Yusran Adhitya Kurniawan’s Blog

Implementasi Teknologi Informasi dan Komunikasi Sebagai Peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia di Era Globalisasi

by on May.04, 2010, under Information Technology


technologyPerkembangan teknologi di era globalisasi ini berkembang dengan pesat, banyak sekali kemajuan-kemajuan yang dapat kita rasakan dalam perkembangan teknologi, terutama dalam bidang Telekomunikasi, Informasi dan Komunikasi (TIK). Salah satu kemajuannya yaitu pada jaringan komputer yang saat ini sudah banyak digunakan di berbagai perusahaan, Sekolah, Universitas, dan bahkan di perumahan.

Dengan tersedianya jaringan komputer tersebut, berbagai macam pekerjaan dapat selesai dengan cepat sehingga dapat mengefisienkan waktu.  Selain itu juga jaringan komputer ini mampu menghubungkan komputer satu dengan komputer lainnya. Sebagai contoh dari jaringan komputer adalah internet.

Saat ini penggunaan internet sudah dapat di gunakan untuk berbagai macam hal, sebagai contoh seperti mencari bahan naskah, informasi, lapangan pekerjaan, mengakses fitur lain dan bisnis sebagai mata pencaharian yang dapat menghasilkan keuntungan (uang) dari akses Internet itu sendiri. Dari begitu banyak manfaat yang dapat kita peroleh dengan mudah, Internet menjadikan kebutuhan primer bagi beberapa orang, sehingga Internet disebut juga sebagai jaringan raksasa yang telah menjadi realitas dalam kebutuhan informasi dan komunikasi jutaan manusia di dunia ini.

Persaingan yang begitu ketat di era globalisasi saat ini, hal tersebut membuat tiap individu harus berjuang semaksimal mungkin untuk bersaing dengan individu yang lainnya agar tidak kalah dan terlindas dengan perkembangan zaman. Saat ini pemanfaatan teknologi informasi, komunikasi, dan telekomunikasi sudah dipergunakan dengan cermat dan tepat oleh masyarakat Indonesia, hal ini dibuktikan dengan banyaknya pengguna internet yang memanfaatkan jasa internet untuk menghasilkan uang dari Web, Blog, dan Jejaring sosial (Internet Marketing).

Pemanfaatan semua media tersebut harus dipergunakan sebaik mungkin agar masyarakat Indonesia dapat lebih maju, baik itu wawasannya maupun keahlian dalam penggunaan teknologinya. Karena jika penggunaan internet tesebut tidak dimanfaatkan dengan bijak dan semaksimal mungkin, maka fungsinya akan sia-sia dan tidak terarah dengan baik, oleh karena itu selain meningkatkan bagaimana penggunaan internet secara efektif dan efisien, maka diperlukan sosialisasi mengenai kewirausahaan untuk menunjang kebutuhan Internet Marketing.

Teknologi Informasi dan Komunikasi memiliki dua aspek, yaitu :

  1. Teknologi Informasi dan
  2. Teknologi Komunikasi.

Teknologi Informasi, meliputi segala hal yang berkaitan dengan proses, penggunaan sebagai alat bantu, manipulasi, dan pengelolaan informasi. Teknologi Komunikasi merupakan segala hal yang berkaitan dengan penggunaan alat bantu untuk memproses dan mentransfer data dari perangkat yang satu ke lainnya. Karena itu, Teknologi Informasi dan Teknologi Komunikasi adalah suatu padanan yang tidak terpisahkan yang mengandung pengertian luas tentang segala kegiatan yang terkait dengan pemrosesan, manipulasi, pengelolaan, dan transfer atau pemindahan informasi antar media yang stu dengan media yang lainnya.

Teknologi Informasi dan Komunikasi saat ini memiliki peran yang sangat penting dalam dunia pendidikan, karena dengan pendidikan dimungkinkan terjadinya penyebarluasan Teknologi Informasi dan transformasi ilmu pengetahuan untuk sektor-sektor pendidikan. Saat ini para generasi muda sangat terbantu dengan adanya internet dalam mengerjakan berbagai tugas sekolah atau tugas kuliah. Dengan adanya perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasidi era globalisasi ini, para generasi muda dapat belajar dan memanfaatkan TIK dalam kehidupan mereka sehari-hari dengan baik dan seoptimal mungkin.

Sebagai contoh penerapan TIK yang sudah ada saat ini yaitu dalam bidang e-education, dimana kita sudah mengenal program internet goes to school, community acces point, e-learning, dan smart campus. Penerapan tersebut harus kita manfaatkan semaksimal mungkin agar gegerasi penerus memiliki sumber daya manusia yang lebih berkualitas dibandingkan sebelumnya.


Selain itu juga pemanfaat TIK tidak hanya pada bidang pendidikan saja, tetapi memiliki pengaruh yang signifikan juga dalam bidang ekonomi. Sebagai contoh TIK dapat mendorong usaha kecil dan menengah di pedesaan agar dapat mendapatkan nilai lebih serta menggerakan roda perekonomian desa melalui pemanfaaan yang didapat penduduk desa tersebut dalam mencari informasi terbaru tentang benih padi unggul, bibit uggul atau bibit unggul tanaman budidaya lainnya. Peternak juga bisa mengetahui produk unggulan peternakan. Hal tersebut memberikan kontribusi yang sangat besar bagi perkembangan ekonomi di Indonesia, yang seperti kita ketahui penduduk di Indonesia sebagian agraris, sehingga penduduk desa merupakan objek penting dalam pemanfaatan TIK ini. Oleh karena itu pemerintah juga harus menyiapkan perangkat peraturan terkait pembatasan kebebasan akses internet. Akses yang terlalu bebas bisa berakibat fatal bagi perkembangan masyarakat, terutama di daerah yang haus akan informasi.

Pada waktu beberapa tahun yang lalu Indonesia pernah menggunakan istilah telematika (telematics) yang memiliki arti yang sama dengan TIK yang sudah kita kenal saat ini. Encarta Dictionary mendeskripsikan telematics sebagai telecommunication+informatics (telekomunikasi + informatika) meskipun sebelumnya kata itu bermakna science of data transmission. Pengolahan informasi dan pendistribusiannya melalui jaringan telekomunikasi membuka banyak peluang untuk dimanfaatkan di berbagai bidang kehidupan manusia, termasuk bidang pendidikan.

Ide untuk menggunakan mesin-belajar, membuat simulasi proses-proses yang rumit, animasi proses-proses yang sulit dideskripsikan, sangat menarik minat praktisi pembelajaran. Tambahan lagi, kemungkinan untuk melayani pembelajaran yang tak terkendala waktu dan tempat, juga dapat difasilitasi oleh TIK.

:,

Leave a Reply

Before you post, please prove you are sentient.

what is 7 plus 5?

Looking for something?

Use the form below to search the site:

Still not finding what you're looking for? Drop a comment on a post or contact us so we can take care of it!