaman yang luar biasa, yang mungkin orang lain belum pernah merasakannya.. itulah kebanggaanku saat ini (Berusaha menghibur diri..hehe)

    Yang penting HARUS TETAP SEMANGAT YUSRAN..OK? YAH.. THAT'S RIGHT :)

    2 Comments : more...

    Artikel Penutup Lomba Blog Beswan Djarum 2010

    by on Oct.20, 2010, under Beswan Djarum

    1. Perjuangan Menggapai Beasiswa Djarum

    2. Curhatan Sang Pemimpin

    3. Kontribusi Beswan Djarum 2009-2010 DSO Puerto Rico Terhadap Masyarakat, Lingkungan Sosial & Mahasiswa

    4 Comments :, , , , , more...

    Looking for something?

    Use the form below to search the site:

    Still not finding what you're looking for? Drop a comment on a post or contact us so we can take care of it!