Nesospolitan
Shape my words to shape our city – Zulfika Satria's Blog
Wisata “Enggak Biasa” di Kota Sendiri, Kota Semarang
Categories: Uncategorized

pn

ayowisatasemarang1-300x216

Ternyata yang namanya liburan ga harus melulu sebuah plesiran nan jauh dari rumah lo. Apalagi kalau tipe-tipe orang sibuk, mana sempat harus berlibur ke lokasi yang jauh apalagi meninggalkan pekerjaan dalam waktu lama. Uhlala! Padahal yang namanya liburan itu penting. Nah saya juga jadi berpikir, kayaknya memang iya nih liburan di lokasi yang deket-deket aja memang membosankan mengasyikkan ko! Apalagi sebagai orang Semarang, untuk wisata Semarang sendiri kayaknya saya belum “khatam” alias belum semua objek wisata di kota tempat tinggal saya ini sudah saya kunjungi.

Awalnya ide buat liburan di dalam kota, atau ke objek wisata yang deket-deket aja terlintas gara-gara baca komik Paman Gober yang bercerita tentang Didi yang menawarkan paket liburan alternatif ke Donal. Liburannya yang tak lain tak buka menikmati rumah sendiri plus wisata Kota Bebek (yang notabene tempat tinggal mereka sendiri hahaha).

Wisata Alternatif Didi (Paman Gober 37 Tahun 10)

Wisata Alternatif Didi (Paman Gober 37 Tahun 10)

Nah jadinya saya mulai deh pengen mengunjungi objek wisata di Semarang yang mana kalo orang lokal bilang “ngapain sih ke tempat X, mending ke Y sekalian yang jauh”. Padahal kayaknya seru juga kalo bisa wisata di kota sendiri. Traveling saya di Semarang alias kota tempat saya tinggal ini tidak saya lakukan sehari. Cuman, di sini saya himpun objek wisata apa aja di Semarang yang ternyata menarik buat dikunjungi. Catatan nih, mungkin aja orang lokal Semarang malah belum pernah ke sini :D

Lokasi Wisata "Enggak Biasa" di Semarang

Lokasi Wisata "Enggak Biasa" di Semarang

#1 Kulineran Malam di Jalan Gajahmada

dsc03809

Pedangan Pisang Plenet

p1000543a

Pengamen Jalanan Berkualitas

Saya lebih tepatnya baru tau ada kawasan kuliner di sepanjang Jalan Gajah Mada ini di semester 5 saya kuliah (tahun 2011) padahal wisata kuliner ini bahkan sudah ada dari tahun 80-an loh (kata si bapak penjualnya). Nah kuliner yang sangat terkenal dijual di sini adalah Sate Ayam. Sepanjang pedestrian dari Perempatan Depok sampai Perempatan Pemuda semua sudah disulap jadi PKL yang menjual makanan. Selain mayoritas sate, ada juga pisang plenet. Yang seru adalah adanya happening art berupa hiburan pengamen tapi dengan instrumen musik lengkap dan ga asal2an. Kuliner ini mulai buka dari malam sekitar jam 7 hingga dini hari.

Poin “Engga Biasa”-nya: Kalo siang Jl. Gajah Mada jadi koridor kuliner premium, kalo malam hari nuansa kaki lima

#2 Ada Candi di Dalam Kota Semarang!

img_3052

Tangganya Tinggi dan Curam

Candi tak bernama, saya dan teman-teman namai Candi Tugu

Candi tak bernama, saya dan teman-teman namai Candi Tugu

Pemandangan Kereta Lewat dari Atas Bukit, Cantik!

Pemandangan Kereta Lewat dari Atas Bukit, Cantik!

Kalo temen-temen udah pernah denger Candi Gedong Songo yang sebenernya berada di wilayah administratif Kabupaten Semarang (beda dengan Kota Semarang), itu sih udah biasa. Yang ga biasa dan ga tereksplor adalah Candi Tugu yang ada di Kecamatan Tugu, Kota Semarang. Candi ini berada di sebelah barat kota di jalan arah mau ke Jakarta. Sayangnya memang candi ini terlihat seperti candi mangkrak yang tidak dilestarikan (banyak coretan2 vandalism bok!). Kata penduduk sekitar puncak di candi ini dulu dijadikan gardu pandang untuk melihat kedatang kapal yang akan berlabuh di Semarang. Jujur, tempat ini not bad. Pemandangannya yang bagus, hamparan sawah, bahkan kalo beruntung bisa lihat kereta api lewat dari atas, seolah-olah kita kayak main kota-kotaan gitu! Mau ke sini? Gratis! tapi harus kuat mendaki tangga yaa :)

Poin “Engga Biasa”-nya: Ada gitu candi di dalam kota Semarang? Browsing deh di internet mana pun ga bakal nemu info tentang candi ini! Ke sanalah sebelum candi ini dirawat dan dikenal orang banyak!

#3 Kebun Binatang Mangkang

Nah, ini nih wisata yang menurut saya paling asyik. Entah kenapa saya paling suka wisata ke objek wisata yang biasanya di mana-mana letaknya memang di dalam kota. Ga lain ga bukan adalah: kebun binatang! Semarang punya kebun binatang yang agak mendingan ya di sini di Taman Margasatwa Mangkang. Letaknya di pinggir barat Kota Semarang. Beruntungnya saya ke sini pas lagi ada kegiatan Piknik Kelas Les Beswan Djarum hehehe. Overall sebagai kebun binatang, lumayanlah.. walaupun katanya kalau dibandingkan sama kebun binatang lain (ex: Gembiraloka, Jogja) memang masih kalah jauh. Di kebun binatang ini ada koleksi gajah, anoa, kelinci, ular, merak, harimau, kanguru, monyet, dll. Saya cukup suka sih :) Untuk pertama kalinya saya naik gajah juga! hahaha..

Poin “Engga Biasa”-nya: Menikmati suasana bersama satwa-satwa liar di dalam kota sangat-sangat jarang apalagi di Kota Semarang. Ga usah jauh-jauh ke taman safari..

Gerbang Masuk

Gerbang Masuk

Koleksi Anoa (Bener ga ya?? Lupa ngecek :??? )

Koleksi Anoa (Bener ga ya?? Lupa ngecek :??? )

Ada Dome Penangkaran Burungnya loh kawan, burungnya lumayan unik

Ada Dome Penangkaran Burungnya loh kawan, burungnya lumayan unik

Naik Gajah, Agak Takut di Belakang Banget

Naik Gajah, Agak Takut di Belakang Banget

Koleksi Hewan di Bonbin Mangkang

Koleksi Hewan di Bonbin Mangkang


#4 Museum Ronggowarsito

Museum andalan kota Semarang nih. Letaknya ada di Bundaran Kali Banteng, 1 menit dari Bandara. Memang kurang terkenal buat dikunjungi. Tapi waktu saya masuk ternyata ga jelek-jelek amat loh, alias kalo boleh saya kasih nilai dapet A- deh. Koleksi di dalemnya terdapat batu-batu geologi Jawa tengah, fosil hewan purba, kesenian budaya Jawa Tengah, koleksi budaya masa kerajaan Islam dan masa penjajahan. Kalau ada yang pernah ke Taman Pintar di Jogja, ini museum KWnya deh hehehe tapi dengan ciri khas yang berbeda loh..

Poin “Engga Biasa”-nya: Ada museum yang berkualitas bagus tapi promosinya kurang. Taman pintar yang di jogja tapi KW 2-nya deh :D

Koleksi Di dalam Museum

Koleksi Di dalam Museum

#5 Pantai Maron (Marina Kulon)

Pantai ini sebenernya kualitasmnya jujur deh: ga bagus. Pasirnya hitam, infrastruktur yang buruk, dan sampah yang bertebaran di mana-mana. Cuman sebagai wisata pantai pasir, cocoklah untuk sekedar ingin menikmati udara laut dan bermain di pinggir pantai. Untuk menuju ke sini kita harus melewati Bandara Ahmad Yani. Karena memang ngelewati bandara, maka ga heran jalau di pantai ini, kita bisa ngelihat pesawat mendarat dan lepas landas dari jarak dekat. Tips kalau mau ke pantai ini: pastikan kondisi kendaraan baik karena akses jalannya yang masih buruk.

Poin “Engga Biasa”-nya: Wisata pantai pasir di pantura cukup jarang, padahal air laut itu menyegarkan loh! Hampir engga ada kota di Indonesia yang ada gunung + pantai dalam satu administratif!

Papan Selamat Datang, formalitas objek wisata

Papan Selamat Datang, formalitas objek wisata

p1000041-copy

Bermain di Pantai Maron, pasirnya hitam qaqa hahaha

#6 Menara Asmaul Husna MAJT

Menara ini letaknya ada di Masjid Agung Jawa Tengah. Yang paling menarik dari menara ini adalah selain tingginya 99 meter, di lantai 18 ada restoran berputar! Kita bisa bersantap malam sambil duduk dan berputar secara otomatis melihat Kota Semarang 360 derajat. Selain itu di lantai 19 juga ada Gardu Pandang yang bisa meneropong Kota Semarang dari atas. Bayarnya Rp2000 kalo ga salah untuk 1 menit. Keren banget pokoknya! Sayangnya waktu ke sana ga bawa camdig, jadi fotonya saya ambil dari google yah hehehe

Poin “Engga Biasa”-nya: Liat kota Semarang dari ketinggian untuk masyarakat umum ya cuma di sini!

Menara Masjid

Menara Masjid

Interior Lantai 19 (sumber: Bozhart, skyscrappercity)

Interior Lantai 19 (sumber: Bozhart, skyscrappercity)

Panorama Semarang dari atas menara (Sumber: Bozhart, skyscrappercity)

Panorama Semarang dari atas menara (Sumber: Bozhart, skyscrappercity)

Selain wisata-wisata itu juga pastinya wajib hukumnya ke objek wisata andalan Semarang kayak Taman Tugu Muda, Lawang Sewu, Masjid Agung Jawa Tengah, Kawasan Kota Lama, Klenteng Sam Po Kong. Yah cuman kalau ke tempat ini menurut saya pribadi udah biasa dan udah terlalu diekspos. Tapi memang kalau belum ke objek-objek wisata ini belum ke Semarang namanya.

Jadi ternyata memang asik mengeksplor wisata kota sendiri yang ternyata masih banyak objek yang tersembunyi dan belum banyak diminati orang. Saya juga jadi lebih tahu dan lama kelaman menjadi cinta dengan Kota Semarang. Kota yang tenang dan ga banyak macem. Ritmenya pas deh hehehe

Ayo Wisata Ke Semarang! :D

13 Comments to “Wisata “Enggak Biasa” di Kota Sendiri, Kota Semarang”

  1. heruhaerrudin says:

    nanti kal gw kesemarang ajak2 gw keliling semarang oke br… ha

  2. zulfikasatria says:

    pasti dooong! Semarang sekarang mulai asik dibuat wisata. Kalo duluu… yah emang krik gitu hehehe

  3. Marhaindra Gary says:

    nice semarang.

  4. Rosemary says:

    Wah aku baru tau ada candi di semarang, haha nice post dude! lanjutkan!

  5. P. Agnia Sri Juliandri says:

    Hey kamu, aku nyasar di semarang kayak anak ilang tapi kita belom kenalan. kkenalan dooongg.. yuk ajak aku jalan – jalan. aku bosen jalan2 sendiri :(

  6. Zulfika Satria says:

    yuk kenalkan saya Zulfi regional Semarang hehehe emang skrg lagi di mana? ngapain di Semarang?

  7. P. Agnia Sri Juliandri says:

    Hai Zulfi, aku lagi ditempatin di branch Semarang sama kantorku.. yuk besok kita wisata semarang. hahaha

  8. Zulfika Satria says:

    Ayok ayok mbak. Ayo wisata ke Semarang :D

  9. Zulfika Satria says:

    ayo2 main ke semarang! Dewina beswan mana? :D

  10. suprayogi says:

    Ya mudah2an aku bisa ke semarang lagi, ke national building lagi, dan menjadi satu diantara 6 yang terbaik.hehe. tapi nanti minta anter jalan2 ya zul :)..

  11. Zulfika Satria says:

    waaa ayo2 ke Semarang, kalo senggang pasti saya temani! Amin semoga bisa ke Semarang karena undangan spesial Nation Building ya :D

  12. johantectona says:

    nah kan klo udah gni nanti klo ke semarang lagi ada yang bisa nemenin jalan” nih..

    kapan hari itu aku juga kepengen gtu mengexplor daerah wisata kota sendiri tapi niat itu kandas oleh empuknya kasur hehe

    ok deh kapan” mau juga ah keliling di kota sendiri kemudian menuliskannya di blog :D

  13. Zulfika Satria says:

    baguuus! Emang asik ko jelajah kota sendiri, refreshing tapi hemat di kantong. Menyusuri yang belum pernah kita kunjungi sebelumnya :)

Leave a Reply

Before you post, please prove you are sentient.

What is 8 times 6?