Nesospolitan
Shape my words to shape our city – Zulfika Satria's Blog
Harus Tahu Perencanaan Kotamu
Categories: review

Singapura atau secara internasional dikenal dengan Singapore (orang jawa juga mengenalnya Singgapur hahaha) sudah terkenal banget dengan perencanaan kotanya yang baguuus banget. Liat aja Marina Bay, atau orang-orang yang liburan ke Singapore pasti deh fotonya yang sering dipamerin di pinggir lautnya berlatar belakang Marlion atau Kawasan di Marina Bay. Yah memang tidak mengherankan di Singapore, mereka benar-benar fokus pada perencanaan kotanya dan ga main-main. Di lahan yang udah sangat terbatas ini kayaknya setiap jengkal luasan negara kecil ini harus dipikirkan baik-baik.

Singapore punya badan perencanaan kotanya yang disebut URA. Kepanjangannya adalah Urban Redelopment Authority. Badan ini yang mengatasi semuaaaaa lembaga terkait infrastruktur dan perencanaan di kota sekaligus negara ini. Kalau kita ambil persamaan di Indonesia mungkin Bappenas (Badan Perencanaan Nasional) ya? Uniknya perencanaan di Singapore begitu transparan dan disajikan secara menarik ke masyarakat. Ada City Planning Gallery di sana yang okeee banget!

Kebetulan kemaren temen-temen dari Jurusan PWK Undip melakukan Kuliah Kerja Lapangan ke sana. Mengunjungi City Planning Gallery di Singapore bener-bener hiburan banget. Di bawah ini semua adalah foto-foto situasi di galeri perencanaan URA Singapore.

dsc_0253

dsc_0252

dsc_0233

Sebenarnya di Indonesia juga sudah diadakan galeri perencanaan semacam ini. Di Jakarta udah ada yang namanya Jakarta City Planning Gallery yang oketa punya juga. Ada maket yang lumayan detail dan berbagai penjelasan tentang perencanaan Jakarta ke depannya. Semua masyarakat bisa mengakses segala informasi tentang perencanaan Jakarta di sini. Cool deh! Letaknya ada di Gedung Dinas Teknis Abdul Muis, Jakarta Pusat.

Jakarta City Planning Gallery, ada Gelora Bung Karno mini

Jakarta City Planning Gallery, ada Gelora Bung Karno mini

Nah apa kabar nih kalo di kota lain? Kota Semarang contohnya. Di Kota ATLAS ini ternyata juga ada galeri perencanaan kotanya yang nama resminya Gedung Pusat Informasi Pembangunan (PIP). Letaknya ada di Balaikota Semarang di Jalan Pemuda. Ga usah bingung-bingung cari karena letaknya ada di halaman terluar komplek balaikota Semarang. Apa aja yang ada di PIP ini? Yang pasti ada maket-maket di Kota Semarang yang terbagi menjadi beberapa layer-layer (lapisan). Ada juga maket pembangunan kawasan dan TV multimedia tentang perencanaan. Ada brosur juga tentang apa aja yang ada di Kota Semarang.

Peta Kota Semarang, item wajib

Peta Kota Semarang, item wajib

Brosur berisi berbagai macam informasi ttg Kota Semarang

Brosur berisi berbagai macam informasi ttg Kota Semarang

Wah sayang kosong :P

Wah sayang kosong :P

Beberapa orang mengakses informasi di TKP gan

Beberapa orang mengakses informasi di TKP gan

Maket di daerah mana ya ini?

Maket di daerah mana ya ini?

Ada maket kawasan yang mau direncanakan

Ada maket kawasan yang mau direncanakan

Ini sepertinya kawasan Kali Babon Semarang

Ini sepertinya kawasan Kali Babon Semarang

keren-keren ya? Memang belum sekeren URA di Singapore tapi ini usaha yang baik untuk awal mula. Cuman sayangnya fasilitas PIP ini memang belum maksimal dimanfaatkan. Selain beberapa maket yang tertutup dan audio visual yang ga setiap hari ON, seperti promosi juga kurang.

Yuk kita bersama-sama mendukung program pemerintah dengan mendukung pembangunan yang lebih baik :)

1 Comment to “Harus Tahu Perencanaan Kotamu”

  1. Zulfika Satria says:

    tes

Leave a Reply

Before you post, please prove you are sentient.

What is 6 * 2?