Yusran Adhitya Kurniawan’s Blog

Curhatan Sang Pemimpin

by on Sep.07, 2010, under Beswan Djarum

f0be05578e86826f417f1f007b6aed2e1Malam kian larut, Aku masih terjaga dan ternyata ada banyak hand out yang belum kubaca. Entah apa saja yang kulakukan selama enam bulan ini, sampai-sampai tak sedikit pun materi kuliah mampir di otakku. Apa aku terlalu sibuk dengan kegiatan sebagai Beswan Djarum? kurasa tidak. Karya tulis ilmiah? Ide lagi kering. Demo? Lagi sepi, lagi malas nampang di media masa. Cewek? Baru dapat target. Belum sempat penetrasi, baru menyusun relationship consept, menyusun jadwal caper dan adaptasi kanan kiri. Huh…aku harus ngebut malam ini. Lagi-lagi sistem pendidikan kebut semalam kutelusuri.

“Dor…dor…dor!!! Sron ada temen lu tuh!” belum satu lembar ku baca, Ibnu menggedor-gedor pintu kamar ku keras-keras. Kebiasaan buruk laki-laki.

“Siapa Nu? Cowok atau cewek?”

“Cewek!!”

“Cewek? Siapa sih malam-malam begini, orang lagi musim ujian juga!”

Ku buka pintu hijau muda itu. Spontan hingar bingar menusuk gendang telinga. Ada obrolan, bunyi mangkuknya penjual mie ayam, radio kamar sebelah, gitar rombeng dan nyanyian anak kos-kosan depan, dan yang paling jelas adalah suara TV 14 inchi yang sedang dipelototi Opik dengan seksama.

Di depan pintu ku lihat wajah yang tak asing berdiri tegang dengan mimik pilu dan agak pucat. Ia tampak bigung dan panik.

”Eh Windy, ada ap…” belum selesai aku bicara Wi sudah memotong.

”Gawat Sron, gawat!!! Lu dalam keadaan bahaya!!”

”Emang kenapa? Ada apa sih? Kok panik gitu?”

”Aduh gimana ya jelasinnya? Jangan di sini ngobrolnya dong, bisa gak? Di dalam aja yuk!”

Kami meneruskan perbincangan di ruang tamu belakang, meski privacy-nya kurang terjamin karena teman kosku sering bolak-balik ke kamar mandi, mungkin sambil menguping.

“Ada masalah apa sih Wi? Ceritanya jangan panik, tenang aja!”

”Sron sebelumnya sorry gue udah melibatkan lu. Lu inget gak kemaren waktu kita ngobrol di depan kantor Djarum berdua?”

”Iya gue inget, terus?”

”Nah habis itu cowok gue ngejemput gue kan? Itu loh yang pake motor warna biru, pake sweater abu-abu?”

“Oh itu cowok lu? Iya, iya terus apa masalahnya?”

“Kemarin dia langsung marah-marah ke gue, gue ditampar., terus dimaki-maki abis-abisan”, ucapanya jadi terpotong-potong, lalu matanya basah dan tangisnya pun tak bisa tertahankan lagi.

”Wah…wah…wah, parah tuh!!”

“cek…cek…cek parah banget sih cowok lu. Udah lah, yang kayak gitu sih jangan diharepin. Apalagi dia udah lu putusin aja! Lagian masih banyak yang mau sama lu”.


“Oh ya Wi, aku juga mau curhat nih sama kamu.”

Aku tak tahu Wi apakah ini anugerah? Aku pun tak pernah menginginkannya. Yang kumengerti dan ku yakini adalah hatiku yang peka, selalu menyeruku untuk menjadi seorang leader seperti soft skill yang kudapatkan beberapa hari yang lalu lewat DTL(Dare To Be a Leader), kutancapkan pikiranku untuk menjadi ketua dalam acara kompetisi adu bakat mahasiswa yaitu MAHA-STAR 2010 yang menjadi program kerja ke-3 kami dari Beswan Djarum DSO Purwokerto 2009-2010. Begitu banyak hal yang harus kusiapkan untuk acara itu dari bagaimana untuk mencari peserta hingga memperkenalkan Djarum Beasiswa Plus.

Tanggung jawab sebagai ketua benar-benar teruji seperti para terdakwa yang ada di balik meja hijau sana pada saat itu. Kontribusi dan partisipasi semua teman-teman Beswan Djarum DSO Purwokerto 2009-2010 harus terbagi rata. Terutama untuk bagian HUMAS (Hubungan Masyarakat) yang terjun langsung ke lingkungan mahasiswa untuk mempromosikan kegiatan kami ini.

Tujuan kami mengadakan kegiatan ini selain untuk memperkenalkan Beasiswa Djarum, yaitu agar para generasi muda bisa membuktikan bakat-bakat yang mereka miliki sebagai modal hidup di masa depan nanti dengan penuh keyakinan dan dapat dipergunakan sebaiknya sebagai anak Indonesia

”Wahh.. bagus tuh Sron konsepnya. Terus mau curhat apa?”

”begini Wi, Yusran punya beberapa masalah dengan teman-teman Beswan”

”Kalo Wi boleh tau, masalahnya apa?”

”hmm..masalahnya ada di cara kepemimpinan Yusran sendiri Wi. Beberapa dari mereka menolak untuk mengemban tugasnya sesuai proporsinya, mungkin hal itu terjadi karena Yusran kurang tegas. Mereka tidak bisa mengemban tugasnya  karena ada yang bilang sibuk kuliah, ada kegiatan di Universitas, hingga merasa tidak mampu untuk mengemban tugas yang Yusran berikan. Jadi gimana ya Wi sebaiknya?”

”klo gtu wajar kok Sron di dalam organisasi, yang terpenting kamu tetap sabar dan berusaha mencari cara alternatif jika ada seseorang tersebut tidak bisa, atau coba kamu berbicara dengan pendekatan kepada mereka, mungkin jika kamu  langsung bertemu dan menjelaskan makna tugas yang kamu kasih ke mereka, Insya Alloh mereka akan mengerti kok”

”oh gitu ya Wi.. makasih banyak ya Wi tuk sarannya, Yusran akan coba.. Wi, ga kerasa nih usdah hampir jam 10 malam, Yusran anterin Wi pulang ke kosan ya?”

”jangan Sron!!!, nanti Cowok ku nyangka kita punya hubungan khusus. Dia nyangka aku selingkuh sama kamu lagi. Dia tuh posesif banget. Sebelumnya, dia ngelarang aku ngobrol sama cowok, siapa pun itu.”

”Hah, masa sampe segitunya sih Wi? Gila tuh cowok, masa ngobrol sama temen aja gak boleh, anti sosial tuh namanya!”

”Dia emang kayak gitu, jangankan ngeliat kita ngobrol berdua kayak gitu, ada cowok yang nyapa atau manggil aja dia langsung ngamuk-ngamuk”

” Wi pulang sendiri aja, ga apa-apa kok”

Malam itu aku berusaha untuk berfikir positif atas segala terjalan perjalananku sebagai sang raja yang baru memimpin, malamku itu penuh perjuangan, teriakkan, rasa sakit dan peluh. Malamku ku lewatkan bersama baju zirah dan sayapku, terbang secepat mungkin hingga tak pernah sedetik pun ku mengenal bulan dan terangnya bintang yang berkerlip genit. Hariku penuh bara, rentetan peluru, darah dan pukulan. Sebisa mungkin ku sembunyikan diriku di balik wajah gagah nan garang. Tugasku terlampau mudah jika hanya mengeluh akan setetes darah ini. Aku akan coba menyelusuri langkah kakiku hingga tujuan diujung sana ku gapai dengan mempertaruhkan namaku sebagai Beswan Djarum.

:, , , ,

8 Comments for this entry

  • Wana Darma

    hmmm…
    curhat yang aneh -.-

    btw, saia penasaran sama kos kosan anda..
    boleh ya masuk ce ke kosan malem”..
    hehe

    saran lagi..
    coba deh diperjelas gaya kepemimpinannya, biar pada ngerti anakbuahnya.. mau jadi tipe yang diktator ato perangkul..
    nah, coba ngedeketin secara personal deh biar ajib relasinya ama bawahan..
    nah, kalo dy macem-mace coba kasi teguran dari mulut deh..
    kasi tau juga kalo kamu juga sibuk n ini kerjaan bersama, tgg jwb bsamo, dkk (gunakan kalimat sakti para leader)..
    kmunkinan besar mereka pada nurut de :)

  • yusranadhityakurniawan

    sebelumnya terima kasih banyak untuk sarannya..
    Masalah temen cewe yang mask malem2 ke kosan, itu tidak apa2 selagi ada bapak kost/ibu kost disitu.Kan kosan saya menyatu dengan Ibu kost..jadi antara kamar dan ruang tamu berdekatan, jadi Bapak kost bisa memantau dan mengerti jika memang ada keperluan.

    Itu juga ide yang bagus, thank you so much.. keep sharing.
    I got much advices before from my friends about that… :)

  • Puspita

    ini salah satu artikel yg diikutkan lomba bukan?kalo iya, lumayan unik cara penulisannya.hehe..
    tp btw udah ijin sama windy blm tuh buat nulis ceritanya? :-P

  • Cak A'am

    Hihi… cerita yang unik. Jadi inget ma kosku yg lama… cz skrg dh ngontrak rmh sendiri

  • yusranadhityakurniawan

    iya ya ukhti.. ni salah satu yang di ikut lombakan^^
    Udah izin kok, hehehe..
    Syukron katsiran ya ukhti..
    Jazakillah.

  • yusranadhityakurniawan

    wah..ternyata ada pengalaman yang sama ya? alhamdulillah bisa jadi pengingat memori dulu unutk orang lain :)
    ngontrak sendiri gmn tuh? pasti lebih ribet ya ngurus rumahnya? hehhe.^^
    Makasih banyak untuk commentnya..

  • dodod

    wah… seru tuh…. dua cerita jadi satu (satu curhat masalah proker beswan, yang satu curhat masalah cowok)… nice story

  • yusranadhityakurniawan

    Alhamdulillah kalau seru.. Moga Menjadi Inspirasi bagi yang membacanya..hehe^^
    Thank you so much for commenting here.
    Keep share :)

Leave a Reply

Before you post, please prove you are sentient.

what is 5 in addition to 6?

Looking for something?

Use the form below to search the site:

Still not finding what you're looking for? Drop a comment on a post or contact us so we can take care of it!