Nesospolitan
Shape my words to shape our city – Zulfika Satria's Blog
Jus Pepaya
Categories: hobi, review

Gatau kenapa saya suka banget sama yang namanya buah pepaya. Buah yang satu ini itu memang bukan buah terenak tapi manfaatnya luar biasa. Sehat dan ga ada efek samping. Aman dimakan buat semua orang, yang sehat maupun yang sakit juga boleh makan.

url

Bandingin sama durian yang emang enak banget tapi manfaatnya hampir ga ada. Bahkan berbahaya kalo dikonsumsi bagi orang tertentu misal yang sakit diabetes atau tekanan darah tinggi. Nah, kalo buah pepaya sih aman buat siapa saja. Ga percaya?

Buah pepaya mengandung banyak vitamin C dan vitamin A. Vitamin-vitamin ini berguna untuk menjaga sistem kekebalan tubuh, menjaga kesehatan kulit akibat sengatan sinar matahari, dan sebagai detoksifikasi alami. Banyak makan pepaya dipercaya bisa menghilangkan racun-racun di tubuh. Oleh karenanya banyak yang bilang makan pepaya juga bikin pencernaan lancar. Yang paling penting buah pepaya yang masak dan manis sekalipun, kandungan glukosanya tidak berlebihan sehingga aman bagi yang diet atau yang punya penyakit gula.

Dibalik banyaaaaak sekali manfaatnya ini entah kenapa di kota saya, Semarang, jarang restoran yang menjual jus pepaya. Palingan saya cuma ketemu restoran Pizza Hut yang menjual jus pepaya ini. Padahal jus pepaya disajikan dingin nikmat banget dan seger. Karena manisnya juga ga berlebihan walaupun ditambah gula sekalipun, jadi ga bkin sakit tenggorokan. Ah, kecewa bangeeeeeet ga banyak yang jualan :(

Tapi, lain halnya pas saya ke wilayah di Bali – Nusa Tenggara. Di provinsi yang terkenal dengan pariwisatanya ini banyak sekali restoran yang menyajikan menu jus pepaya. Kemaren kebetulan saya wisata ke Labuhan Bajo, kota utama saat mau berwisata ke Pulau Komodo. Saya mampir di 3 cafe dan resto, semuanya menyediakan jus pepaya! Ah senangnya! :D Bahkan di salah satu cafe ada papaya milkshake! Gilaaaak saya ga ragu2 langsung pesan buat mencoba. Ga pernah nemu begituan saya di Pulau Jawa.

Jus Pepaya di Restoran Italia di Labuhan Bajo, NTT

Jus Pepaya di Restoran Italia di Labuhan Bajo, NTT

Baru nemu: Papaya Milkshake!

Baru nemu: Papaya Milkshake!

Di Bali pun, saya mampir ke resto di bandara Ngurah Rai. Di daftar menu jus-jus tak pernah luput yang namanya “Jus Pepaya”. Mantap benar deh. Kalo saya boleh mengambil kesimpulan sepertinya jus pepaya ini lebih digemari oleh turis asing kali ya? makanya lebih banya disediakan di daerah wisata. Mungkiiiiin….

Nikmatnya jus pepaya, dingin dan segaaaar. Yang paling penting: menyehatkan! Cita-cita saya pengen bisa traveling dan mencicipi jus pepaya di seluruh belahan dunia. Yeah! :D

1 Comment to “Jus Pepaya”

  1. ayu emiliandini says:

    inget banget deeh zulfi selalu pesan jus pepaya ampe aku bengong hahahaha segitu keranjingannya… sama aja sih sama aku yang suka banget ama pisang ahahaha.. ampe beli body butter di khrisna bali yang banana flavour ahahahaa

Leave a Reply

Before you post, please prove you are sentient.

what is 6 in addition to 6?