Yusran Adhitya Kurniawan’s Blog

YUSRAN DAN MAZAAYATUL MENJADI DUTA BUDAYA DAN PARIWISATA KOTA CIREBON 2011

by on Oct.18, 2011, under Beswan Djarum, Budaya Indonesia, Djarum Beasiswa Plus, Kesenian, Softskill

yusranmazaayatul

Aku adalah Yusran Adhitya Kurniawan dari Universitas Jenderal Soedirman (UNSOED) sebagai Beswan Djarum DSO Purwokerto (RSO Semarang) Angkatan 25 dan Mazaayatul Fajrin dari Universitas Swadaya Gunung Jati (UNSWAGATI) sebagai Beswan Djarum DSO Cirebon (RSO Bandung) Angkatan 26. Kami adalah mahasiswa penerima Djarum Beasiswa Plus yang terpilih menjadi Juara.1 dalam pemilihan Pasanggiri Duta Budaya dan Pariwisata (Jaka Rara) kota Cirebon 2011 pada hari Jum’at, 23 September 2011 di Hotel Bentani kota Cirebon. Pemilihan Pasanggiri Jaka Rara kota Cirebon 2011 ini benar-benar memberikan begitu banyak arti untuk hidup saya, karena begitu banyak proses yang aku tempuh untuk sampai di acara puncak pemilihan Duta Budaya dan Pariwisata kota Cirebon. Aku adalah salah satu dari 14 finalis yang telah menjalani berbagai macam penjurian. Mulai dari penjurian kemampuan bahasa asing, bahasa daerah (Sunda dan Cirebon), pengetahuan umum, pengetahuan budaya dan pariwisata kota Cirebon, unjuk kabisa, kecantikan (kerapihan), presentasi publik, pemotretan, karantina (14 finalis), dan akhirnya malam puncak acara dengan penjurian terbuka untuk 14 finalis dan 6 besar finalis. Pada akhirnya diumumkan pemenangnya, sebagai berikut:

Juara.1 : Jaka Utama (Yusran.A.K) dan Rara Utama (Mazaayatul.F).

Juara.2 : Jaka Madya (Abdul Mulki) dan Rara Madya (Adinda.P).

Juara.3 : Jaka Muda (Rivan.S) dan Rara Muda (Fifi.L).

Jaka Prigel/Photogenic (Yusran.A.K) dan Rara Prigel/Photogenic (Anifah.N).

Jaka Mitran/Persahabatan (Dedy.S) dan Rara Mitran/Persahabatan (Amalya Dyan).

3-besar

Pada awalnya aku sempat tidak menyangka dapat memperoleh dua gelar sekaligus (Jaka Utama dan Jaka Prigel 2011) dan memperoleh 3 Piala (Piala Bergilir Walikota Cirebon, Piala Jaka Utama, dan Piala Jaka Prigel), karena teman-teman yang lainnya memiliki potensi untuk bisa menang juga. Ketika diumumkan pemenangnya, aku benar-benar terkejut, senang, terharu, dan perasaan bercampur menjadi satu di tengah-tengah panggung dengan cahaya yang begitu terang, cahaya dari kamera yang begitu mengkilau, suara dari penonton, ucapan selamat dari para dewan juri, senior paguyuban Jaka Rara kota Cirebon, tamu undangan, orang tua, kerabat, dan penonton ikut meramaikan acara ini. Aku dan Aya (Mazaayatul.F) sangat bersyukur atas terpilihnya kami menjadi Pasanggiri Jaka Rara kota Cirebon 2011. Secara tidak langsung, kami sangat senang bisa mengharumkan nama perguruan tinggi dan Beswan Djarum juga. Aku sangat berterima kasih untuk orang tua, saudara, teman-teman, senior paguyuban Jaka Rara kota Cirebon, Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata kota Cirebon, teman-teman Beswan, para Sponsor, para Penonton yang begitu besar memberikan apresiasi kepada kami, dan semuanya yang telah mendukung acara pemilihan Duta Budaya dan Pariwisata kota Cirebon 2011 ini. Sejujurnya aku sangat senang, bangga, dan berterima kasih sudah diberi kepercayaan menjadi Duta Budaya dan Pariwisata kota Cirebon 2011. Tanpa kehadiran dan dukungan semuanya Yusran tidak ada apa-apanya, Yusran hanya sebagai mahasiswa biasa yang akan terus belajar dan belajar mengenai budaya dan pariwisata kota Cirebon, Jawa Barat, dan Indonesia.

slempang-juara

Predikat Duta Budaya dan Pariwisata kota Cirebon 2011 ini sudah mulai aku bawa setelah acara Final sebagai suatu amanat dan tanggung jawab yang akan aku lakukan sebaik-baiknya. Apresiasi masyarakat sekitar kepada Yusran dan Mazaayatul sangatlah besar, agar budaya dan pariwisata kota Cirebon semakin berkembang dan tetap dilestarikan oleh semua lapisan masyarakat secara menyeluruh. Aku merasa sangat bersyukur menjadi Duta Budaya dan Pariwisata kota Cirebon 2011 ini, karena inilah kesempatan bagiku untuk terjun langsung ke lingkungan mengajak masyarakat yang ada disekitar untuk bersama-sama melestarikan budaya dan pariwisata kota Cirebon. Selain itu, aku ingin menjadi Inspirator dan Motivator bagi generasi muda dalam menjalankan peran dan fungsinya di masyarakat untuk bekerja sama melestarikan budaya dan pariwisata kota Cirebon.

Beberapa kegiatan sudah aku lakukan sebagai Duta Budaya dan Pariwisata kota Cirebon 2011, mulai dari wawancara di TV Lokal dan Nasional, di Radio kota Cirebon, dan Media Cetak. Sudah sekitar 1 Minggu aku menjadi Duta Budaya dan Pariwisata kota Cirebon. Begitu banyak pelajaran dan pengalaman baru yang aku dapatkan. Saat ini Yusran dan Mazaayatul sedang mempersiapkan untuk Pemilihan Pasanggiri Mojang-Jajaka Jawa Barat 2011 pada tanggal 25 November 2011 nanti di kota Bandung sebagai perwakilan dari kota Cirebon bersaing dengan 25 Pasangan dari kota dan kabupaten lainnya di wilayah Jawa Barat. Yusran dan Mazaayatul memohon dukungan dan do’a dari semuanya, karena bagi kami kemenangan yang nyata adalah ketika mendapat dukungan dari kalian semua. Pada akhirnya, Yusran hanya ingin menyampaikan pesan bahwa masa depan budaya Indonesia ada di tangan kita sebagai generasi muda. Terima kasih banyak atas segala perhatiannya. HIDUP PEMUDA INDONESIA !!!

:, , , ,

15 Comments for this entry

  • gemakusumaputri

    woow kalian hebat, ternyata pemenangnya sama-sama beswan yaa
    kemarin aku ke cirebon sempet ketemu aya aja
    kebetulan jajaka kabupaten bandung namanya rizal, dia beswan 25 bandung
    aiih kebayang nih serunya final mojang jajaka nanti bulan november kan yaa??
    yuu semua beswan dukung teman-teman kalian :))

  • yusranadhityakurniawan

    Alhamdulillah, ini juga berkat dukungan dan do’a dari semua pihak :)
    Kami juga tidak menyangka bisa menang, Makasih banyak ya Putri untuk dukungannya. Oh ya, Rizal dr Kab.Bandung ya. Yusran jg kenal. kan satu angkatan sama Yusran (BESWAN Angkatan 25), wah..ga bilang2 ke Cirebon? cb kalau bilang, nanti Yusran ajak keliling2 cirebon, hehe.. Keep Share ya :)

  • Wana Darma

    ih kakak yusran kece sekali jadi duta wisata xD
    mau dong di traktir kalo maen ke cirebok :D

  • seprisubarkah

    wah, kelompok 2 AMT pada ngumpul, ikutan..
    mantap nih si yusran , top dah bisa menang kontes beginian :)

  • yusranadhityakurniawan

    Ya Nih, Semakin Ramai saja ya :) Alhamdulillah Kawan, ini semua berkat usaha yang maksimal, do’a, dan dukungan dari semua pihak. Siapa saja pasti bisa jika ada kemauan dan yang terpenting mempunyai keinginan untuk bersama-sama melestarikan budaya daerah dan Indonesia. Terma kasih banyak kawan. Tetap semangat untuk melestarikan budaya bangsa Indonesia, keep share friends :)

  • yunitasiti

    Salam kenal, saya Yunita Beswan 26 IPB.. Wah keren ya, jadi Duta Budaya :) Suatu kebanggaan tersendiri, sekaligus suatu amanah yang besar. Semoga sukses kak dalam mengemban tugasnya, selalu semangat. Semoga kebudayaan Indonesia, khususnya kebudayaan Sunda akan selalu lestari dan dihargai anak bangsanya. Trims..

  • yusranadhityakurniawan

    Salam kenal juga Yunita, Alhamdulillah ini suatu kebanggaan sekaligus tanggung jawab untuk Yusran pribadi agar budaya dan pariwisata di kota Cirebon tetap lestari. Amiin, semoga kebudayaan yang ada di Indonesia tetap lestari ya. Bahasa Sunda dan Cirebon adalah salah satu Identitas juga di kota Cirebon, oleh karena itu Cirebon memiliki dua bahasa yang menjadi ciri khas kota Cirebon :) Sama-sama, terima kasih banyak juga. Keep Share ya :)

  • suprayogi

    senengnya MOKA juga ada yang dari beswan. sayang tinggiku nggak nyampe. :-), semoga tar bisa nonton finalnya…

  • yusranadhityakurniawan

    Alhamdulillah, Semoga Beswan yang lain bisa ikut berpartisipasi tahun depan ya, Amiin. Semangat, tidak hanya tinggi saja tapi Kemapuan behaviour juga diutamakan kawan :) Yang terpenting ada kemauan dan mau mencoba ya, keep share :)

  • Gilang Septian

    mas yusran keren mas :D

  • yusranadhityakurniawan

    Alhamdulillah Gilang, ini semua berkat dukungan dari semua pihak. Gilang juga bisa :), semangat… Go Go Go Beswan Djarum DSO Purwokerto :)

  • google+ circles

    k32M8t Thanks for the article.Much thanks again.

  • Marhaindra Gary

    Salam kenal kak yusran, saya beswan 27 dari Palembang.

  • yusranadhityakurniawan

    Salam kenal jg gery… Let’s share each other. add my FB: Yusran Adhitya Kurniawan or
    Thank’s a lot before..

  • yusranadhityakurniawan

    you’re welcome :)

Leave a Reply

Before you post, please prove you are sentient.

What is 5 times 2?

Looking for something?

Use the form below to search the site:

Still not finding what you're looking for? Drop a comment on a post or contact us so we can take care of it!