Yusran Adhitya Kurniawan’s Blog

PERAN GENERASI MUDA DALAM MELESTARIKAN BUDAYA BANGSA INDONESIA

by on Oct.18, 2011, under Beswan Djarum, Budaya Indonesia, Djarum Beasiswa Plus, Kesenian, Softskill

307631_2088490296153_1362074177_32004533_751161490_n

Kita Sebagai generasi muda, sudah seharusnya berpartisipasi aktif pada pembangunan kota, khususnya dalam bidang budaya. Partisipasi tersebut dapat dilakukan melalui para generasi muda yang mempunyai kemauan, kemampuan, dan harapan yang besar untuk membangun suatu daerah lebih baik lagi dan bekerja sama dengan pemerintah daerah untuk bersama-sama meningkatkan potensi yang ada di suatu daerah. Potensi yang dimiliki setiap daerah di Indonesia sangatlah besar karena begitu banyak budaya, kesenian, suku, ras, bahasa, agama, dan kepercayaan yang ada di Indonesia. Hal tersebut tentu bukanlah menjadi penghambat untuk kita karena begitu banyaknya perbedaan, namun sebaliknya perbedaan tersebut tentu akan menjadi kekuatan dan kelebihan yang dimiliki Indonesia seperti pada semboyan Bhineka Tunggal Ika, yaitu berbeda-beda tetapi pada hakikatnya tetap sebagai satu kesatuan.

Generasi muda sebagai elemen yang sangat penting dan tidak bisa digantikan dengan apapun dalam melestarikan kebudayaan yang ada di Indonesia dan sekaligus berkontribusi sangat besar dalam pembangunan bangsa dan negara Indonesia. Saya sebagai salah satu mahasiswa dari Purwokerto menyadari ketika mendapatkan Djarum Beasiswa Plus dan menjadi Beswan Djarum bertemu dengan berbagai teman-teman Beswan dari berbagai penjuru negeri yang memiliki budaya, agama, ras, dan bahasa yang berbeda-beda membuat diri saya menjadi lebih mengetahui akan makna perbedaan tersebut dapat menjadi kekuatan dan nilai hidup yang berharga. Perbedaan tersebut membuat saya mendapatkan informasi, pelajaran, dan pengalaman baru ketika bertemu dengan teman-teman Beswan dari daerah lain yang memiliki budaya yang berbeda. Perbedaan itulah yang membuat kami lebih mengetahui, memahami, dan menghormati satu sama lain.

edit1

Permasalahan terhadap masyarakat saat ini yang belum mengetahui, memahami, menguasai, dan mengkomunikasikan budaya lokal perlu suatu cara untuk dapat mengarahkan itu semua. Disinilah peran generasi muda di lingkungan tempat mereka tinggal untuk bersama-sama mengarahkan itu semua melalui pelestarian kebudayaan, salah satunya dengan ikut serta langsung dalam acara festival budaya di daerah masing-masing agar dapat mengenal dan mencintai kebudayaan yang ada di Indonesia sejak dini. Hal inilah yang membuktikan bahwa di pundak pemudalah masa depan pembangunan bangsa dan negara Indonesia, karena pada diri generasi muda tersimpan potensi yang besar dan memiliki daya kreatifitas yang tidak terbatas untuk kesuksesan suatu pembangunan. Begitu juga dalam pelestarian budaya di suatu Negara. Kontribusi dan apresiasi yang besar dari generasi muda sangat diperlukan karena generasi muda sebagai tenaga-tenaga professional yang energik, kreatif, dan inovatif.

Pemberdayaan generasi muda sebagai frontliner untuk melestarikan kebudayaan bangsa Indonesia ini sangat dibutuhkan sebagai upaya mempercepat kemajuan untuk dunia industri budaya dan pariwisata Indonesia di masa yang akan datang.

:, , , ,

11 Comments for this entry

  • sepri

    wah si yusran kebagian peran sbg duta batik nih ceritanya :D

  • budiariyanto

    yang muda yang lebih semangat, ini yang seharusnya jangan sebaliknya…bangsa kita saat ini sudah mulai terdegradasi moralnya, tantangan untuk melestarikan budaya dan nilai2 kebaikan semakin berat, semoga lahir generasi2 yang peduli terhadap budaya bangsa kita setiap masa, monggo maen kesini bro…

  • yusranadhityakurniawan

    Benar sekali kawan, Pemuda Indonesia sebagai Regenerasi untuk melestarikan budaya bangsa Indonesia sudah seharusnya menjadi Frontliner untuk Bangsa Indonesia ini, karena masa depan Indonesia ada di tangan kita sebagai generasi penerus Bangsa. Kobarkan semangat kebangsaan dan Cintai negeri ini adalah kewajiban bagi generasi pemuda. Amiin, pasti akan lahir generasi yang akan peduli terhadap budaya bangsa Indonesia ini Kawan. Terima kasih banyak untuk sharingnya. keep Share :) Pasti Yusran akan mampir ke Blogmu kawan. Terima kasih banyak ya kawan.

  • yusranadhityakurniawan

    Alhamdulillah,menjadi Duta daerah adalah amanat dan tanggung jawab untuk ikut serta melestarikan semua budaya yang ada di daerah, termasuk Batik Cirebon sebagai salah satu kekayaan yang dimiliki kota Cirebon, kapan-kapan main ya ke kota Cirebon? ditunggu kedatanggannya dan Yusran akan sambut dengan senang hati :)

  • fitrianindyasari

    waaahh.. iyu kamu semacam putra putri Cirebon gitu yaa.. hebat! heheeh

  • satria

    wah. nice banget.. jadi duta daerahh….

    mampir juga yaaa….

  • yusranadhityakurniawan

    Alhamdulillah, ini suatu amanat menjadi duta daerah (duta budaya dan pariwisata kota Cirebon). terima kasih banyak, yup, pasti mampir ke Blog sdra. Keep Share ya :)

  • yusranadhityakurniawan

    Ya benar sekali Yusran Alhamdulillah terpilih menjadi Putera daerah (Duta Budaya dan Pariwisata kota Cirebon 2011), terima kasih banyak sebelumnya. Keep Share :)

  • suprayogi

    wah.. Jaka Rara Cirebon, semoga bisa nonton finalnya di Jawa Barat nanti. Semangat.. proud of you… beswan nanti yang ke MOKA Jabar ada satu lagi, rizal bhs inggris upi wakil Kab. Bandung

  • yusranadhityakurniawan

    Terima kasih banyak, ditunggu kedatangannya di mala final nanti di Bandung ya kawan. Mohon dukungannya, ya Rizal dr kab.Bandung Yusran jg kenal karena kami satu angkatan Beswan. Mohon do’anya ya :)

  • yusranadhityakurniawan

    Wow, Luar biasa ya. ternyata banyak cara untuk melestarikan budaya Indonesia. Terlebih lagi lewat media baru (Ex.Facebook, Twitter, kaskus, dll). Terima kasih banyak untuk Infonya. Keep Share ya :)

1 Trackback or Pingback for this entry

  • Melestarikan Budaya Bangsa dengan Mengenakan Jaket Batik | Toko Online Terbesar & Terbaik

    lebih dari 100.000 Fans Di Facebook dan Telah mengirim puluhan ribu jaket secara online Jaket BatikMelestarikan Budaya Bangsa dengan Mengenakan Jaket Batik Menghargai budaya bagsa dan ikut melestarik…bagai warga negara indonesia. jika bukan kita siapa lagi yang akn menjaga kelestarian budaya kita.

Leave a Reply

Before you post, please prove you are sentient.

What is that thing with fingers at the end of your arm (one word)?

Looking for something?

Use the form below to search the site:

Still not finding what you're looking for? Drop a comment on a post or contact us so we can take care of it!