Yusran Adhitya Kurniawan’s Blog

Harga Sebuah Kebersamaan Bagi Beswan Djarum DSO Purwokerto 2009-2010

by on Oct.19, 2010, under Beswan Djarum

phto0252Suasana malam itu sangat mencekam, teman-teman Beswan DSO Purwokerto yang senantiasa ku dampingi sedang menekan-nekankan jemarinya di atas tubuh ruang rapat. Wajah mereka terlihat sangat serius. Keningnya berkerut. Alis matanya hampir bertaut. Kacamata yang bertengger di wajah Mufti, Candra, dan Ferry semakin mempertegas keseriusannya atas apa yang sedang mereka kerjakan. Sesekali mereka menghentikan gerakan jemarinya dan menatap langit-langit di ruang Rapat kantor Djarum Purwokerto yang dingin sembari menggigit ujung jempol kanan mereka masing-masing. Aku tahu mereka sedang mencari kata-kata untuk menuangkan idenya supaya “Malam Evaluasi dan Keakraban di Baturaden” nanti dapat berjalan dengan baik, menyenangkan dan manfaatnya bisa kami rasakan.

Majikan-majikanku ini adalah para mahasiswa yang berasal dari perguruan tinggi di Purwokerto, seperti UNSOED, UMP, dan STAIN. Mereka juga berprofesi sebagai aktifis organisasi di kampus mereka masing-masing. Aku selalu bercerita kepada mereka mengenai banyak hal, dari kegiatan-kegiatan di kampus sampai masalah pacar. Selain itu juga mereka sering menceritakan keluh kesahnya, hal-hal yang mereka alami dalam kesehariannya, dan apapun yang ingin mereka cerita pada diriku ini. Yah, bisa dibilang aku juga tempat curhat mereka.

Hampir semua apa yang dialami mereka kuketahui. Seperti berita baru apa saja yang mereka baru ketahui, kegiatan mereka saat kuliah, sampai siapa wanita yang mereka sukai semua mereka ceritakan padaku. Inilah bukti kebersamaan kami sebagai Beswan Djarum Purwokerto.

Dalam menentukan hasil diskusi, kami selalu menarik angle yang berbeda. kami termasuk orang yang terbuka dalam menentukan pendapat apalagi kalau kami sudah mengkritik orang.

Beberapa waktu yang lalu saya dan teman-teman Beswan Djarum terlibat pembicaraan yang cukup panas. Tampaknya ada beberapa teman Beswan yang ingin meluapkan keluh kesahnya selama di menjadi Beswan Djarum DSO Purwokerto, tapi salah satu dari kami tidak menyetujui tema pembicaraan itu dikarenakan salah satu dari kami tidak hadir pada saat itu.

Selain menyantap hidangan yang membuat lidah kami berkomat-kamit, kami jugta terus melanjutkan pembicaraan lain mengenai acara “Malam Evaluasi dan Keakraban di Baturaden”. Acara ini merupakan suatu konsep yang kami susun khusus untuk kami sebagai Beswan Djarum DSO Purwokerto 2009-2010. Dimana Acara ini selain sebagai acara terakhir kami sebagai penerima Beasiswa Djarum, tetapi juga untuk sharing dengan para alumni Beswan Djarum agar kita dapat mengetahui masa depan seperti apa yang dapat kami gapai setelah menjadi Beswan Djarum ini.

Partisipasi dan Kontribusi yang awalnya kami hanya sebagai mahasiswa biasa namun setelah kami mendapatkan Djarum Beasiswa Plus semua itu tidaklah menjadi biasa karena kami dihadapkan dengan berbagai kegiatan soft skill dan masalah. Dimana semua itu menjadi cambuk bagi kami untuk tetap survive dalam hidup. Karena itu semua adalah tanggung jawab yang selalu kami bawa sebagai Beswan Djarum agar kami dapat membuktikan kepada mata dunia bahwa generasi muda Indonesia memiliki kualitas yang berkompeten, “That’s it our job!”.

Pengalaman itu menjadi pendidikan yang belum pernah kami terima sebelumnya, baik itu dari lingkungan masyarakat sekitar, universitas, maupun dirumah. Sungguh kepentingan pribadi dan sosial benar-benar harus ditempatkan pada proposinya.

Dua bulan sudah berlalu sejak rapat itu. Malam ini aku menuliskan sesuatu dalam lepiku.


Gumpalan kata-kata dimulut ini akhirnya bisa terlepaskan, yaitu:

“I am very proud become Beswan Djarum”, kata-kata itu tidak dapat tertuliskan dalam bahasa apapun, karena itu semua mempunyai banyak arti untuk diriku ini dan pastinya untuk teman-teman Beswan yang lain. Hufh..selesai juga menjadi Beswan Djarum, Akhirnya untuk beberapa bulan ke depan aku tidak bisa menerima beasiswa dari Djarum lagi. Waktunya mempercepat study di bangku kuliah ini agar beban orang tuaku tidak bertambah. Insya Alloh tahun depan adalah wisudaku. Hari yang kutunggu-tunggu! Aku udah nggak sabar pengen ngeliat wajah bangga orangtuaku. Mereka pasti seneng anaknya udah jadi sarjana teknik. Udah ada ST di belakang namaku nanti. Abis itu aku mau nyatain perasaanku ke Nanda. Aduh… itu yang paling bikin aku nervous!!!.

Artikelku untuk lomba Blog Beswan Djarum 2010 udah dimuat beberapa hari yang lalu. Nggak sia-sia aku wara-wiri sana-sini buat nunjukkin kalo hobiku menulis bisa terlampiaskan juga di Kompetisi Blog Beswan Djarum 2010 ini.

O iya, Lepiku ini juga berjasa nih! Coba nggak ada dia, mau pake apa aku ngerjain tulisan-tulisanku?! Makasih ya notebookku…

Tidur dulu ah, biar besok bisa fresh pas kuliah.

Met malem Lepi…

Kemudian aku men-shut down lepiku.

Selamat malam juga Yusran…

Sejak hari itu, kegiatanku berjalan seperti biasa sebagai mahasiswa di Teknik Elektro UNSOED, yang biasanya aku selalu bersama motor jalu Z menyelusuri jalanan kota Purwokerto untuk kumpul bersama teman-teman Beswan DSO Purwokerto. Namun hari ini hanyalah pergi ke kampus untuk kuliah. Yah.. dimana ada pertemuan disitu ada perpisahan. Itulah ungkapan peribahasa yang cocok untuk saat ini.

Walau Fisik kami jarang saling bertemu, namun jiwa kami tetap satu sebagai Beswan Djarum DSO Purwokerto 2009-2010 yang terpatri dalam sanubari kami masing-masing, karena begitu banyak hal, pengalaman, dan pelajaran yang kami peroleh dari Beasiswa Djarum Plus ini, untuk itu Yusran setulus-tulusnya ingin mengungkapkan:

Teman-teman Beswan DSO Purwokerto, maafkan Yusran kalo selama ini Yusran punya salah, karena kesalahan hanyalah milik Yusran, dan Alhamdullillah jikala ada kelebihan dari diri Yusran yang bermanfaat untuk teman-teman Beswan itu semata-mata milik Alloh. Semoga kita semua dipertemukan dalam Beswan Djarum ini dapat menjadi persaudaraan dan menjalin tali silaturahmi yang tidak pernah putus. Yusran juga ingin mengucapkan banyak terima kasih untuk teman-teman Beswan yang sudah membantu Yusran baik dalam keadaan suka maupun duka, terima kasih banyak juga untuk Mas Ganes, Mas Aji, Mas Andreas, dan karyawan-karyawan Djarum DSO Purwokerto yang belum bisa Yusran sebutkan satu per satu. Tak lupa juga ungkapan terima kasih banyak kepada PT.Djarum yang telah memberikan Beasiswa Djarum ini kepada Yusran Adhitya Kurniawan, sungguh ini sangat bermanfaat.

Semoga Blog Beswan Djarum Yusran Adhitya kurniawan’s Blog

dapat bermanfaat untuk teman-teman semua.

Di hari yang lain nanti tentu Yusran akan mempostingkan artikel lainnya, karena ilmu yang kita punya harus bisa dirasakan juga oleh orang lain, oleh karena itu Blog inilah sebagai media baru untuk aspirasi dan partisipasi kepada publik. Semoga semua tulisan Yusran di Blog Besan Djarum ini bermanfaat bagi para pembacanya. Yusran Cuma punya satu Pesan : Keep Blogging :).

:, , , , ,

2 Comments for this entry

Leave a Reply

Before you post, please prove you are sentient.

what is 3 in addition to 8?

Looking for something?

Use the form below to search the site:

Still not finding what you're looking for? Drop a comment on a post or contact us so we can take care of it!